Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ban Berlapis Gel Anti Bocor, Akankah Seindah Iklan Cairan Ban Anti Bocor Itu?


Pemotor, kalian pasti tahu atau pernah memasang cairan ban anti bocor di ban motor kesayangan? Awal keluarnya produk ini seperti sebuah inovasi yang sangat bagus, membuat pemotor berburu cairan ini agar tenang dijalan karena tidak khawatir bannya bocor terkena ranjau paku akibat ulah si keparat!

Tapi perlahan mulai banyak tahu, dibalik kelebihan suatu produk ada kekurangannya juga. Yang sering dialami oleh pemotor yang memasang cairan anti bocor ini mulai merasakan kerepotannya saat ingin menambah angin, ya bagian pentilnya seringkali tersumbat cairan ini yang mulai berubah jadi butiran halus mirip pasir karena faktor usia dan pemakaian, itu baru satu kasus belum lagi isu cairan ini bikin velg jadi berkarat.

Inovasi memang harus tiada henti, belum lama ini telah hadir ban anti bocor juga, bedanya formula anti bocornya bukan berupa cairan tapi gel yang menempel pada seluruh dinding bagian dalam ban. Hm, sebuah tawaran yang tidak kalah menarik karena memang ranjau paku semakin meresahkan maka ban motor harus kebal terhadap masalah kebocoran.

Tapi sependek pemikiran saya terobosan ini (masih) bukan mengatasi masalah, istilah kata itu 'mengatasi masalah dengan masalah baru'.Maaf, saya tidak bermaksud menjelekan produk orang lain karena pastinya mereka sudah melakukan riset panjang dan percobaan sedemikian rupa terlebih pembuat ban berlapiskan gel ini sudah ternama bermain di produksi ban dan pengapian mesin motor. Tapi jangan lupakan, dilapangan biasanya ada faktor X diluar pengetahuan manusia.

Yang jadi pertanyaan saya sekarang adalah jika ban sudah 'diolesi' gel ini tentu kalau bicara urusan bobot ban jadi bertambah, pastinya berpengaruh dari segi berkendara seseorang terutama bagi pemula. Sederhananya saja jika kamu memakai sepatu keren tapi bobotnya lebih berat dari sepatu yang biasa kamu pakai pastinya ketika berjalan kaki terasa lebih kaku dan kurang nyaman.


Percobaan garis keras, ban berlapis gel di bor emoticon-Amazed

Bukan itu saja, karena bobot ban jadi lebih berat dari standarnya tentu akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, mengurangi akselerasi, ban lebih cepat botak, suspensi bekerja lebih keras berakibat cepat ganti, mempengaruhi stabilitas kendaraan terutama saat berbelok, bagaimana dengan keluhan pentil tersumbat apakah nanti bisa teratasi, suhu di dalam ban terutama dikecepatan tinggi terkenal ekstrem apakah gel tidak mencair seiring usia pakai, apakah aman untuk velg, jika klaimnya berat ban sama dengan ban versi standar apakah ketebalan ban dikurangi karena lapisan gel menambah berat ban? .. masih banyak pertanyaan lain.

Belajar dari pengalaman lalu pernah menggunakan cairan anti bocor maka saya pribadi lebih baik tidak terburu-buru kemakan iklan seperti halnya penetrasi kendaraan listrik disini yang belum teruji lebih dari 10 tahun. Saya lebih memilih wait and see aja dulu, gimana denganmu Gan?








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref | img : Yutup  



Diubah oleh iskrim 21-04-2024 01:10
fjbpromoAvatar border
ardhanionlineAvatar border
pakdejossAvatar border
pakdejoss dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.3K
141
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan