IDTerverifikasiAvatar border
TS
IDTerverifikasi
Mengapa Perutmu "Terasa Turun" Saat Kamu Merasa Cemas?
Mengapa Perutmu "Terasa Turun" Saat Kamu Merasa Cemas?

Saat merasa cemas, kamu mungkin pernah merasakan sensasi aneh di perut yang sering dijelaskan sebagai perut "terasa turun" atau "terbalik". Tetapi, mengapa hal ini terjadi? Apa hubungannya dengan perasaan cemas?

Koneksi antara Otak dan Usus

Untuk memahami fenomena ini, penting untuk memahami koneksi antara otak dan usus. Otak dan sistem pencernaan memiliki koneksi yang kuat, yang dikenal sebagai sumbu otak-usus.

Respons Lawan Atau Lari

Ketika kamu merasa cemas, otakmu memberikan sinyal untuk memobilisasi respons "lawan atau lari". Ini adalah respons instingtif tubuh untuk menghadapi ancaman atau stres. Respons ini menyebabkan pelepasan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Perubahan Aliran Darah Menyebabkan Sensasi "Terasa Turun"

Ketika respons "lawan atau lari" aktif, aliran darah diarahkan ke otot-otot besar tubuh, jantung, dan paru-paru untuk mempersiapkan tubuh untuk bertindak. Akibatnya, aliran darah ke saluran pencernaan berkurang, termasuk ke perut. Hal ini dapat menyebabkan sensasi "terasa turun" atau "terbalik" di perut.

Peran Neurotransmitter

Selain perubahan aliran darah, respons stres juga mempengaruhi produksi neurotransmitter tertentu, seperti serotonin dan dopamin, yang memainkan peran penting dalam regulasi suasana hati dan emosi. Ketidakseimbangan neurotransmitter ini dapat menyebabkan perubahan dalam persepsi tubuh dan menyebabkan sensasi aneh di perut.

Hubungan Intrik antara Psikologi dan Fisiologi

Fenomena ini menunjukkan hubungan yang kompleks antara psikologi dan fisiologi. Perasaan cemas atau stres dapat mempengaruhi tubuh secara fisik, bahkan menyebabkan sensasi tertentu di bagian-bagian tertentu dari tubuh seperti perut.

Meskipun sensasi ini mungkin tidak menyenangkan, penting untuk diingat bahwa itu adalah respons tubuh yang alami terhadap situasi yang menekan atau mengancam. Mengenali dan memahami hubungan antara perasaan cemas dan sensasi fisik ini dapat membantu kita mengelolanya dengan lebih baik. Jika kamu sering mengalami perasaan cemas yang parah atau mengalami masalah pencernaan yang persisten, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.
thecrawlerAvatar border
renofizaldyAvatar border
rinandyaAvatar border
rinandya dan 7 lainnya memberi reputasi
8
683
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan