- Beranda
- Komunitas
- Games
- Komunitas Boardgame Kaskus
Golem Run [Preview] diterjemahkan dari Bahasa Inggris


TS
holly.monster
Golem Run [Preview] diterjemahkan dari Bahasa Inggris
Isi ulasan ini adalah hasil alih bahasa dari artikel orisinal Blog MeepleEksyen.
Artikel asli bisa dicek di tautan ini
Ada kegelapan tertentu yang seakan menyelimuti setiap karya yang keluar dari Dragon Dawn Productions. Permainan mereka memancarkan suasana menyeramkan, dipenuhi tema-tema yang… entahlah… terasa seperti diambil langsung dari sudut-sudut gelap dunia bawah mitos. Golem Run masih membawa DNA dari masyarakat kurcaci yang kelam dan kasar, beserta segala sesuatu yang menghuni gua-gua dalam mereka. Namun kali ini, permainan ini membawa kita lebih dekat ke permukaan. Mungkin, memang tak ada tempat untuk membangun lintasan balap di dunia bawah tanah.
Golem Run pada dasarnya adalah permainan balapan. Mekanik utamanya menggunakan sistem trick-taking sebagai mesin pendorong, membawa makhluk-makhluk antropomorfik ini menuju garis finis. Namun, kita sebenarnya tidak berperan sebagai pengendara golem itu sendiri. Sebaliknya, kita berperan sebagai penjudi kelas berat. Kedengarannya memang agak licik. Kita adalah para petaruh — dengan kecenderungan untuk korupsi, menyusun rencana licik agar hasil balapan berpihak pada kita.
Intinya, kita tidak hanya bertaruh pada golem mana yang akan memimpin. Golem Run punya lebih banyak lapisan strategi. Memang, ada peluang sederhana 1 banding 3 untuk "mengatur" balapan agar sesuai keinginan kita. Perhitungan matematis yang masuk akal… kalau tugas kita hanya menebak golem pemenang, seperti yang disebutkan. Tapi kenyataannya, kita juga bertaruh pada jaraknya.
Ya, kita harus menebak jarak antara golem pilihan kita dan golem yang berada di posisi kedua. Jarak ini digambarkan oleh titik-titik hijau pada kartu. Titik ini disebut Speed dots. Dan tiba-tiba, permainan ini bukan sekadar tentang memengaruhi golem yang memimpin. Kita juga harus memastikan jarak tersebut sesuai dengan taruhan kita.
Setelan Kartu
Dengan tiga warna setelan kartu dalam permainan, Golem Run menampilkan tiga golem di lintasan — masing-masing mewakili salah satu warna tersebut. Dari sini, semuanya tampak sederhana. Ketika ronde trick-taking berlangsung, kita memainkan kartu yang sesuai dengan warna setelan yang sedang memimpin. Setelah semua pemain memainkan kartunya, pemenang trik mendapatkan hak untuk menentukan golem mana yang maju. Sesederhana itu…
...atau mungkin tidak? Kita baru saja menyentuh permukaannya. Golem Run sebenarnya memiliki lebih banyak lapisan aspek yang rumit, yang menjadi fondasi utama permainan ini secara keseluruhan. Sebagai permulaan, pemain sebenarnya bisa memimpin trik dengan dua kartu — baik dari setelan yang sama maupun berbeda. Satu-satunya syarat adalah kedua kartu tersebut harus memiliki nilai yang sama. Tapi, hal ini benar-benar mengubah seluruh dinamika permainan.

Seperti dalam permainan trick-taking lainnya, kartu Wild juga hadir di Golem Run. Fungsinya serupa, jadi saya tidak akan terlalu mendalami aspek ini. Namun, ada elemen tambahan yang disebut Boosters. Kartu ini cukup menarik — mereka tidak bisa dimainkan sendiri, tetapi, sesuai namanya, digunakan untuk meningkatkan nilai kartu lain dari warna set yang sama. Dengan begitu, kita memiliki alat untuk meningkatkan fleksibilitas kartu saat merespons atau memimpin trik.
Ketika merespon trik utama dengan dua kartu, pasangan kartu tersebut harus, sekali lagi, memiliki nilai yang sama — dan sesuai dengan salah satu warna setelan yang sedang memimpin. Meskipun mekanik ini tidak sepenuhnya mengubah dinamika meta permainan, mekanik ini memaksa kita untuk memikirkan kembali strategi untuk ronde-ronde berikutnya. Bermain dua kartu sekaligus mempercepat pengurangan jumlah kartu di tangan, yang otomatis membatasi opsi di ronde selanjutnya. Saya pribadi menyukai dilema ini — kita harus memutuskan apakah layak mengorbankan sumber daya sekarang, atau justru menyimpannya untuk permainan di masa depan.
Kembali ke aspek perjudiannya
Yang menurut saya menarik kali ini adalah bagaimana Dragon Dawn Productions menyuntikkan mekanik yang terasa... lebih memaafkan, secara mengejutkan. Dalam Golem Run, bertaruh adalah aspek inti untuk mendapatkan poin. Namun, sistem taruhan dalam permainan ini terasa jauh lebih fleksibel. Memang, itu tetap memakan satu giliran — saya akui. Tapi sejujurnya, kita masih bisa menyesuaikan taruhan di antara trik-trik yang dimainkan.
Namun, tidak adil jika kita mengatakan bahwa mengubah taruhan hanya sekadar "membuang" giliran. Jika dilihat lebih dalam, ini sebenarnya adalah jendela penyelamat bagi kita saat tidak memiliki kartu yang cukup bagus untuk menjawab trik. Jadi, alih-alih memaksa kita bermain, kita diberikan kesempatan untuk menunggu dan merespons dengan lebih strategis.
Hal ini, tentu saja, membutuhkan kewaspadaan yang terus-menerus. Memantau golem yang memimpin, jarak antara pemenang dan runner-up, serta posisi di lintasan — detail kecil seperti ini. Saya senang fitur ini ada di Golem Run. Taruhan yang tetap dan tidak bisa diubah akan menjadi hal yang mengecewakan bagi saya. Dengan tantangan "mengatur" hasil balapan yang sudah ada, permainan ini akan jauh lebih sulit tanpa kelonggaran seperti ini.
Golem Run memang menghadirkan kompleksitas yang cukup dibandingkan dengan sebagian besar permainan trick-taking di pasaran. Dan itulah, secara pribadi, yang saya kagumi dari Dragon Dawn Productions. Mereka bisa mengintegrasikan aspek-aspek rumit ke dalam mekanik yang sudah familiar — dan mereka berhasil melakukannya! Permainan ini dijadwalkan untuk memasuki tahap crowdfunding pada tahun 2025. Jadi, sampai saat itu tiba, saya harap saya bisa meyakinkan Anda untuk mendukung permainan ini saat kampanyenya dimulai.
Artikel asli bisa dicek di tautan ini
Ada kegelapan tertentu yang seakan menyelimuti setiap karya yang keluar dari Dragon Dawn Productions. Permainan mereka memancarkan suasana menyeramkan, dipenuhi tema-tema yang… entahlah… terasa seperti diambil langsung dari sudut-sudut gelap dunia bawah mitos. Golem Run masih membawa DNA dari masyarakat kurcaci yang kelam dan kasar, beserta segala sesuatu yang menghuni gua-gua dalam mereka. Namun kali ini, permainan ini membawa kita lebih dekat ke permukaan. Mungkin, memang tak ada tempat untuk membangun lintasan balap di dunia bawah tanah.
Golem Run pada dasarnya adalah permainan balapan. Mekanik utamanya menggunakan sistem trick-taking sebagai mesin pendorong, membawa makhluk-makhluk antropomorfik ini menuju garis finis. Namun, kita sebenarnya tidak berperan sebagai pengendara golem itu sendiri. Sebaliknya, kita berperan sebagai penjudi kelas berat. Kedengarannya memang agak licik. Kita adalah para petaruh — dengan kecenderungan untuk korupsi, menyusun rencana licik agar hasil balapan berpihak pada kita.
Intinya, kita tidak hanya bertaruh pada golem mana yang akan memimpin. Golem Run punya lebih banyak lapisan strategi. Memang, ada peluang sederhana 1 banding 3 untuk "mengatur" balapan agar sesuai keinginan kita. Perhitungan matematis yang masuk akal… kalau tugas kita hanya menebak golem pemenang, seperti yang disebutkan. Tapi kenyataannya, kita juga bertaruh pada jaraknya.
Ya, kita harus menebak jarak antara golem pilihan kita dan golem yang berada di posisi kedua. Jarak ini digambarkan oleh titik-titik hijau pada kartu. Titik ini disebut Speed dots. Dan tiba-tiba, permainan ini bukan sekadar tentang memengaruhi golem yang memimpin. Kita juga harus memastikan jarak tersebut sesuai dengan taruhan kita.
Setelan Kartu
Dengan tiga warna setelan kartu dalam permainan, Golem Run menampilkan tiga golem di lintasan — masing-masing mewakili salah satu warna tersebut. Dari sini, semuanya tampak sederhana. Ketika ronde trick-taking berlangsung, kita memainkan kartu yang sesuai dengan warna setelan yang sedang memimpin. Setelah semua pemain memainkan kartunya, pemenang trik mendapatkan hak untuk menentukan golem mana yang maju. Sesederhana itu…
...atau mungkin tidak? Kita baru saja menyentuh permukaannya. Golem Run sebenarnya memiliki lebih banyak lapisan aspek yang rumit, yang menjadi fondasi utama permainan ini secara keseluruhan. Sebagai permulaan, pemain sebenarnya bisa memimpin trik dengan dua kartu — baik dari setelan yang sama maupun berbeda. Satu-satunya syarat adalah kedua kartu tersebut harus memiliki nilai yang sama. Tapi, hal ini benar-benar mengubah seluruh dinamika permainan.

Seperti dalam permainan trick-taking lainnya, kartu Wild juga hadir di Golem Run. Fungsinya serupa, jadi saya tidak akan terlalu mendalami aspek ini. Namun, ada elemen tambahan yang disebut Boosters. Kartu ini cukup menarik — mereka tidak bisa dimainkan sendiri, tetapi, sesuai namanya, digunakan untuk meningkatkan nilai kartu lain dari warna set yang sama. Dengan begitu, kita memiliki alat untuk meningkatkan fleksibilitas kartu saat merespons atau memimpin trik.
Ketika merespon trik utama dengan dua kartu, pasangan kartu tersebut harus, sekali lagi, memiliki nilai yang sama — dan sesuai dengan salah satu warna setelan yang sedang memimpin. Meskipun mekanik ini tidak sepenuhnya mengubah dinamika meta permainan, mekanik ini memaksa kita untuk memikirkan kembali strategi untuk ronde-ronde berikutnya. Bermain dua kartu sekaligus mempercepat pengurangan jumlah kartu di tangan, yang otomatis membatasi opsi di ronde selanjutnya. Saya pribadi menyukai dilema ini — kita harus memutuskan apakah layak mengorbankan sumber daya sekarang, atau justru menyimpannya untuk permainan di masa depan.
Kembali ke aspek perjudiannya
Yang menurut saya menarik kali ini adalah bagaimana Dragon Dawn Productions menyuntikkan mekanik yang terasa... lebih memaafkan, secara mengejutkan. Dalam Golem Run, bertaruh adalah aspek inti untuk mendapatkan poin. Namun, sistem taruhan dalam permainan ini terasa jauh lebih fleksibel. Memang, itu tetap memakan satu giliran — saya akui. Tapi sejujurnya, kita masih bisa menyesuaikan taruhan di antara trik-trik yang dimainkan.
Namun, tidak adil jika kita mengatakan bahwa mengubah taruhan hanya sekadar "membuang" giliran. Jika dilihat lebih dalam, ini sebenarnya adalah jendela penyelamat bagi kita saat tidak memiliki kartu yang cukup bagus untuk menjawab trik. Jadi, alih-alih memaksa kita bermain, kita diberikan kesempatan untuk menunggu dan merespons dengan lebih strategis.
Hal ini, tentu saja, membutuhkan kewaspadaan yang terus-menerus. Memantau golem yang memimpin, jarak antara pemenang dan runner-up, serta posisi di lintasan — detail kecil seperti ini. Saya senang fitur ini ada di Golem Run. Taruhan yang tetap dan tidak bisa diubah akan menjadi hal yang mengecewakan bagi saya. Dengan tantangan "mengatur" hasil balapan yang sudah ada, permainan ini akan jauh lebih sulit tanpa kelonggaran seperti ini.
Golem Run memang menghadirkan kompleksitas yang cukup dibandingkan dengan sebagian besar permainan trick-taking di pasaran. Dan itulah, secara pribadi, yang saya kagumi dari Dragon Dawn Productions. Mereka bisa mengintegrasikan aspek-aspek rumit ke dalam mekanik yang sudah familiar — dan mereka berhasil melakukannya! Permainan ini dijadwalkan untuk memasuki tahap crowdfunding pada tahun 2025. Jadi, sampai saat itu tiba, saya harap saya bisa meyakinkan Anda untuk mendukung permainan ini saat kampanyenya dimulai.
0
13
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan