harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Kawanan Monyet Turun Gunung Serbu dan Berkeliaran di Kota Bandung, Apa Penyebabnya!

Sumber Gambar

Kawanan Monyet Berkeliaran di Kota Bandung: Tanda Bencana Alam, Kekurangan Makanan, dan Kompetisi

Beberapa hari terakhir, ramai dibicarakan oleh masyarakat mengenai kehadiran sekelompok monyet yang berkeliaran di permukiman penduduk Kota Bandung dan daerah sekitarnya. Peristiwa ini telah diabadikan dalam video dan menjadi viral di berbagai platform media sosial. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai faktor pemicu dan perilaku kelompok monyet ini.

1. Indikasi Bencana Alam:
Menurut penjelasan Ganjar Cahyadi, seorang ahli zoologi yang menangani koleksi di Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB), kelompok monyet kemungkinan merespons adanya tanda-tanda bahaya dari alam. Dampaknya, mereka meninggalkan habitat alaminya dan mengembara ke perkotaan. Proses perpindahan ini biasanya terjadi dengan cepat karena primata memiliki insting yang tajam. Namun, jika tidak ada kejadian bencana alam yang tercatat, kemungkinan terdapat faktor lain yang memicu perilaku tersebut.

2. Kekurangan Pasokan Makanan:
Para primata ini mungkin memutuskan untuk mencari makanan di tempat lain karena persediaan makanan di habitat sebelumnya mulai menipis, sementara jumlah populasi monyet terus bertambah.

3. Persaingan dengan Kelompok Lain:
Kawanan monyet cenderung membentuk kelompok-kelompok dengan hierarki yang jelas, dimana satu individu jantan bertindak sebagai pemimpin. Jika persaingan antarkelompok menjadi penyebab perpindahan, kelompok yang kalah kemungkinan akan meninggalkan wilayah sebelumnya. Mereka mungkin melihat kawasan perkotaan sebagai wilayah yang belum dikuasai oleh kelompok lain dan dapat dijadikan sebagai tempat tinggal baru.

Peringatan bagi Penduduk:
Ketika monyet ekor panjang merambah ke dalam pemukiman, masyarakat diimbau untuk tidak mengganggu, mengepung, atau memberi makan kepada mereka. Hal ini dilakukan agar monyet tidak mengalami perubahan perilaku yang dapat membahayakan manusia. Selama tidak ada gangguan atau ancaman langsung seperti serangan atau gigitan, penduduk sebaiknya membiarkan monyet berkeliaran tanpa campur tangan.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memahami dan menghargai keberadaan kelompok monyet ini di tengah-tengah kota Bandung.

Link Referensi
glass69Avatar border
mancitybestAvatar border
bukan.bomatAvatar border
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan