Dari perspektif ane kenapa pake flexible hose lebih safety karena posisi/kecepatan fighter dan tanker tidak harus saklek. Kalo pake boom posisi, kecepatan dan kekakuan pipa justru berisiko tinggi saat ada turbulensi dan bisa menyebabkan Patah pada lengan?? Cmiiw Pangkal boom ada gimbalnya, nggak ka
Dengan demikian dari aspek safety sebenarnya pake probe lebih baik karena transfer bbmnya pake selang elastis/flexible dibanding boom yg kaku? lebih aman boom, ada operator yang ngarahin pipa penyalur BBM...... Pipa juga tahan angin....... Lagian kecepatan transfer BBM tinggi (50 liter/detik) sehin
Bedanya sistem boom dan probe utk refuel apa? Cuma model sj? Tapi Yg penting itu probenya bisa disembunyiin, jgn "ereksi" terus kyk fighter sebelah... Sistem boom pesawatny nggak pake probe, tapi ditusuk oleh tanker..............Kelebihannya transfer BBM cepat, waktu yg dibutuhkan untuk
Sepertinya perusahaan Eropa & Israel akan mengambil kesempatan menawarkan radar AESA mereka ke Korsel setelah Amerika menolak ToT radar AESA. - SAAB menawarkan radar AESA terbaru mereka. - Selex menawarkan radar Captor-E. - IAI menawarkan EL/M-2052 airborne AESA. Source: http://www.defensenew