alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
4.73 stars - based on 30 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ab353fd96bde6e4518b4568/apakah-amerika-serikat-negara-bebas-liberal

Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
Hai everyone,kembali lagi dengan saya di blog ini.Kali ini saya akan menuliskan kembali opini dan fakta di blog dan kaskus saya.Kali ini saya akan kembali menulis tentang Amerika Serikat dan ini adalah tulisan terakhir saya tentang rangkaian opini dan fakta tentang Amerika Serikat  untuk kategori opini yang saya tulis di blog ini.Sudah ada 3 tulisan tentang Amerika di blog ini dan ini adalah yang ke empat.
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Kali ini saya akan membahas status bebas suatu negara bukan berdasarkan politiknya tetapi berdasarkan pemerintahan,peraturan,hukum,dan kehidupannya.Karena negara yang pemerintahannya konservatif juga bisa termasuk yang politiknya bebas,contohnya India.Ini saya tampilkan peta negara bebas secara politik.
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Amerika Serikat seringkali disebut oleh rakyat Indonesia sebagai negara bebas,negara liberal,dll.Bahkan hampir semua masyarakat di Indonesia mengatakan seperti itu.Negara bisa dibagi berdasarkan Ideologi menjadi tiga jenis yaitu negara Konservatif,Moderat/Centrist,dan Liberal.Kali ini saya akan membahasnya.

Orang Indonesia mengatakan AS itu liberal dan bebas karena mereka melihat dari film film hollywood,kehidupan bebas para artis dan penyanyi,dan juga media media anti AS yang menjelek2an AS di Indonesia.Tetapi apakah AS benar benar seperti itu?

Amerika Serikat memang bisa dikatakan sebagai negara liberal,tetapi hanya dilihat dari ekonomi dan politik.Secara ekonomi dan politik Amerika Serikat adalah negara Liberal.Tetapi apakah secara Ideologi,Pemerintahan,Kehidupan Warganya dan Peraturan negaranya dapat dikatakan Liberal?

Untuk tulisan yang satu ini saya tidak hanya memberikan beberapa fakta dan statistik yang ada dalam Internet,tetapi saya juga menanyakan tentang hal ini langsung ke teman saya yang orang Amerika Serikat.Saya memiliki 3 Teman dari Amerika Serikat,1 dari negara bagian Ohio dan 2 dari negara bagian Texas.Saya juga memiliki seorang guru yang berasal dari Amerika Serikat.Saya juga menanyakan kepada teman teman saya tentang "Apakah Amerika Serikat Negara Liberal?" untuk dapat menulis tulisan ini.

Dari berbagai jawaban dari teman saya,yang saya dapatkan adalah : Ada beberapa negara bagian yang Liberal dan ada juga yang Konservatif,Status liberal atau konservatif di Amerika bisa berubah pada setiap hasil pilpres,dan Partai apa yang sedang berkuasa menentukan apakah Amerika negara yang liberal atau konservatif.Maksudnya apa?Oke saya akan jelaskan.

Secara Ideologi dan Pemerintahan

1. Ada Negara Bagian Yang Liberal Dan Ada Juga Yang Konservatif 

Yang pertama memang benar ada negara bagian di Amerika Serikat yang liberal,dan ada juga negara bagian di Amerika Serikat yang konservatif.Tetapi sebagian besar negara bagian di Amerika Serikat termasuk konservatif,sehingga hanya sebagian yang berideologi.Apa saja negara bagian yang liberal di Amerika?Ada California,New York,Massachussets,Washington,Oregon.Jadi jangan langsung mengatakan Amerika itu liberal dari hanya beberapa negara bagian,Amerika itu besar dan lebih besar dari Indonesia.Berikut peta perbandingan daerah Konservatif dan liberal di Amerika.
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?



Merah : Konservatif
Biru : Liberal

2. Status Liberal Atau Konservatif Di Amerika Bisa Berubah Pada Setiap Hasil Pilpres

Kedua berdasarkan hasil pilpres/presidennya.Ini juga menentukan menurut teman saya,karena kebijakan seseorang dapat mengubah status negara itu,kalau kebijakannya liberal bisa membuat negara itu menjadi liberal dan sebaliknya.Karena pilpres terakhir Amerika Serikat dimenangi Donald Trump,jadi Amerika berstatus negara konservatif karena Trump berasal dari partai Konservatif dan kebijakan kebijakannya yang konservatif seperti pelarangan aborsi.Pada saat ini juga di amerika karena kelompok konservatif sedang berkuasa banyak sekali kaum liberal yang diijadikan bahan ejekan dan banyak kebijakan liberal yang dihapuskan.Sebaliknya pada pilpres sebelumnya,Obama yang memenangkan pilpres.Ia berasal dari partai liberal dan dia melegalkan hal hal yang liberal seperti LGBT.Makanya saat itu Amerika lebih liberal dari sekarang.

3. Partai Yang Sedang Berkuasa

Ketiga berdasarkan partai yang berkuasa.Mirip mirip dengan yang kedua tadi.Terdapat dua partai besar yang ada di Amerika Serikat.Ada partai Republican dan partai Democrat.Republican adalah partai yang berideologi konservatif dan Democrat adalah partai yang berideologi Liberal.Republican biasanya diduking oleh para Pendeta dan para Pengusaha,mereka juga kebanyakan anggotanya kulit putih dan religius.Sementara Democrat biasanya didukung oleh para Artis dan pemilik perusahaan IT (Zuckenberg,Bill Gates,dll).Democrat memiliki anggota yang beragam,ada yang religius dan ada yang tidak,ada yang putih,hitam,dan latin.Kebijakan oleh partai yang berkuasa berpengaruh pada pemerintahan yang berjalan.Contohnya Republican yang sedang berkuasa mengeluarkan kebijakan konservatif akan membuat pemerintahan di Amerika menjadi konservatif dan sebaliknya.

Secara Peraturannya

Sekarang saya akan membahas berdasarkan peraturan di Amerika.Pada bagian ini beberapa informasi saya kumpulkan dari beberapa blogger yang tinggal di Amerika.Kalau mau bilang Amerika itu bebas berdasarkan peraturannya,mikir lagi deh.Peraturan di Amerika itu ribet banget.Contohnya peraturan merokok,minuman keras,clubbing,dan lalu lintas.

1. Aturan Merokok

Soal peraturan merokok,merokok sudah dilarang dibeberapa tempat di Amerika.
Pelarangan merokok di dalam gedung sampai 1,5 meter di luar gedung sudah dilakukan sejak tahun 1993. Kemudian aturan larangan merokok itu diperluas lagi hingga 6 meter di luar gedung. Merokok juga dilarang di restoran, bar dan tempat kerja tertutup, juga di pantai.Sementara di Indonesia kita bisa merokok dimana pun dan kapan pun kita mau,kecuali mungkin di rumah sakit.Disekolah saja da murid atau guru yang merokok.Di Amerika orang hanya bisa membeli rokok jika sudah berusia 18 tahun dan harus menunjukan KTP dan Rokok dijual hanya di beberapa tempat di Amerika,sementara di Indonesia usia merokok juga 18 tahun tetapi itu hanya peraturan belaka buktinya rokok dijual dan dapat dibeli bebas oleh siapapun dan banyak anak SD di Indonesia yang merokok,miris

2.Aturan Minuman Keras

Soal peraturan minuman keras di Amerika Serikat,di sana usia minimal adalah 21 tahun dan sama seperti rokok,kalau mau membelinya juga harus menunjukkan KTP.DI Indonesia juga sudah dinaikan menjadi 21 tahun.Di Amerika Serikat juga kita tidak boleh minum minuman keras di jalanan/di umum.Sementara di Indonesia?Ane sendiri udah pernah beberapa kali minum bir di jalan dan gak ada yang ngehukum.

3. Usia Clubbing/Dugem
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Nah yang satu ini sering diomongin.Katanya di Amerika remajanya doyan dugem,mabok,dan bla bla bla.Padahal usia minimal masuk nightclub disana adalah 21 tahun,beberapa daerah ada yang 18 dan jika mau masuk harus menunjukkan ktp.Orang orang di sana juga tertib dan mereka tidak melakukan clubbing sebelum berusia 18/21 tahun.Sementara di Indonesia,usia minimal masuk nightclub adalah 18 tahun,tapi sama saja seperti peraturan rokok.Banyak sekali anak anak dibawah 18 tahun yang masuk club dan di Indonesia di sebagian besar club kita tak diminta KTP seperti di Amerika.Saya berkata seperti ini karena beberapa pengalaman dari teman saya.Mereka ada yang pernah dugem dan masuk club di usia 12 tahun,ada juga yang 14 dan 15 tahun.

4. Peraturan Lalu Lintas

Kalau yang ini yang paling terlihat perbedaanya.Peraturan lalu lintas di Amerika itu ketat banget.Mengemudi di atas speed limit saja bisa dipenjara,salah parkir bisa di denda.Biaya tilang di amerika juga mahal sekali dan gabisa nyogok polisinya loh hehe.Ngebut di jalan (walaupun gak cepet-cepet amat, tapi lebih cepet dari limit) $200. Salah parkir $50-an (bisa juga mobilnya diderek :P). Nerabas lampu merah $400. Lupa bayar tol (tol disini bayarnya online) $100.Kalau di Indonesia tau sendiri kan gimana bebasnya dan semerautnya lalu lintas.Polisi disini juga bisa dikasi salam tempel.

Dari beberapa point di atas sebaiknya jangan ngecap suatu negara bebas deh.Dari peraturannya aja di sana jauh lebih ketat dan terlaksana.Kalau disini beberapa peraturan dibuat untuk dilanggar.Dan kalau dilihat dari perbandingan peraturan aja bisa dibilang Indonesia yang negara bebas.

Secara Kehidupan Warganya

Secara kehidupan warga nya,Amerika juga masih termasuk negara yang Konservatif.Mayoritas warga Amerika masih percaya pada Tuhan dan masih beragama.Masih banyak warga Amerika yang menggangap agama itu penting seperti yang saya sudah tulis di postingan sebelumnya.Warga Amerika juga masih banyak yang tidak setuju terhadap banyak isu sosial seperti Aborsi,Perselingkuhan,Teori Evolusi,dll.Amerika juga bukan negara yang sangat toleran terhadap LGBT seperti banyak negara liberal di Eropa
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Hanya terdapat 25% Warga Amerika Serikat yang Liberal

Perkataan Dari Para Presiden Amerika dan Isi Kongres dan Konstitusi Amerika Serikat yang menyatakan Amerika adalah negara konservatif dan negara yang masih memegang erat nilai agama :

Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?



Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Q&A : 

Kan Amerika Serikat melegalkan LGBT,mana bisa disebut konservatif,ya jelas jelas liberal lah.

Jawab :   

Oke itu memang benar dan mengurangi poin argumen saya yang mengatakan bahwa AS adalah negara konservatif.Sekarang saya balik lagi ke point no2.Bahwa status tersebut bisa berubah setiap pilpres.Jadi LGBT dilegalkan pada akhir masa kepemimpinan Obama yang berideologi liberal,dan pada saat itu AS menjadi lebih liberal.Tetapi sekarang pilpres telah dimenangkan partai konservatif dan AS kembali menjadi lebih konservaltif.Meskipun LGBT belum di larang lagi,pada awal pemerintahan Trump,halaman untuk LGBT pada situs web White House telah dihapus,abrorsi pun sekarang illegal di sebagian besar negara bagian AS yang dulunya legal semua.Jadi memang benar AS tidak bisa sepenuhnya disebut konservatif,tetapi AS juga tidak bisa dibilang liberal karena dari hasil statistik dan data hanya 25% warga AS yang mengaku liberal dan banyak yang masih menentang hal hal liberal di AS.Jadi AS termasuk konservatif tetapi tidak terlalu/sangat konservatif.

Kan Amerika Serikat Juga Melegalkan Porno alias Bokep Gan !

Oke,Amerika itu bukan negara yang full konservatif jadi masih ada tempat untuk politisi liberal untuk membuat kebijakan,dan juga sebelum trump amerika juga dipimpin oleh obama yang liberal.Negara konservatif yang melegalkan bokep juga bukan hanya amerika gan contohnya India dan Thailand.

Kan Amerika melegalkan hal hal seperti bunuh diri legal dan ganja gan !

Oke yang ini akan saya jawab.Hanya sedikit atau beberapa negara bagian di amerika yang melegalkan bunuh diri legal dan ganja,mereka adalah negara bagian yang dikuasai oleh partai democrat dan liberal.Ingat meskipun amerika serikat adalah negara konservatif,masih ada beberapa negara bagian yang liberal.  

Kan di Amerika bebas ngomong apa aja dan boleh ngehina segalanya kek agama.

Iya amerika menganut paham free speech yaitu paham dimana para warganya bisa berpendapat apa saja yang penting tidak mengancam.Kebebasan berpendapat belum tentu liberal.Jadi orang disana lebih dewasa menerima pendapat orang lain

Kan di Amerika seksnya bebas gan !

Itu cuma persepsi orang Indonesia yang terbentuk dari film film hollywood.Orang indo belum bisa bedain mana yang nyata dan hanya di film.Ane juga udah bahas secara lengkap tentang seks bebas di Amerika,ini threadnya : https://www.kaskus.co.id/thread/5a82...ara-seks-bebas

PS : Sebenarnya seks di indo faktanya lebih bebas loh dari amerika,baca aja di trit ane

Kesimpulan :

Jadi kesimpulannya Amerika Serikat adalah negara yang konservatif,tetapi tidak secara penuh dan se konservatif pemerintahan di Indonesia.Jadi agama masih memiliki peran kuat di pemerintahan AS tetapi tidak secara penuh,itu yang membuat lgbt dan bokep bisa legal karena kubu liberal masih punya ruang untuk membuat kebijakan,terlebih kalau partai demokrat yang memenangkan pilpres.

Mayoritas warga amerika juga masih religius dan konservatif.Hanya 25% yang liberal.Disana juga ada beberapa negara bagian yang pemerintahanya liberal karena dikuasai oleh partai democrat.[/b]

Peraturan di amerika juga jauh lebih ribet dan disiplin daripada indo,maka dari itu gabisa kita berkata bahwa amerika serikat itu negara bebas.Status konservatif atau liberal juga bisa berubah setiap pilpres.Karena saat ini pilpres amerika dimenangkan oleh Republican maka amerika adalah negara konservatif.Kebijakan partai republikan juga sangat erat dengan agama.

Jangan juga langsung mengecap amerika dari kehidupan artis artisnya.Memang kehidupan artisnya,film film hollywood,dan juga videoklip musik artis amerika terlihat sangat bebas dan kacau,tapi ingat itu hanya bagian dari seni dan jangan menganggap semua negara bagian as seperti itu.

Jadi saya membuat tulisan ini karena argumen bahwa AS adalah negara liberal sudah tertanam dipikiran orang Indonesia.Disetiap blog dan media indonesia mengatakan AS itu negara liberal.Padahal setelah diteliti sejarah dan pemerintahannya AS adalah negara konservatif tetapi tidak secara total.AS itu liberal secara ekonomi,kebebasan pers,kebebasan berbicara,dan politik.Tetapi secara ideologi AS adalah negara konservatif

Sekian tulisan dari saya,,maaf jika banyak kata kata yang kurang berkenan.Thanks for reading and have a great day !
Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
profile-picture
muman48 memberi reputasi
Diubah oleh pcjames
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 19
A M E R I C A !

Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?

Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
Diubah oleh artdo
Kira-kira lebih enak mana gan tinggal di indo atau amrik sono?
Ane konservatif. So pasti bila ane WN amrik pasti milih Trump!!!!!!!
ada yang iya ada yang enggak
Quote:


iya gan ane diatas juga udah nulis diatas ada yg liberal dan juga ada yg conservative tapi banyakan yg conservative
Udah keracuni ama hollywood gan........jadi taunya yang dipilem aza......
emoticon-Bingung
Quote:


iya gan itu sumber kesalahan persepsi terhadap As.Tapi sebenernya ga salah hollywoodnya karena itu pure seni dan orang indonesia banyak yg blm bisa bedain mana seni dan kehidupan nyata sampe media media indo juga banyak yg ngira hidup orang amrik gitu semua
Quote:


gaktau si kalau itu.....tapi kalau gaji dan standar hidup jauh lebih tinggi amrik gan
Quote:


kalo ane sih centrist tapi lebih condong ke republican dan conservatives
Ane maunya tinggal di Wakanda emoticon-Cool
Negara bebas tapi partainya cuman 2 hahhajaa
profile-picture
suleymannn memberi reputasi
usa selalu ada cerita
Quote:


wakanda forevah
mejeng pejwan duluemoticon-Jempol
amerika ist wunderbar.
Quote:


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
fifty fifty ya gan
Quote:


+ di temenin wakanda hamidah emoticon-Hammer2
Diubah oleh faakyu
peraturan kesehatan di amrik lebih ketat, harusnya indo bisa ngikutin terutama peraturan rokok.
Quote:


Apakah Amerika Serikat Negara Bebas/Liberal?
Halaman 1 dari 19


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di