Rasio pilot jet tempur kita gmn si keadaannya???itu klo semua direalisasikan penambahan skuadron semasif itu apa ngga terjadi kekosongan pilot??? Ngepres pol. Itungan kasaran kalau ada 10 skuadron tempur maka T-50 kita praktis sudah diinden pol jam terbangnya untuk program pelatihan. Nggak ada sisa
Kalau leasing pespur mahalnya amit2x gan (mendingan beli), itu belum lagi insurance nya. Apalagi misalnya dipakai dalam operasi tempur dan terjadi total-loss. Biasanya leasing pespur hanya terbatas untuk trainer saja. Saab sudah dua kali menggunakan skema leasing untuk menyediakan pespur untuk p
Ane mah dari dulu mikir gitu. Kek komen ane di diskusi homogenelous aircraft. Target 11 sku tempur, sekarang ada 8, pensiun 2 sku, otomatis butuh 5 skuadron. Nah 5 ini kalau asumsi KFX tetep lanjut, yg nalar buat masuk cuma FA50 sama F16 Falcon. Dua-duanya ga nambah spesies baru. FA50 nantinya bisa
Ga ngejar timelinenya. Udah, Hawk diganti FA50 atau Falcon aja. Ga usah yg highend kayak Flanker, Viper apalagi trio kwek-kwek. Ga usah nambah spesies. Falcon maksudnya F-16? Itu 11-12 sama Gripen. Paling bagus itu hilangkan persepsi X harus diganti Y. Itu red herring. Evaluasi yang bener perlu pe
Bukannya IFX itu proyek bikin desain pesawat siluman? Dimana hasil yg dituju adalah ilmu desain pesawat dan punya blue print pesawat sendiri. Itu berlaku bagi korea maupun Indonesia. Tidak kurang, tidak lebih. masalah utama dari desain pesawat adalah hampir seluruh komponen utama pesawat itu terg
Yg kontra argumennya apa? Awas aja kalau ada vested interest jegal KFX biar 'barang dagangan' tertentu bisa masuk. Sisi lain yg pro, bisa jamin benefit yg kita terima apa aja bakal kesampaian enggak? Permintaan anda baik ke pihak yang pro dan yang kontra sama-sama terlalu muluk. Pihak kontra
Emang yakin alasannya Karena itu? Alasan pemerintah Indonesia sendiri tiap tahun gonta-ganti kok. 2015 alasannya pemilu di korsel, jd program dibatalin sama korsel scr sepihak (dibantah sama korsel), 2016 baru ditandatangani kontrak cost sharing agreement 80-20 persen korsel-indonesia. Dan klai
itu untuk double engine bukan single engine seperti super tucano Lho, pertanyaan anda itu PTDI bisa bikin apa. Jadi saya jawab sesuai pertanyaan anda. Lha kok sekarang anda kok ngeyel. Iya, benar, pesawat yang dibuat PTDI itu double engine, bukan single engine. Tapi terus kenapa? Kan yang anda tany
EMBRAER udah bisa bikin pesawat jet dan turboprop walaupun mesin masih beli sama GE sedangkan PT. DI ??? PTDI bisa bikin pesawat turboprop tapi belum bikin pesawat jet. Pertanyaan anda maksudnya apa? Masakan anda benar-benar tidak tahu kalau PTDI bisa buat pesawat turboprop tapi belum buat pesaw
nyang nampilin tanda parkir kmaren, kan bilang KFX/IFX ga usah ngebet minta dbantu sm LM, karena LM ga bakal bantu korea kasih teknologi sensitif cuma bantu asistensi sebagian aja, dia menyarankan suruh lirik Eropa. nyang ini deal F 35a yg 40 ekoran itu utk ToT nya tidak termasuk 4 teknologi yg d