Untuk ring 15", kayaknya hanya ada Kumho (untuk VW lama), Dunlop, dan Maxxis 307 (Nissan March). Tapak tersedia dari 155-165-175. Tapi paling mudah dicari ya Maxxis 307. Untuk di Dyane saya gak tau apakah mentok di spatboard belakang atau enggak, coz lebar Maxxis 175. Kalau pengen tahu bany...
Sedikit cerita tentang GS, monggo kalau yang lain memberi koreksi atau nambahin. Di Prancis-nya sono, GS diproduksi tahun 1970-1980. Selanjutnya dibuat versi penerusnya yaitu GSA pada tahun 1980-1986. Perbedaan paling umum adalah pada bumper, spion, tuas pembuka pintu, grille, lampu belakang, da...
Belum pernah nyoba maxxis 307. Emang ban belakang kanan gak gasruk saluran bensin yang dari karet itu?
Untuk wilayah Jakarta, montir yang bisa dipanggil itu Pak Wasro (eks. PT. Alun), telp. 08158315239. Saya sendiri waktu main ke Jakarta kalau trouble manggil beliau. Pelayanannya oke. Sekarang meski di Madiun, nyuntik bola-bola masih kirim ke Pak Wasro.
Kalau bola udah dipasang di mobil emang cenderung awet, karena tekanan nitrogen didalam bola dilawan oleh tekanan LHM dari luar. Makanya bola yang disimpan (tidak dipasang) membrannya cepet hancur karena tidak ada perlawanan. Demikian juga Citroen yang jarang dipakai (ndongkrok).
Sedikit sharing pengalaman ber-Citroen. Mohon maaf jika tidak sependapat dengan pemilik Citroen yang lain. Citroen pertama saya adalah BX TRS. Sengaja pilih TRS dan bukan GTi karena konon GTi ribet di airflow yang mahal. TRS cukup enak walaupun karbu sudah di-"kijang"-in. Tarikan lumaya...
Nyoba miara juga gak ada salahnya Om. Kan harganya gak mahal. GS second starts from IDR 8.000.000. BX TRS second starts from IDR 12.000.000. CX Pallas, tau ah, gelap. Yang ini susah dicari.
Pastinya kurang tahu berapa lama expired-nya. Tanggal produksi dicap di body bola. Biasanya saya nyari yang usianya kurang dari 6 bulan. Saya sendiri baru 2 tahun main Citroen.
Betul. Bahkan barang baru yang disimpan dalam kemasannya pun bisa pecah membrannya ketika batas expired tercapai. Makanya toko juga gak mau stok banyak-banyak.
Sorry, gak baca hasil sensus terakhir :hammer. Kata new apollo, bola yang beredar disini made in China. Mikir kalau ambil ori trus yang beli cuma dikit. Soalnya bola ada expired-nya.
Kalau hitungan kasar, 1 mobil ada 5 bola. Jadi 100 membran bisa buat 20 mobil. Kalau 1 anggota klub punya 2 mobil, maka cuma butuh 10 orang. Masalahnya, siapa yang mau nombokin dulu bikin 100 membran tadi. Kalau di FKCI, anggota aktif rasanya tidak sampai segitu. Banyak pemilik Citroen yang belu...
Pemasangan membran harus belah bola. Setelah dijepit didalam bola, bola disatukan pakai las argon. Sebetulnya disini pun ada anggota FKCI yang merencanakan untuk produksi membran sendiri. Tapi nilai keekonomisan bisa tercapai bila produksi minimal 100 membran. Kurang dari itu jatuhnya jadi mahal...
Makasih cendolnya. Baru tahu sekarang kalau umur shock pug pendek banget. Kirain kayak jepangan. Memang "nyaman" itu sering merogoh kocek sangat dalam.
Sebetulnya gak bisa dikatakan murah kalau urusan suspensi di Citroen. Kalau suspensi pug depan belakang, taruhlah 3,5jt, bisa tahan berapa tahun. Bisa lebih dari 10 tahun kan. Bola Citroen susah untuk dapat tahan 5 tahun atau lebih. Bahkan kalau mobil jarang dipakai, 2 tahun membran juga bakalan...