terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Kenapa Perlu Menanam Pohon, Jika Sebagian Besar Oksigen Dihasilkan Oleh Laut?
emoticon-UltahHallo Gansisemoticon-Ultah




Jika disebutkan bahwa oksigen lebih banyak dihasilkan dari laut, itu adalah pernyataan yang benar gansis. Faktanya, sekitar 85% dari total oksigen yang diproduksi setiap saat berasal dari laut 🌅🌊.

Cekidot!!!






Penting untuk diingat bahwa meskipun laut memproduksi sebagian besar oksigen, hal itu tidak mengurangi pentingnya memperhatikan produksi oksigen di darat. Mengemukakan ide bahwa menanam pohon tidak diperlukan karena oksigen sudah dihasilkan di laut bukanlah hal yang tepat. Kita tetap perlu memperhatikan dan menjaga produksi oksigen di darat, karena tanaman dan hutan merupakan bagian penting dari siklus oksigen dan ekosistem bumi secara keseluruhan.

Bagi Agan yang pernah belajar biologi, harusnya Agan sudah menyadari bahwa biologi itu rumit.





Pemanasan pikiran dulu nih gan sebelum memasuki inti jawaban, coba gansis ingat bahwa semua pohon, tidak peduli seberapa besar, dimulai dari kecambah kecil. Ya bukan?




     Diberi waktu yang cukup, kecambah tersebut dapat tumbuh menjadi pohon besar yang memiliki ukuran dan bobot yang signifikan🌱.





Pertanyaannya dari mana material yang didapatkan sebuah pohon selagi dia tumbuh? Apakah dari tanah atau dari udara nih gan?



Yaaapp jawabannya adalah dari udara 💨. Sebagian besar, bahkan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan kilogram bobot yang dimiliki sebuah pohon berasal dari udara bebas. Meskipun tubuh pohon tidak diisi oleh udara, udara yang diserap oleh pohon diolah melalui proses fotosintesis untuk memproduksi zat-zat yang diperlukan.







Udara di atmosfer terdiri dari berbagai komponen gas, salah satunya adalah karbon dioksida. Karbon dioksida ini sangat penting bagi pohon karena akan bereaksi dengan air dengan bantuan cahaya matahari melalui proses fotosintesis, menghasilkan oksigen, gula, dan senyawa organik lainnya seperti protein dan lemak. Gula yang dihasilkan kemudian disimpan dalam bentuk selulosa, yang merupakan salah satu zat utama penyusun tubuh pohon 🌳🌴.



Dengan kata lain, pohon adalah gudang penyimpanan karbon, di samping sebagai pabrik oksigen.







Peran pohon sebagai gudang karbon bagi kehidupan kita sangatlah penting gan. Semakin sedikit pohon yang mampu menyerap karbon, semakin banyak karbon yang terlepas ke udara. Sebagian dari karbon ini akan larut di perairan dan berubah menjadi senyawa baru. Reaksi antara air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) akan menghasilkan asam karbonat (H2CO3), yang dapat berbahaya bagi kehidupan di bawah air karena dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup organisme akuatik🦠.






Ingat gan, sebagian besar organisme akuatik yang akan menjadi korban utama dari pengasaman air adalah ganggang dan fitoplankton, yang merupakan produsen utama oksigen di Bumi. Dengan kata lain, jika kita mengurangi luas cakupan hutan, maka produsen utama oksigen di laut juga akan berkurang. Berdasarkan wikipedia, PH laut sekarang sudah turun 0.1. jadi menanam pohon itu penting supaya kehidupan laut tetap terjaga.






Terlebih lagi, pohon memiliki peran penting dalam ekosistem. Akarnya dapat mencengkram tanah dan mencegah erosi. Batang pohon yang besar mampu menopang mikroekosistem tersendiri, dengan kata lain, pohon menciptakan sebuah dunia tersendiri bagi sejumlah organisme.Tanpa pohon, siklus hujan akan berantakan. Mengapa? Karena berbagai jenis pohon mampu menghasilkan hujan buatan dengan melepaskan serbuk sari dalam jumlah besar yang akan menangkap butiran-butiran uap air. Jika cukup berat, maka butiran air akan turun menjadi hujan. 🌧







Makanya jangan heran jika hutan sering berkabut, sekalipun tidak berada di pegunungan.


Selain itu, TS lebih memilih memiliki 100% keberadaan produsen oksigen daripada hanya 85% yang kita miliki sekarang. Jadi, kenapa kita harus menanam pohon jika sebagian besar oksigen dihasilkan dari laut? Karena peran pohon tidak hanya sebatas sebagai penghasil oksigen saja, tetapi juga sebagai penunjang keberlanjutan lingkungan gan! 🌲🌲


 


Thx udah mampir gan. Byeeemoticon-Hai

Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?



Dentuman keras di bumi yang tidak diketauhi darimana asalnya




Spoiler for sumber dan referensi:




cherokeeroseAvatar border
azhuramasdaAvatar border
pengennyusuAvatar border
pengennyusu dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan