b.omat KyraAltair lah kan harganya Apple to apple tuh mahal dikit lagi v power beberapa ratus perak, jadi kan mending turbo selisihnya, bisa dapet banyak per liter.
Uprutz di artikelnya cuma narasi doang gada datanya, btw emg bener ngasi bbm asal ron ketinggian ke mesin yg gak spesifikasinya terkesan useless dan malah boros, dikarenakan pembakaran yg ga optimal
nowbitool ya kan panasnya tepat trus mesin lagi optimum, emg di setiap mesin hasil bakal bervariasi dan gabisa jadi patokan
Oiya kalo efek jangka panjang keknya gada sih, sejauh ini ga nemu problem org pake ron tinggi di mesin kompresi rendah. Paling efek yg dirasa jadi percuma aja, pembakarannya ga optimal dan jadi boros kesannya :D
Kalo ron tinggi itu di paksain ke motor tua yg non ecu, dan tekanan kompresi mesinnya rendah jadi susah idup gan, karna kandungan bensinnya yg kaya(rich) ngebuat dia susah di bakar. Makanya ron gede buat mesin kompresi tinggi. Tapi kalo pake motor2 skr yg udh ada ecu mau pake pertalite pun aman2 aj
b.omat gak juga, ane pake ninja 250 bandingin shell yg paling tinggi ama pertamax turbo, menang pertamax turbo loh. Ada di catatan ane. Rata2 kalo pake Shell v power mentok di 1:20 km/liter, tah kenapa bisa boros padahal bawa sama aja, di catatan ane pake v power 20/l, 19/l, 20/l. Waktu pake pertam