damianus0809 Kurang lebih begitu. Kawasaki pernah ikut MotoGP, tapi mereka sadar diri, gak bisa menggelontorkan duit besar-besaran untuk prestise di MotoGP sementara hasilnya tak sepadan. Makanya mereka mundur dari MotoGP dan pilih fokus di Superbike saja.
Tapi ada perhitungan lain juga. Misal, Kawasaki memilih ikut WSBK ketimbang MotoGP. Salah satu alasannya adalah biaya. Alasan lain, Kawasaki merasa akan sulit bersaing dengan motor lain di kelas MotoGP.
eastmando Bisa saja di awal musim sama. Tapi seiring waktu berjalan, ada pengembangan baru yang akan dikasih ke tim pabrikan duluan, sebelum dibagi juga buat tim satelit.
zeratull Untuk kelas MotoGP dan F1, motor dan mobil dibuat oleh masing-masing pabrikan/tim dengan mengikuti peraturan yang berlaku. Untuk MotoGP, motor dibuat masing-masing pabrikan. TIm satelit menyewa motor dari Pabrikan. Karena pembuatnya berbeda, maka performa juga berbeda. Untuk F1, sasis di...
ezaezo Tim satelit mungkin dapat motor dengan spek yang sama dengan pabrikan, motor yang ketinggalan setahun, atau kombinasi keduanya. Itu bergantung berbagai hal, termasuk ketersediaan motor dan nilai sewa motor. Motor dengan spek sama jelas lebih mahal sewanya ketimbang motor yang ketinggalan s...
harkos Motor tim satelit bisa dibilang hampir identik. Kalaupun tahunnya sama, bisa saja ada beda kecil. Misal di rem, atau di shockbreaker. Dan satu yang paling membedakan itu dukungan teknisi. Tim pabrikan jelas dapat dukungan utama tim teknisi. (Pengecualian mungkin macam Rossi di Nastro Azurro
Ada era dimana tim satelit bisa nyewa motor versi downgrade. Misal Honda pernah membuat RCV1000RR, yang tanpa katup pneumatic dan seamless shift gearbox. Tahun berikutnya digantikan RC213V-RS yang mengadopsi katup pneumatic tapi tanpa seamless shift gearbox.
oviz. Walo yang disewakan motor muslim lalu, mesin juga spek tahun lalu, tapi mesinnya baru semua. Sebagian sparepart juga. Mungkin macam sasis gak perlu yang baru, fairing aja kadang sudah pakai versi terbaru.
Motor satelit bisa sama dengan motor pabrikan, bisa juga telat setahun. Jelas biayanya beda juga. Macam Honda dan Yamaha, di tim satelit satu specnya sama, satu setahun lebih telat. DI Ducati...dari 6 motor rasanya 2 yagn telat setahun. Untuk KTM speknya sama.