iya gan, sepertinya begitu. menurut Indonesiabuster kan push (dorong) bukan pull (tarik). klo steer nya di tarik ya pesawatnya malah jadi naek. lagian aneh juga, biasanya klo posisi stall kebanyakan pilot bilang "nose down". cmiiw dah..
pesawatnya tidak terlalu manual input friendly, jadi highly computerized, jadi kalo pilot2nya udah tahunan makenya pesawat yg ini...begitu disuruh manual plus bad weather...agak sulit.....apalagi jarang praktek dgn manual input....jadi mungkin seperti pengemudi mobil yg sudah 5 tahun ngga nyetir..
simple aja: kurang training untuk menghadapi kondisi darurat seperti ini.. seharusnya captain waktu kmrn itu waktu bahaya langsung take over, waktu captain mau take over udah terlambat.. oo gitu.. benar kata orang aviasi, langit emang luas tapi tidak ada tempat buat kesalahan.
menghina air asia? memang pantas dihina kok :D FYI, gw udah baca full report KNKT yg 206 halaman.. dan memang betul, dalam setaun itu ada belasan kejadian malfunction, dibiarkan saja tuh sama mereka.. bahkan tgl 25 desember ada flight pake pesawat itu, error lagi.. cuma direset doang sama enginee
RTL rusak 4 kali, dan yg terakhir di reset sama pilot nya yak. terus si pilot tau ga klo reset RTL FAC bisa mati?? Pas FAC mati, pilot sepertinya kagak bisa nih bawa pesawat manual. udah keseringan pake autopilot mungkin jadi lupa cara terbangin pesawat :nohope: