In Memory Hanya Al-Fatihah yg dapat gw hantarkan kepada sahabat2ku para prajurit Angkatan Udara yg gugur di Wamena kemarin
itu yang 9 masih pengadaan kemaren RAAF cuma punya 12 C130H, 4+5 ke TNI-AU, 1 ke museum Point Cook, sisa 2 di Richmond AFB (yang 2 gosipnya mo di scrap jg jadi sparepart ke TNI AU) yg dua terakhir mau dijadiin tugu di Darwin AFB dan Avalon AFB... udah banyak krack di struktur plus Dash-15 yg u
Ganti struktur utama fuselage = ganti airframe (?) Ganti sistem gas turbine compressor = ganti turbin jet = ganti mesin Upgrade avionik = upgrade software... itupun jika hardwarenya masih support software baru. Dan kemungkinan pasti ada ini komponen yg baru. Wah... kayaknya sama aja ganti pesawat.
ke idam (sesuaikan dengan niat dahulu) dulu lah bro @bigz_20 abis itu baru merapat ke tempat lain... lho?! :2thumbup :2thumbup
hadehhh... udah pakek invoice segala.... resmi sekaleeee utang dibawar "expo" ajah... suegerrrr (barisan kolam cetek) ahaiiii @mistaravim zikpah butuh belaian om... bukan fagele yah... kita dijalan yg bener kok.. kecuali emang seneng yg berbau BR :takut :takut
hoooo... laopran ke operasi perlendiran opo laporan kondisi real-nya ketawamu macem abis kena entertain aje...bwakakakakakakakak :wkwkwk
huss @bigz_20 jangan ngakak terus tho... ntar keselek tanya sama @reddyrover aja deh... wong doi legal resminya DSME hahahah bakar mneyan #siapin rokok klobot + klembak menyan juga
melihat realitas yang ada, 26tahun semenjak perang teluk pertama, dan show of force A10 Thunderbolt II (Warthog). dengan gambaran pro-kontra yang gw baca sedari halaman awal, sedikit banyak tercipta pemikiran bahwa 1. USAF secepat mungkin ingin mengakhiri CAS mission airplane (A-10) dan mengganti...
well om .. LM & RR sebagai OEM ngga ngasih sembarangan lisensi perbaikan mesin2 mereka (mesin loh ya) belum masuk ke masalah Avionik, center wing box repairment, engine assy, fule pump, FMS, etc... semuaa itu hanya beberapa vendor (principal) yg dikasih pegang. daripada bingung tak kasih list pr...
om NTP setau gw belum bisa overhaul total T-56 (engine C-130H).. bahkan cost yg NTP kasih untuk overhaul Dash 7 (engine C-130B) lebih besar ketimbang Depohar 30 (ABD S) yg ngirim engine-nya ke sing atau langsung ke workshop Standard Aero or LM di San Antonio, Cal.. NTP jagonya engine casa 212 da...
makanya pemerintah ngga mau lagi ngikutin model lama dalam har pesawat, apalagi yg workhorse macem Herky. aussie dan sing aja udah nempatin pihak kedua yg ngurus armada angkut mereka (spare terjamin, peralatan bengkel/workshop lengkap, teknisi berpengalaman, dan bisa menyerap tenaga kerja banyak...
ngga ngerti om, rencananya IL-76 (candid) sudah naik dari SrenaAU ke Srenum TNI, akan dibahas di rapim Kuathan dan Ranahan Kemhan bulan depan.. moga2 aja mesinnya frenly (yg ngurus sales sebelah.. tim yg sama ngurus sukhoi35.. tau deh yg support Russkie atau Ukraine)
Hibah dari ex RAAF itu ada 4 Unit C-130H (yg mengerjakan retrofit adalah NG Aussie) A1330 - A1333 (3 on duty di skad 32, 1 masih on work di Aussie) Beli murah ada 5 unit C-130H (yg mengerjakan Airbus Group Australia Pacific/AGAP) A1334 - menunggu penomoran dari AU (1 sudah on duty di Skad 32, si...
sekarang yg refurbish herky di Aussie bukan NG lg (sisa herky indo C130H calon registrasi A1333 yg masih sisa di workshop NG), doi udah ngga dapet kontrak sama RAAF krn Aussie make AGAP (Airbus Grup Australia Pacific) untuk thorough lifetime support C130J. C130B tinggal 5, nanti overhaulnya ke De...
Ilyushin Il-76MD-90A .... beli 4 (ngg taudeh kenapa cuma 4 ekor)... A400M batal diseriusi krn crash kemarin... C17 udah stop produksi, sisa 2 unit, 1 udah diambil UK atau Aussie yah? lupa ane.. sisa 1.. kemhan batal juga lirik C17
gong xi ... gong xi... baru balik tugas ngebengkel nih gw.. ayoo kapan kita ngumpul, ada sokongan dana nih.. hueheheheh