Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
Budaya Barat Itu Biadab Dan Tak Bermoral,They Said

Gue minta tolong kalian baca baik baik baru komentar okey.

Pada kesempatan kali ini tulisan gue mungkin agak serius.Yaitu tentang pandangan orang Indonesia (GAK SEMUA) terhadap budaya barat.Sepertinya hal ini udah mendarah daging banget di pikiran orang Indonesia bahwa budaya barat itu bebas,biadab,tak bermoral,bahkan menyebabkan rusaknya moral generasi muda Indonesia sehingga budaya barat ini di cap negatif.Apalagi saya juga menemukan banyak sekali media/blog yang menggambarkan budaya barat dengan kurang bijak,maksudnya mereka menyebut budaya barat itu sumber dari rusaknya moral,pergeseran nilai sosial,dll.Terutama di blog dan media yang memakai embel embel agama.Itu bener bener cancer gan.Sampai di buku pelajaran PPKN untuk SMA pun budaya barat itu digambarkan dengan benar benar buruk loh gan,ditulis bahwa budaya barat itu bebas,hedonisme,perilaku seks bebas dan menyimpang dan damn itu dangkal banget tapi kenapa sampai bisa masuk buku pelajaran pemikiran sesempit itu.Di kaskus pun gue sering banget menemukan artikel yang menjelaskan pergaulan di negara barat kacau banget dan melebih lebihkan.Dan pernyataan itu gak semuanya benar.

Sebenernya apa saja sih kebudayaan barat yang di kira / di anggap tak bermoral ?

- Seks Bebas (Kumpul Kebo,Seks Sebelum Menikah,LGBT,Gaya Berpacaran)
- Gaya Berpakaian Terbuka
- Clubbing/Dugem
- Minum Minuman Keras
Hedonisme dan Konsumerisme

Tidak Semua Negara Barat Budayanya Sama (Negara Barat Ada Banyak Bray)


Hal ini adalah hal yang paling sering di sampaikan atau muncul tentang budaya barat di benak orang Indonesia."Orang barat itu suka seks bebas,gausah nikah bisa langsung","Orang barat tuh gak  bener bisa seenaknya gonta ganti pasangan seks dan gak kayak di Indonesia yang orangnya bermoral dan menjunjung tinggi kesopanan.","Budaya barat itu sangat merusak generasi muda,mari kita hindari." dan sebagainya.Hal ini menurut saya perlu diluruskan karena menurut saya argumen tersebut salah dan sangat dangkal.


Saya tanya,sebenarnya negara barat itu cuma satu atau banyak,jawabannya banyak.Memangnya semua negara barat itu kebudayaannya itu sama,enggak.DI Eropa saja ada 50 negara dan pasti banyak perbedaan kebudayaan di setiap negara.Kita pake contoh negara timur.Jepang dan Indonesia sama sama negara timur kan,tapi apakah budayanya sama,tidak ! Indonesia dan Thailand sama sama negara timur kan.bahkan sama sama Asean.Tetapi apakah budayanya sama,beda jauh gan.Indonesia sama India,China,Arab Saudi sama sama negara timur kan apakah budayanya sama Tidak !


Sama halnya dengan negara negara barat.Negara yang terletak di eropa barat seperti Belanda,Perancis,Inggris,Belgia memiliki budaya yang berbeda dengan Negara negara Eropa tenggara dan Timur seperti Kroasia,Russia,Polandia,Yunani,dll.Tingkat keagamaan negara negara barat itu juga beda,ada negara barat yang religius dan juga yang tidak religius.Jadi jangan menggangap semua negara barat gak beragama.


Untuk menyiapkan opini ini juga saya sempat bertanya langsung tentang budaya barat sesungguhnya kepada teman teman saya yang orang barat agar pandangan saya juga tidak salah.Mereka ada yang berasal dari Belanda (3 Orang),Jerman (5 Orang),Finlandia (1 Orang),Inggris (1 Orang) dan Amerika Serikat (2 Orang).Saya bertanya via WhatsApp.Dan benar bahwa kebudayaan di setiap negara barat itu berbeda,ada yang perbedaanya hanya sedikit dan juga banyak.Saya mulai saja dari point pertama.


1. Seks Bebas 


Dari jawaban teman teman saya,ada beberapa hal yang saya simpulkan adalah,Pertama ada beberapa negara barat yang memang memiliki budaya seks bebas (seks sebelum menikah) dan juga ada negara barat yang memiliki budaya seks setelah menikah.Jadi ini kesalahpahamannya menggangap semua negara barat sama.Yang dimaksud budaya seks bebas oleh beberapa negara tersebut adalah,para orang tua membolehkan anaknya tinggal serumah dengan pacar dan melakukan seks diluar nikah ataupun hamil diluar nikah benar benar lumrah di negara itu,sama juga bukan berarti mereka bisa seenaknya melakukan seks dan gonta ganti pasangan.Jadi beberapa negara tersebut orang harus berpacaran cukup lama atau sekitar satu tahun dan saling mencintai baru mereka melakukan seks dan serumah,bukan asal bebas baik aja kayak yang kita pikirkan.Di sana juga orang lebih bertanggung jawab seperti jika pacar mereka hamil mereka kan membiyayai hidupnya.Tapi ingat hanya beberapa negara barat yang berpaham seperti itu contoh negaranya negara yang memang tidak  religius dan liberal seperti : Negara Skandinavia seperti Denmark,Swedia,Norwegia,Islandia,Finlandia.Juga seperti Belanda, Perancis,Belgia,Spanyol,dan Jerman Bagian Timur (Bagian barat masih lebih konservatif)

Masih banyak negara barat yang tidak berpaham seks bebas dan budaya mereka masih agamis,rata rata negara eropa yang konservatif dan religiusitasnya tinggi.Contohnya Irlandia,Italia,Polandia,Slovakia,Kroasia,Romania,Georgia,Armenia bahkan Amerika Serikat.


Selanjutnya soal LGBT.Ini juga hal yang sering kali dikatakan sebagai degradasi moral oleh para orang Indonesia dan langsung mengutuk negara negara barat.Saya tegaskan ulang tidak semua negara barat sama budayanya dan juga sama sama melegalkan LGBT.Menurut saya alasan mereka melegalkan LGBT adalah para warga disana tidak tertekan dan diperlakukan adil tanpa diskriminasi.Bukan berarti kalau di barat LGBT legal orang orang sana langsung jadi homo,enggak itu dangkal banget pikirannnya.Buktinya di Amerika Serikat LGBT itu legal hanya 4% penduduknya yang LGBT pada 2017 hasil Survey Gallup.

Dan setelah membahas tentang Seks Bebas,Kumpul Kebo dan LGBT sekarang saya akan membahas tentang Gaya Berpacaran.Mindset orang Indo kalau ditanya soal gaya pacaran orang barat itu kacau banget deh.Pasti kalau ada orang yang pacarannya over langsung di cap ke barat baratan.Emang lu tau dari mana kalo orang barat pacaranya gitu?Gak semua orang barat pacarannya gak sehat bray.Jadi kenapa dong kita bisa ngira kalau pacaran orang barat itu bebas.


Karena di negara negara barat orang bebas mengunggah apa yang mereka mau di sosial media tanpa takut di omongin orang.Karena pada dasarnya orang barat itu gak suka ngurusin urusan orang lain mau dia pacaran gabener,hamil duluan,seks bebas karena yang penting hidup mereka ga di ganggu which is good.Tapi orang indonesia langsung berpikir bahwa semua orang barat kacau karena ada orang barat yang pacaran sampe cipok cipok da raba raba terus di post di ig,lansunglah tumbuh asumsi bahwa gaya pacaran orang barat seperti itu semua padahal engga.Hanya beberapa bahkan cuma sebagian kecil tapi karena mereka bebas membagikannya di sosial media orang Indo langsung mengecap bahwa pacaran semua orang barat seperti itu.Please jangan suka pukul rata.Masih lebih banyak orang disana yang pacarannya tidak seperti itu.


Jadi intinya gini untuk point pertama,kalau semua atau mayoritas orang barat kerjanya ngeseks seenaknya,terus pacaran gak bener artinya moral mereka udah rusak kan sehingga negaranya juga rusak.Tapi apa faktanya,moral mayoritas pemuda disana gak rusak kok,orang orangnya lebih pintar dan lebih berpendidikan.Berarti yang moralnnya rusak hanya sebagian kecil alias masih banyak yang lebih baik.Kan kalau moral generai mudanya udah rusak harusnya negaranya juga udah rusak dong.Mikir


Terus mau nyalahin bahwa seks bebas datangnya dari budaya barat?Coba pikirin,tau budaya kimpoi kontrak ga.Yang marak banget di Bogor.Itu emang dari mana bray,dari barat?Kagak dari Arab.Emangnya kimpoi kontrak bukan seks bebas ya.Mangkanya kalau mau nyalahin seks bebas jangan dikit dikit nyalahin barat buktinya Arab juga punya.Jadi jangan kalau udah ngomongin Arab pasti pikirannya bagus bagus dan barat jelek jelek.Please disini gue bukannya menyalahkan budaya Arab tapi hanya memberikan perbandingan.


Sekarang kita harus berkaca ke negeri kita sendiri.Soal seks bebas Indonesia ini generasi mudanya udah parah gan,kalo mau faktanya seks bebas di Indonesia lebih parah dari negara yang sering kita hina biadab yaitu Amerika.Faktanya 66% remaja Indonesia itu udah gak perawan dan di Amerika persentasenya lebih kecil yaitu 41%.Masih mau nyalahin negara luar dan membentengi diri?Meskipun katanya seks bebas di Indonesia itu tabu banget dan menyimpang buktinya yang melakukan persentasenya lebih banyak daripada yang enggak.



Soal gaya pacaran,gue kira udah normal banget ya di Indonesia kalo anak muda pacaranya parah dan menyimpang dari yang namanya Budaya Ketimuran.Padahal katanya Indonesia itu negara yang agamis banget.Terus ada beberapa kasus di kota ane aja anak muda baru smp sma dan pacaran 2 minggu udah berani melakukan hubungan seperti itu (Gue gak bilang semuanya tapi beberapa).Lah di barat aja orang ngelakuin kalo bener bener cinta dan udah pacaran cukup lama.Dan juga kalau di sana pacaran terus hamil,cowoknya bakal bertanggung jawab dan menyayangi anaknya.Kalau di sini?Jangan berharap di nikahi.Gamau bertanggung jawab dan pikirannya langsung kabur dan aborsi.Sama satu lagi di kota ane bahkan pas valentine banyak banget pengaman (you know lah what i mean) bertebaran di jembatan penyebrangan.

Dan ada satu fakta,tingkat HIV dan Kehamilan Remaja itu tertinggi ada di negara negara afrika bukan di negara negara eropa,bahkan relatif rendah,jadi kalau menurut fakta budaya seks bebas itu dari negara afrika dong?


HIVAIDS :



Teen Pregenancy


Negara dengan pemakai kondom terbanyak pun juga bukan negara barat,melainkan negara negara afrika : 

https://www.indexmundi.com/facts/indicators/SH.CON.1524.MA.ZS/rankings  

Kalau menurut gue kalau mau lihat negara yang benar benar moralnya rusak,lihat negara yang tidak maju/berkembang?Coba lihat negara negara Afrika.AIDS disana tinggi dan seks bebas sangat tinggi.Negara negara disana juga miskin.Mungkin itu baru bisa dibilang negara yang mayoritas moralnya rusak.

Satu contoh lagi,negara negara latin.Dimana geng dan kartel narkoba sangat berkuasa dan negara negara tersebut memiliki tingkat kehamilan diluar nikah tertinggi.Dan negara mereka tidak maju,Itu baru bisa dikatakan negara yang mayoritas moralnya rusak. 

Dibandingkan dengan negara2 Eropa dan AS.Disana para pemuda pada maju,pintar,inovatif,pendidikan hebat dan negara mereka maju.Apa buktinya moral mereka rusak,buktinya negara dan pemuda nya pintar dan maju.Maka dari itu jangan mudah mengatakan moral negara lain rusak cuma gara2 liat artis ataupun filmnya.Apalagi bagi orang orang yang suka membuat artikel yang memiliki sumber tak jelas mengatakan pergaulan negara negara lain begini lah begitulah dan terkesan menjelek jelekkan


2. Clubbing/Dugem

Hal berikutnya yang bakal saya ulas adalah soal Dugem.Dugem ini banyak yang bilang kegiatan gak benar dan dilakukan oleh orang orang gak bener.Dan terjadi lagi,budaya barat yang disalahin lagi atas semua ini.Budaya barat yang membawa dugem ke Indonesia.Well music EDM emang asalnya dari barat dan juga di nikmati oleh orang Indonesia.Tapi apakah anda tahu di negara negara barat kalau anda mau ikut dugem atau masuk nightclub anda harus benar benar berusia 18 tahun dan harus menunjukan identitasnya,kalau tidak pasti anda diusir oleh sang penjaga/bouncer.Itu kata teman saya yang tinggal di Belanda.Bahkan di AS anda minimal harus berusia 21 tahun ke atas (Beberapa Negara Bagian).Peraturan di sana benar benar ketat,sementara di Indonesia,kita bisa masuk nightclub dan dugem dengan begitu gampang nya.Tulisannya sih 18+ tapi ktp ga dimintain atau bisa dikibulin,ini menurut kesaksian dari banyak teman saya.Ada yang masih 12 tahun udah pernah ke nightclub,ada yang masih 15 dan yang 14 tahun juga sering.Bukan hanya nightclub saja,festival besar pun seperti DWP bisa dimasuki anak dibawah 18 tahun,longgar sekali.Hadeh katanya negara barat bebas banget tapi faktanya kok terbalik.

3. Hedonisme/Konsumerisme



Yang satu ini yang bener bener salah.Saya gak tau kenapa orang Indo bisa mikir seperti ini,mungkin karena lihat artis artis Hollywood hidupnya hedon dan suka party party atau karena brand brand mahal itu dari barat.Tapi kalau orang Indo berpikir seperti ini,pikiran mereka dangkal sekali.Faktanya meskpun brand brand mahal berasal dari barat,orang orangnya tidak sehedon dan sekonsumtif orang Indonesia yang suka banget mengikuti trend.Saya juga sering membaca beberapa blog dan melihat di youtube bahwa orang barat itu tidak terlalu suka mengikuti trend dan buang buang duit seperti orang Indonesia,dan kata orang Indonesia yang hidup di Eropa bahwa orang orang disana hidupnya hemat dan perbedaanya dengan Indonesia mall di sana tutup jam 8 malam dan pada hari minggu di beberapa negara mall itu tutup.Sementara di Indonesia mall buka sampai larut malam bahkan minggu makin ramai.


Anehnya kalau di negara negara arab seperi Qatar,Kuwait,Bahrain,dan UEA (Dubai) orang orangnya hidupnya sangat hedon dan konsumtif seperti memakai mobil mobil sport,meninggalkan mobil di pinggir jalan (membuangnya) dan hidup bergelimang emas malah di puji puji dan dikagumi habis habisan sama orang Indo padahal itu hedonisme loh,sementara kalau ada orang barat yang hidup seperti itu langsung di nyinyirin hedon  padahal faktanya orang barat mayoritas hidup apa adanya dan tidak hedon.Aneh sekali semuanya bakal beda reaksi kalau yang melakukan orang Arab.


Lanjutan nya di bawah
anasabilaAvatar border
pakolihakbarAvatar border
izzy.vgncAvatar border
izzy.vgnc dan 7 lainnya memberi reputasi
8
42.8K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan