Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
China Terus Dorong Sinifikasi di Xinjiang, Budaya Uighur Perlahan Pudar
China Terus Dorong Sinifikasi di Xinjiang, Budaya Uighur Perlahan Pudar

BEIJING - Taktik represif Partai Komunis China (CCP) di provinsi Xinjiang tampak tidak ada habisnya, bahkan setelah berhasil melakukan sinifikasi di wilayah tersebut melalui serangkaian tindakan keji, termasuk via “kamp pendidikan ulang” yang banyak diperdebatkan. Strategi sinifikasi CCP sebagian besar tetap beragam dengan penekanan khusus pada pengikisan sistematis pengaruh budaya penduduk asli Uighur di Xinjiang. 

Melalui cara-cara merugikan seperti tindakan ekonomi dan politik, CCP pada umumnya cenderung berhasil dalam menjalankan berbagai ”kampanye jahat”-nya. Namun, meski strategi ini sebagian besar telah mencapai tujuannya, CCP tampaknya melakukan diversifikasi metode untuk mempercepat tujuan tujuan-tujuan sinifikasi secara menyeluruh. 

Mengutip dari laman VAA, Selasa (11/6/2024), CCP telah menerapkan tindakan keras untuk mengendalikan praktik keagamaan, termasuk pembongkaran masjid dan tempat-tempat keagamaan sembari melarang pengajaran agama kepada anak di bawah umur.

Lebih jauh, sistem pengawasan telah dipasang di tempat-tempat keagamaan, dan sejumlah tokohnya diawasi atau bahkan ditahan. Selain itu, sumber daya energi dan strategis yang sangat besar di Xinjiang telah memberikan dampak cukup besar terhadap cara pandang warga China terhadap minoritas Uighur di sana. Xinjiang tidak diragukan lagi merupakan wilayah penting secara strategis bagi China, karena sumber daya energinya sangat besar dan berlokasi di sepanjang Sabuk Ekonomi Jalur Sutra. 


Dengan demikian, diskriminasi terhadap etnis Uighur berfungsi sebagai sarana menegaskan kendali politik serta memadamkan aspirasi otonomi di kalangan para pemuda Xinjiang yang ingin menyongsong masa depan damai tanpa intervensi Beijing.

Melalui langkah-langkah ini, CCP terus berupaya melemahkan transmisi pengetahuan budaya dan sejarah Uighur ke generasi mendatang, dengan menyerap identitas China yang lebih homogen. Strategi sinifikasi ini juga menerapkan teknik rekayasa demografi, seperti mendorong migrasi populasi etnis Han ke Xinjiang melalui insentif ekonomi dan proyek pembangunan. Pergeseran demografi yang diberlakukan CCP bertujuan mengubah komposisi etnis di wilayah tersebut, sehingga menjadikan Uighur sebagai minoritas di tanah kelahiran mereka sendiri. Pembentukan sistem “pengawasan halus” di Xinjiang merupakan komponen kunci lain dalam memfasilitasi sinifikasi secara menyeluruh di sana. Provinsi tersebut merupakan salah satu wilayah paling banyak diawasi di dunia, dengan penggunaan kamera, teknologi pengenalan wajah, dan sistem pengumpulan data yang ekstensif. Peralatan pengawasan ini tidak hanya mengendalikan kehidupan sehari-hari etnis Uighur, tetapi juga menekan perbedaan pendapat dan menegakkan kesesuaian budaya. 


Apa yang disebut “kamp pendidikan ulang”—tempat hingga satu juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya ditahan—merupakan inti dari strategi sinifikasi untuk perlahan-lahan melunturkan budaya Uighur dan mendorong nilai-nilai China. Di kamp-kamp tersebut, para tahanan diketahui telah menjadi sasaran indoktrinasi politik, di mana mereka dipaksa meninggalkan keyakinan agama dan budaya mereka agar bersedia menerima ideologi CCP.

Eksistensi Budaya Uighur 

Pendekatan Beijing terhadap Xinjiang telah lama menjadi isu kontroversial yang menyebabkan kemarahan global terhadap taktik represif yang telah diterapkan CCP. Banyaknya laporan dan tuduhan penindasan budaya telah membuktikan sifat buruk dari sinifikasi, di mana CPP dituding berusaha merusak budaya, identitas, dan agama masyarakat Uighur.

Jika tidak ada pencegahan, maka Beijing dapat benar-benar memusnahkan eksistensi budaya, sosial, politik, dan bahkan ekonomi masyarakat Uighur.

sumber
Diubah oleh 4574587568 11-06-2024 09:31
mnotorious19150Avatar border
mnotorious19150 memberi reputasi
1
224
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan