Kaskus

News

jaguarxj220Avatar border
TS
jaguarxj220
Private Placement Jumbo Garuda: Penyelamatan atau Penundaan Krisis?
Garuda Indonesia mencari napas baru lewat private placement Rp23,67 triliun, tapi di balik suntikan dana jumbo itu tersimpan dilema struktural dan risiko dilusi besar bagi publik.


Ditulis oleh: Yunila Wati


KABARBURSA.COM – Langkah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menggelar private placement jumbo senilai Rp23,67 triliun patut dibaca bukan sekadar strategi pendanaan. Ini menjadi sinyal darurat dari maskapai pelat merah yang masih terjebak dalam turbulensi finansial.

Alih-alih mencerminkan ekspansi yang sehat, aksi korporasi ini lebih menyerupai upaya penyelamatan darurat untuk menutup lubang neraca yang semakin dalam.

Di tengah rugi bersih yang kembali melebar, beban utang tinggi, dan efisiensi yang mandek, suntikan dana baru dari Danantara Asset Management terlihat bagaikan oksigen tambahan bagi Garuda, bukan bahan bakar baru untuk terbang lebih jauh.

Garuda Indonesia Tbk berencana menerbitkan 315,61 miliar saham baru seri D dengan harga pelaksanaan Rp75 per saham. Dari total dana tersebut, Rp17,02 triliun akan disetor oleh Danantara Asset Management (DAM) dan Rp6,65 triliun berasal dari konversi pinjaman pemegang saham.

Struktur penggunaan dana yang dibagi dua porsi besar menunjukkan betapa kompleksnya tekanan finansial yang dihadapi. Sekitar 37 persen atau lebih dari Rp8,7 triliun akan dipakai untuk mendanai operasional, termasuk perawatan dan perbaikan pesawat.

Sebagian lainnya, sebesar 63 persen, dialirkan ke anak usaha Citilink sebagai tambahan modal dan konversi pinjaman pemegang saham. Tujuannya jelas: mencegah efek domino yang bisa menimpa anak usaha bila likuiditas makin ketat.

Citilink, yang selama ini menjadi tumpuan pendapatan Garuda di segmen low-cost carrier, kini juga memerlukan suntikan besar hanya untuk menjaga stabilitas operasionalnya.



Upaya Penyelamatan Citilink, Bukti Rapuh Garuda?


Namun di sinilah muncul dilema struktural. Upaya menyelamatkan Citilink lewat peningkatan modal menunjukkan bahwa restrukturisasi Garuda pasca-krisis pandemi belum menyentuh akar masalah. Ketergantungan pada anak usaha untuk menyeimbangkan neraca justru memperlihatkan betapa rapuhnya mesin utama perseroan.

Dana yang digunakan Citilink sebagian besar akan dipakai untuk operasional jangka pendek, termasuk pembayaran utang bahan bakar ke Pertamina sebesar USD225 juta dan perawatan pesawat. Artinya, dana jumbo ini lebih bersifat lifeline, bukan growth capital.

Lebih jauh, meskipun Danantara sebagai pihak terafiliasi disebut menunjukkan komitmen jangka panjang, struktur transaksi yang menyebabkan dilusi publik hingga 21,29 persen memunculkan pertanyaan kritikal, apakah investor publik akan rela melihat porsi kepemilikannya menyusut drastis demi mempertahankan maskapai yang belum terbukti pulih secara operasional?

Dalam konteks pasar modal, dilusi sebesar itu hanya bisa dibenarkan jika ada prospek nyata bahwa perusahaan akan kembali menghasilkan laba dan arus kas positif. Fakta di lapangan justru menunjukkan sebaliknya.

Laporan keuangan terbaru Garuda untuk kuartal III 2025 memperlihatkan kondisi yang masih merah pekat. Perseroan mencatat rugi bersih USD182,53 juta, naik 39,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pendapatan turun 6,7 persen menjadi USD2,39 miliar, dengan segmen penerbangan berjadwal anjlok 8,52 persen. Efisiensi biaya memang dilakukan, di mana beban usaha ditekan 6,7 persen. Tapi Upaya ini memberikan hasil nihil, karena penurunan pendapatan jauh lebih tajam.

Margin operasi menipis, laba usaha jeblok ke Rp982 miliar, dan beban non-operasional menembus Rp1,7 triliun.

Di atas kertas, Garuda berhasil menaikkan aset menjadi USD6,75 miliar, tetapi dengan liabilitas USD8,28 miliar dan rasio utang terhadap ekuitas di atas 5 kali. Artinya, struktur keuangannya tetap menimbulkan alarm bahaya.

Kinerja ini menegaskan bahwa Garuda bukan kekurangan modal semata, melainkan masih terjebak dalam model bisnis yang tidak efisien, yaitu biaya tinggi, utilisasi rendah, dan margin tipis.

Tambal Sulam Likuiditas Garuda Indonesia

Private placement kali ini, jika tidak disertai restrukturisasi menyeluruh dan reposisi model bisnis, berisiko menjadi sekadar “penambalan likuiditas.” Dengan kata lain, Garuda hanya memperpanjang napas tanpa memperbaiki sistem pernapasannya.

Ketergantungan pada Danantara memperlihatkan bahwa opsi pembiayaan eksternal semakin terbatas, sementara kemampuan menghasilkan arus kas internal belum pulih.

Dalam konteks yang lebih luas, langkah Garuda ini juga menyoroti dilema kronis perusahaan BUMN strategis: antara menyelamatkan konektivitas nasional dan menanggung biaya tinggi dari model operasi yang tidak efisien.

Fokus restrukturisasi Citilink untuk mencegah dampak sosial memang relevan secara politik, tetapi dari sisi bisnis, penyelamatan semacam itu hanya masuk akal jika ada jaminan profitabilitas jangka menengah. Tanpa itu, suntikan modal hanya menambah beban di masa depan.

Jadi, aksi jumbo ini bisa dipandang sebagai taruhan besar, yaitu upaya mempertahankan maskapai nasional lewat dana segar, tapi dengan risiko besar bagi investor dan publik.

Pertanyaannya kini bukan lagi apakah Garuda bisa bertahan, melainkan sampai kapan ia bisa menunda kebutuhan reformasi struktural. Jika tidak ada perbaikan fundamental, dari strategi rute, efisiensi armada, hingga manajemen biaya, Rp23 triliun sekalipun tidak akan cukup untuk mengangkat Garuda keluar dari turbulensi.(*)


https://www.kabarbursa.com/market-ha...nundaan-krisis



23 Trilyun buat Garuda hanya cukup buat bayar hutang. Jangan harap bisa ekspansi atau beli pesawat baru seperti yg diberitakan bulan2 lalu.

Selain BUMN Konstruksi, Garuda jg megap2.
Nanti KAI juga akan kesulitan keuangan akibat KCIC.

Kalau lihat kondisi sekarang, Presiden dulu yg jual2in BUMN ga salah2 amat.
Malah lebih salah yg bikin BUMN rugi besar sampai nilainya habis dan ditutup.

soelojo4503Avatar border
soelojo4503 memberi reputasi
1
133
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan