pcjamesAvatar border
TS
pcjames
4 Klub Raksasa Yang Pernah Mengalami Penurunan Performa Dalam 10 Tahun Terakhir




Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Ane akan membahas seputar dunia sepakbola. Bahasan ane hari ini terkait dengan performa beberapa klub besar yang sempat menurun. Klub klub besar ini sebenarnya merupakan klub yang sangat kuat di Liga nya baik di Liga Champions. 




Namun, beberapa dari klub klub besar ini mengalam penurunan performa bahkan sampai absen lama di Liga Champions. Maka dari itu, berikut 4 Klub Raksasa Yang Pernah Mengalami Penurunan Performa / Terpuruk Dalam 10 Tahun Terakhir.


1. AC Milan




Klub pertama yang akan ane bahas adalah salah satu klub terbaik di Italia yaitu AC Milan. AC Milan adalah klub asal Milan, Italia. AC Milan merupakan klub terbaik Italia di Liga Champions dengan torehan 7 Trofi. Dahulu, bisa dibilang klub ini sangat kuat sehingga dijuluki raja Eropa. Dahulu juga mereka diperkuat banyak bintang besar seperti Maldini, Inzaghi, Shevchenko, dan Kaka. Namun, seiring berjalannya waktu para bintang bintang AC Milan tersebut mulai menua dan hengkang. Alhasil karena AC Milan belum dapat mencari penerus yang tepat, mereka pun bisa disebut "terpuruk". Penurunan peforma AC Milan dimulai pada musim 13/14 dimana mereka tersingkir dari Big 4 Serie A dan menepati posisi ke klasmen Serie A. Padahal di musim sebelumnya mereka menjadi Juara 3. Musim selanjutnya, 14/15 menjadi lebih menyeramkan untuk Milan maupun Milanisti karena klub ini kembali terpuruk ke posisi ke 10 klasmen Serie A. Dan tren buruk ini terus berlanjut hingga musim 17/18, dimana Milan belum bisa kembali ke 4 Besar dan tersendat di papan tengah. Karena hal itu juga, AC Milan telah absen 6 musim di Champions League.


2. Inter Milan




Klub kedua di list ini juga merupakan klub raksasa Serie A yang juga rival dari AC Milan yaitu Inter Milan. Inter Milan adalah klub asal Milan, Italia. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik di Italia bersama AC Milan dan Juventus. Namun, sama seperti rival sekotanya, Inter Milan juga telah mengalami penurunan performa beberapa musim kebelakang, bahkan lebih awal dari AC Milan. Penurunan performa Inter Milan dimulai pada musim 11/12 dimana mereka tersingkir dari Big 4 Serie A dan menduduki posisi ke 6 klasmen Serie A. Padahal musim lalu mereka menjadi Runner Up Serie A. Tren buruk ini terus berjalan selama 3 musim kedepan yaitu musim 14/15 dimana mereka masih berjuang di papan tengah. Namun, pada musim 15/16 mereka berhasil mencapai posisi ke 4 Serie A. Sayangnya, musim berikutnya yaitu 16/17 mereka lagi lagi turun ke posisi ke 7 Serie A. Akhirnya pada musim 17/18 mereka kembali mengisi posisi ke 4 Serie A dan kembali ke Champions League setelah absen selama 6 Musim.


3. Liverpool




Berikutnya ada klub terbaik Inggris di ajang Liga Champions yaitu Liverpool. Liverpool adalah salah satu klub terkuat di Liga Inggris. Rival abadi mereka adalah Manchester United. Namun, satu hal yang identik dengan klub ini adalh "puasa gelar panjang". Yap, Liverpool terakhir kali memenangkan Premier Legaue pada tahun 1990. Namun, keterpurukan mereka dimulai pada musim 09/10. Pada musim itu, Liverpool yang dimusim sebelumnya menjadi Runner Up tiba tiba tersungkur ke posisi ke 7 klasmen Premier League. Tren buruk Livepool ini kembali berjalan selama 3 musim berturut turut hingga musim 12/13 dimana mereka masih terlempar dari Big 4 EPL. Di musim berikutnya yaitu 13/14 Liverpool kembali ganas dan hampir saja menjadi Juara Liga Inggris, namun sialnya mereka hanya kalah sedikit poin dari Manchester City dan harus puas menjadi Runner Up. Dan, penurunan performa Liverpool terjadi lagi. 2 Musim berturut turut yaitu 14/15 & 15/16 Liverpool kembali tersingkir dari Big 4 dan mengsisi posisi ke 8 klasmen Premier League. Bersyukur, sejak musim 16/17 hingga kini Liverpool kembali bersaing di Papan Atas EPL dan musim ini mereka masih menjadi pemuncak klasemen.


4. Manchester United




Jika di nomor 1 dan 2 ada pasangan rival di Serie A, maka di posisi ke 3 dan 4 juga ada pasangan rival di Premier League yaitu Manchester United. Manchester United adalah klub Premier Legaue. Bisa dibilang MU ini adalah klub terbaik di Liga Inggris dengan raihan 20 Trofi nya. Namun berbeda dari 3 Klub diatas yang mengalami keterpurukan, Manchester United ini bisa dibilang hanya mengalami Penurunan Performa / Angin anginan. Yap, Manchester United yang biasanya menguasai Big 4 Premier Legaue malah terlempar dari Big 4 itu sendiri pada beberapa musim. Tercatat, dalam 6 musim terakhir MU sudah 3 kali terlempar ke papan tengah pada klasmen akhir musim. Sebagai contoh, pada musim 13/14, setelah Sir Alex Ferguson pensiun MU mengalami penurunan performa yang cukup drastis karena terlempar ke posisi 7 klasmen. Lalu pada musim 15/16 dan 16/17 MU juga harus rela digusur dari 4 Besar karena menempati posisi 5 dan 6. Dan musim ini, MU kembali berada di papan tengah klasmen yaitu di posisi ke 6.


Kenalan Sama TS :

This Is Me (Perkenalan TS)


3
10.5K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan