Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Perekonomian Global Akan Sangat Terpukul Jika China Serang Taiwan
Perekonomian Global Akan Sangat Terpukul Jika China Serang Taiwan

TAIPEI - Dunia menghadapi ancaman kerugian ekonomi yang besar jika China menyerang Taiwan suatu saat nanti. Ada kemungkinan negara-negara besar terlibat dalam konflik ini, yang akan mengganggu perdagangan global dan merugikan 10 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Selat Taiwan sangat penting bagi transportasi kargo global karena lebih dari 50 persen kapal kargo melewati wilayah tersebut. 

Mengutip dari The Hong Kong Post, Kamis (6/6/2024), dampak ekonomi dari blokade Taiwan diperkirakan akan lebih besar dibandingkan dampak yang terjadi selama pandemi Covid-19, kata Ely Ratner, Asisten Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik. “Perekonomian global akan terpuruk. Tidak akan ada seorang pun yang kebal dari penderitaan ekonomi yang akan ditimbulkan oleh China kepada dunia karena melakukan hal tersebut,” kata Ratner, merujuk pada potensi China menyerang Taiwan.

Bentrokan China-Taiwan akan mengakibatkan blokade dan serangan terhadap sejumlah kapal kargo, yang akan mengganggu rantai pasokan global. Beberapa negara telah menyuarakan keprihatinan atas situasi yang berkembang dan menyerukan perdamaian dan stabilitas regional ketika China semakin tegas mengenai aneksasi paksa terhadap Taiwan. Selama ini, China telah beberapa kali mengadakan latihan militer di dekat Taiwan, termasuk simulasi blokade maritim dan udara, serangan amfibi, dan operasi kontra-intervensi. Invasi China ke Taiwan akan lebih dahsyat dari perkiraan, kata Letnan Jenderal Stephen Sklenka, Wakil Komandan Komando Indo-Pasifik AS.

Jika AS tidak melakukan intervensi pun, bentrokan antara China dan Taiwan akan memiliki dampak yang lebih dahsyat dan mendalam dibandingkan perang di Rusia-Ukraina. Ini dikarenakan China dan Taiwan sangat terintegrasi ke dalam perekonomian global, kata ekonom politik internasional Min-Hua Chiang. “Bahkan tanpa intervensi militer langsung dari Amerika Serikat, perang Taiwan-China akan menghancurkan perekonomian global seperti senjata pemusnah massal,” ujarnya. Sekelompok ahli strategi militer dan pertahanan menggunakan simulasi untuk menyimpulkan bahwa China akan dikalahkan oleh AS dan sekutunya jika Taiwan diserang. Namun, harga yang harus dibayar untuk itu sangat besar. Menteri Pertahanan China yang baru diangkat, Laksamana Dong Jun, telah mengisyaratkan tindakan militer dengan mengatakan bahwa prospek reunifikasi damai dengan Taiwan semakin terkikis. 

Dia bahkan memperingatkan AS dan sekutunya agar tidak melakukan intervensi dengan mengatakan bahwa kekuatan eksternal yang mendukung Taiwan akan “berakhir dengan kehancuran diri sendiri.” Kekhawatiran bahwa invasi China ke Taiwan dapat menghancurkan perdagangan global juga diutarakan Menteri Dalam Negeri Inggris James Cleverly. Dia mengatakan Selat Taiwan adalah jalur pelayaran penting bagi separuh perdagangan dunia. “Tidak ada negara yang bisa melindungi diri dari dampak perang di Taiwan,” ucapnya. Aneksasi Paksa Bloomberg Economics memperkirakan biaya perang di Taiwan akan mencapai USD10 triliun, yang berarti 10 persen dari total perekonomian global. Di mana pun letaknya di peta global, perekonomian setiap negara akan terkena dampaknya jika China menginvasi Taiwan. “Perang lintas Selat (Taiwan) tidak hanya akan menjadi tragedi kemanusiaan, namun juga akan menghancurkan perdagangan dunia senilai USD2,6 triliun. Tidak ada negara yang bisa melindungi diri dari dampaknya,” kata Cleverly. 

Para pengamat memperkirakan akan adakerugian besar yang dialami AS jika China menginvasi Taiwan, salah satunya adalah melemahnya kepemimpinan global Washington selama bertahun-tahun.

“Bentrokan apa pun di Selat Taiwan akan menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Tidak hanya bagi pihak-pihak yang terlibat, tetapi juga seluruh dunia,” pungkas Gan Kim.

sumber
kokonagaAvatar border
kokonaga memberi reputasi
1
154
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan