- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Beli Token Listrik Tapi Nggak Sesuai yg Di Dapet, Disini Susah Disana Senang?


TS
iskrim
Beli Token Listrik Tapi Nggak Sesuai yg Di Dapet, Disini Susah Disana Senang?

Siapa nih yang sering bete pas beli token listrik tapi rasanya nggak sesuai sama yang dibayarkan? Pernah nggak sih kalian ngerasa kayak ditipu karena token listrik yang didapet nggak sesuai ekspektasi? Nah, di thread ini saya coba bahas kenapa hal ini bisa terjadi, apakah ini cuma trik psikologis biar kita ngerasa harga token listrik lebih murah?
Kita semua paham yang namanya pembelian suatu barang sekarang itu rata-rata ada biaya tambahan pajak dan administrasi, menurut saya inilah yang bikin jumlah token yang kita beli jadi berkurang. Misalnya kita beli 100 ribu, tapi yang masuk ke saldo listrik cuma sekitar 85 ribu karena ternyata sudah dipotong biaya-biaya tadi. Jelas kecewa.
Saya rasa banyak yang mikir seperti saya juga "Kenapa sih nggak ditunjukin aja secara transparan di awal? Maksud saya biar konsumen nggak ngerasa tertipu gitu. Kalo dari awal kita tau berapa pajak dan biaya administrasinya, pasti kita nggak bakal kaget pas liat jumlah token yang didapet.

Menurut saya transparansi ini penting banget buat menjaga kepercayaan konsumen. Tapi, lagi-lagi kita kecewa karena sampai detik ini belum ada tanda-tanda transparansi itu muncul dihadapan kita.
Apakah ini cuma trik psikologis supaya kita ngerasa harga token listrik lebih murah? Bisa jadi. Dengan nggak ngasih tau biaya tambahan secara jelas, kita jadi ngerasa harga token listrik lebih terjangkau. Padahal, kalo ditotal-total, harganya bisa sama aja atau bahkan lebih mahal. Hm.
Efeknya jelas, banyak konsumen yang ngerasa kecewa dan tertipu. Apalagi buat mereka yang nggak paham soal biaya-biaya tambahan ini itu. Mereka sudah merasa bayar lebih karena dikenakan biaya admin minimarket/bank Rp 2500, tapi dapet tokennya kurang. Ini bisa bikin trust ke penyedia layanan listrik menurun, ya kan?
Menurut saya, solusi yang lebih baik adalah transparansi harus segera di lakukan oleh penyedia layanan listrik. Di print struk tunjukan secara jelas berapa harga token listrik, berapa pajaknya, dan berapa biaya administrasinya. Jadi, konsumen tau persis berapa yang mereka bayar dan berapa yang mereka dapet.
Dengan begitu, nggak ada lagi perasaan tertipu. Jadi misalkan beli token 100 ribu tetap dapat token 100 ribu plus biaya pajak dan adminnya, jangan token tiba-tiba di sunat ini sangat disayangkan karena urusan listrik itu sudah jadi kebutuhan pokok, berhubungan dengan hal-hal penting. Jangan sampai konsumem merasa dirugikan atau memang sudah dirugikan lewat permainan psikologis?


Original Thread © 2016 - 2024 iskrim™
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Dok. Pri
Diubah oleh iskrim 17-07-2024 19:20






bussines.only dan 4 lainnya memberi reputasi
5
510
44


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan