Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Forum Sebelah Kasih Bocoran, Ini Tips Bagus Beli Motor Listrik Bekas No Ketipu!


Ketika berbicara tentang motor listrik bekas, ada beberapa kasus umum yang sering ditemukan dan dibahas di forum-forum otomotif. Dari sekian banyak bahasan memang isu baterai yang paling sering diperbincangkan sampai berjilid-jilid..

Tidak sampai disitu, persoalan harga baterai yang memang tidak murah, rata-rata baterai bawaannya sudah 'busuk' membuat calon pembeli motor listrik second harus ekstra hati-hati lagi terutama motor bekas ojek online.

Jadi sebelum kepanjangan berikut masalah yang sering menjadi topik diskusi itu saya rangkum di bawah ini:



Degradasi Baterai. Salah satu kekhawatiran utama pemilik motor listrik bekas adalah degradasi kapasitas baterai. Baterai yang sudah tua atau sering diisi ulang dapat mengalami penurunan kapasitas meski sudah di charge penuh, tentu saja ini mempengaruhi jarak tempuh per pengisian.

Usia Pemakaian. Sebisa mungkin belilah motor listrik yang terawat dan jarak tempuh masih sedikit. Dengan melihat angka di odometer kita tahu apakah motor listrik yang dipilih termasuk motor cape atau tidak. Sebaiknya hindari angka odometer yang tinggi karena tidak lama lagi kamu harus mengganti batere baru yang harganya tidak murah.

Perawatan dan Biaya. Meskipun motor listrik memerlukan perawatan yang lebih sedikit, tetapi tetap ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk penggantian komponen seperti baterai, motor listrik, atau komponen elektronik lainnya. Jadi perhatikan kondisi bagian-bagian ini dan pastikan semua dalam keadaan normal.



Kompatibilitas dan Pengisian. Penting untuk memperhatikan kompabilitas pengisian, maksudnya adalah jangan karena sudah terlanjur suka dengan modelnya tapi kesulitan mencari lokasi charge baterai yang cocok karena ternyata tidak menggunakan socket standar pengisian di Indonesia, ujung-ujungnya harus keluar duit lagi untuk membeli konverternya.

Kualitas dan Durabilitas.Karena belum ada yang menjamin secara nyata lebih dari 10 tahun wajar saja ada kekhawatiran tentang kualitas dan durabilitas komponen motor listrik bekas, terutama jika motor tersebut sudah berusia cukup tua atau memiliki riwayat penggunaan yang intensif.

Perihal Garansi dan Dukungan. Motor listrik bekas mungkin tidak lagi memiliki garansi atau dukungan purna jual dari produsen, maka sebelum membeli pastikan ketersediaan part dan suku cadangnya mudah didapatkan. Jangan karena tergiur murah lalu kemudian kesulitan perbaikan dan penggantian partnya.



Ketidakpastian Teknologi. Karena motor listrik saat ini masih dalam tahap perkembangan dan inovasi terus menerus, ada ketidakpastian tentang apakah teknologi yang ada saat ini akan tetap relevan dalam beberapa tahun ke depan. Jadi sebaiknya cari motor listrik yang memiliki teknologi paling terkini dari yang tersedia.

Update Perangkat Lunak. Motor listrik itu seperti perangkat elektronik lainnya, yang mungkin memerlukan update perangkat lunak untuk kinerja atau keamanan. Akan jadi masalah besar jika motor bekas ini tiba-tiba tidak dapat mendapatkan update yang diperlukan dan tidak bisa dioperasikan.



Riwayat dan Pemeliharaan. Sebelum memutuskan membeli mendapatkan informasi tentang riwayat pemeliharaan dan penggunaan sebelumnya bisa menjadi faktor penting dalam memutuskan untuk membeli motor listrik bekas itu, maka sebaiknya cari tahu hal ini.

Harga dan Nilai Jual Kembali. Meski kesempatan motor listrik bisa dijual kembali berikutnya sangatlah tipis tapi faktor merk dan ketertarikan masyarakat terhadap motor ini bisa jadi pertimbangan positif kedepannya.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 19-04-2024 10:14
bobibotaktakAvatar border
swivelzzAvatar border
jlampAvatar border
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
6
448
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan