Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Koenigsegg Jesko Habis Terbakar, Rp 65 Miliar Menguap Sia-Sia
Quote:


Insiden tidak menyenangkan dialmai oleh pemilik mobil hypercar Koenigsegg Jesko nih Gan, pasalnya mobil buatan Swedia tersebut terbakar habis tak bersisa. Menurut laporan Autoblog Greece, kecelakaan itu terjadi pada 15 Juni 2024 di Athena, Yunani. Disebutkan bahwa mobil hendak menuju Metsovo, dan kecelakaan terjadi beberapa menit setelah jam 10 pagi. Kebakaran terjadi sekitar lima menit setelah mobil meninggalkan hotel dan melaju dengan kecepatan rendah. Perlu dicatat bahwa mobil itu masih baru dan menempuh jarak kurang dari 200 kilometer saat kebakaran terjadi.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, pemilik mobil selamat tanpa mengalami cedera. Jesko berada di Yunani untuk berpartisipasi dalam 6to6 Motor Europe Tour. Rute ini membawa pengemudi dari Athena, Yunani, ke Monako melalui Albania, Kroasia, dan Italia sebelum mencapai tujuan. Acara tersebut melibatkan 70 mobil sportcar, supercar dan hypercar lainnya.

Carscoopsmengatakan jika Jesko yang terbakar merupakan varian Nur Edition, menampilkan bodi serat karbon yang terekspos sepenuhnya dengan beberapa aksen emas, termasuk pada canard depan, side skirt, dan endplate sayap belakang. Pemilik Jesko dilaporkan menerima pengiriman mobil tersebut awal tahun ini dan membayar tambahan US$443.400 untuk lapisan serat karbon yang terekspos sepenuhnya (fully exposed carbon fiber).

Quote:


Setiap Jesko yang meninggalkan pabrik Koenigsegg memiliki mesin V8 5.0 liter twin-turbocharged yang menghasilkan 1.280 HP jika memakai bahan bakaroktan 95 atau 1.600 HP jika memakai bahan bakar jenis E85. Mesin V8 ini memutar roda belakang melalui transmisi multi-clutch 9 kecepatan.

Kita berharap mobil itu diasuransikan sepenuhnya. Namun, dengan 125 unit Koenigsegg Jesko yang sudah dipesan dan tidak akan diproduksi lagi, pemilik mobil harus beralih ke pasar bekas jika ingin membeli unit lain. Itu pun kalau memang ada pemilik Jesko yang bersedia menjual mobilnya.

Dengan embel-embel limited, harga bekas mobilnya bisa jadi lebih mahal dari harga barunya Gan. Sebagai tambahan informasi, harga baru Jesko saja sudah menyentuh US$4 juta atau sekitar Rp 65 miliar (dengan kurs saat ini). Itu baru harga versi standar, jika Agan ingin menambah fitur lain seperti memakai bahan karbon fiber pada bodi mobil, tentu Agan harus nambah biaya lagi.

Saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui, perwakilan Koenigsegg dilaporkan langsung pergi ke Yunani untuk melakukan investigasi. Menurut laporan terbaru dari Crascoops, Koenigsegg telah memberikan perintah stop-drivesementara kepada 28 unit Jesko yang saat ini sudah diserahkan ke pembelinya di seluruh dunia. Hal ini terpaksa dilakukan untuk menghindari kejadian serupa terjadi.

Quote:


Meski penyelidikan terkait kebakaran Jesko masih belum diungkapkan, beberapa analis otomotif mengatakan suhu panas di Athena mungkin bisa jadi penyebab Jesko terbakar. Namun, belum ada konfirmasi resmi terkait berapa suhu di Athena saat kejadian tersebut. Saat ini, gelombang panas melanda Eropa bagian timur dan selatan, dengan suhu melebihi 35 derajat Celsius (95 derajat Fahrenheit), membuat udara panas tak tertahankan.

Rencananya Koenigsegg akan memproduksi sekitar 45 - 50 unit Jesko per tahun untuk memenuhi pesanan 125 unit yang sudah dipesan pembeli. Di sisi lain, kebakaran pertama dari Jesko ini tentu membuat nama Koenigsegg sedikit tercoreng, pasalnya mereka selama ini dikenal sebagai salah satu pembuat mobil kencang di Eropa.


-----------




Referensi Tulisan: Carscoops& Autoblog Greece
Sumber Foto: sudah tertera
ardjoenalaraAvatar border
aokisitorusAvatar border
rassakhiyAvatar border
rassakhiy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.8K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan