wah........ijin gabung donk :maho ane cari-cari ternyata ada juga komunitasnya biar mekanik ga di pandang sebelah mata lagi mekanik juga bekerja berdasar ilmu dan hitungan presisi :iloveindonesia
gampang gan cukup maen di kopling aja per di bikin kenceng, kampas bisa pakai karisma dan balancer kruk as di kurangin kalo dana nyukup bisa ganti karburator
soal D type exhaust............. berarti perasaan ane bener yah........tenaga kaya kurang lepas tapi yang rada aneh motor mw "lari" kalo knalpotnya loss ada saran ga biar gas buang bisa keluar bener menghasilkan tenaga yang dasyat ???????
ooh....gitu yah....... kalo matic itu yang sip durasi dan LSA nya berapa yah ???? aqu samain sama bebek belom ketemu teriaknya yang ada malah spuyernya minta turun :hammer suara motor flat aja :bingung
ooh.....om A.graham bell yah :p mungkin ane masih belom ngerti matic kali yah :hammers abis kemaren ane aplikasi ke bebek ga semua berhasil dari saran om A.graham bell yang bebek ane berpegangan atas saran guru ane aja akhirnya oke deh...... kalo ane boleh tanya untuk matic bermain durasinya di ...
bore up ga selamanya pakai piston segede gajah, piston di atas 1mm bisa di katakan bore up hehehehehehe :D (maap kalo salah) biasanya seh orang2 selalu minta motor kenceng,irit, dengan biaya murah dan ga bikin ribet mumet ora ndase' :ngakak tapi beruntungnya manusia diberi akal dan pikiran :...
nah......ntu udah di jawab hehehehe.........di jamin ga tua di jalan deh dengan ubahan simple kaya begitu :ngakak kemaren seh udah coba di entengin rollernya, rpm motor mang lebih teriak cuma pas jalan motor kaya masuk angin ga tw karena rumah roller modifikasi qu yang aneh apa tukang bubutnya...
hmmm........resiko pekerjaan aqu ya ngerasain seh.......mw dipikirin pusing, ga di pikirin tetep aja pusing :hammer setingan spuyernya belom pas tuh, kalo sampe brebet di atasnya dan knalpot nembak pas gas di turunin apa lagi sampe keluar api :)
ngikut bahas aah............. :malu kalo menurut ane seh, kenapa sekarang lebih dominan ke long stroke karena mungkin yang di cari adalah torsi besar semakin panjang stroke semakin besar juga torsi yang di dapat, jadi berapa beban yang dibawa dengan adanya torsi yang besar terasa enteng kalo unt...
klo sudah di porting mungkin akan berbeda lagi ceritanya karena diameter porting pun berpengaruh besar untuk peak power sebuah mesin semakin besar diameter porting semakin tinggi pula peak power yang di raih
nah... Itu dia semua juga di pengaruhi dari kompresinya berapa, lift klepnya berapa makanya sekarang banyak yang mencari lobang porting yang idealnya supaya tekanan dan gas speed di lobang porting pas
kalo sampai bengkok mungkin itu terjadi tabrakan klep dan piston sebenar dalam ilmu porting itu bagaimana mencari aliran ideal di lubang porting atau yang kita sebut FLOW makanya alat yang untuk menditeksi lobang porting di sebut flowbench untuk porting itu perhitungannya dari diameter klep, buk...
cari TOP apa neh ??? :bingung kalo TOP yang di maksud pada kondisi klep bebas (tidak tertekan oleh noken as) agan tinggal intip aja lewat magnet