Kaskus

News

iptekjaya8270Avatar border
TS
iptekjaya8270
AOMINEXT: Sekolah Virtual Berbasis Metaverse
AOMINEXT: Sekolah Virtual Berbasis Metaverse

AOMINEXT: Sekolah Virtual Berbasis Metaverse – Dengan terus berkembangnya teknologi, dunia pendidikan tidak luput dari dampaknya. 
Salah satu perkembangan terkini yang menarik adalah penggunaan Metaverse dan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran. 
Langkah ini tidak hanya menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih imersif, tetapi juga menggambarkan bagaimana inovasi teknologi terus mempengaruhi cara kita belajar dan mengajar. 
Dengan perubahan ini, muncul pertanyaan tentang bagaimana pendidikan di masa depan akan terlihat dan bagaimana teknologi VR dapat meningkatkan pengalaman pendidikan. 
Dalam konteks ini, penting untuk memahami implikasi, manfaat, dan tantangan yang terkait dengan penggunaan Metaverse dalam pendidikan. 

Apa itu Metaverse?
Metaverse merupakan konsep virtual yang mencakup ruang digital yang luas, di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan yang diciptakan secara digital. 
Ini adalah evolusi dari dunia maya, di mana pengguna tidak hanya mengonsumsi konten digital, tetapi juga aktif terlibat dalam menciptakan dan berinteraksi dengan konten tersebut. 

Dalam Metaverse, pengguna dapat membuat avatar digital yang mewakili diri mereka sendiri dan menjelajahi berbagai ruang virtual, seperti kota-kota, tempat-tempat hiburan, ruang belajar, dan banyak lagi. 
Konsep ini telah menjadi fokus penelitian dan pengembangan dalam industri teknologi, dan banyak perusahaan besar yang tertarik untuk membangun platform Metaverse mereka sendiri. 
Dengan kemajuan teknologi seperti realitas virtual (VR), augmented reality (AR), dan blockchain, Metaverse semakin mendekati visi sebuah dunia digital yang sepenuhnya terintegrasi dan terhubung.

Metaverse di Dunia Pendidikan
Penggunaan Metaverse dalam pendidikan membuka peluang baru bagi siswa untuk mengakses pembelajaran tanpa harus hadir secara fisik di kelas. 
Hal ini menggambarkan evolusi pendidikan menuju platform digital yang lebih interaktif.

Kolaborasi dengan AOMINEXT
Kerjasama antara Yuushi International High School dan AOMINEXT menunjukkan betapa pentingnya kemitraan antara lembaga pendidikan dan perusahaan teknologi. 
Dengan dukungan perusahaan pengembang VR, mereka dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih imersif.

Kurikulum Pendidikan Konvensional dengan AOMINEXT
Meskipun menggunakan teknologi canggih, sekolah tersebut tetap berkomitmen untuk menjalankan kurikulum yang telah ditentukan oleh otoritas pendidikan Jepang. 
Hal ini menunjukkan bahwa pengenalan Metaverse tidak menggantikan esensi pendidikan konvensional, tetapi mengkomplementasi dan meningkatkannya.

Aksesibilitas Teknologi
Untuk memastikan partisipasi semua siswa, AOMINEXT berkomitmen menyediakan perangkat VR secara gratis bagi mereka yang tidak memiliki akses. 
Ini penting untuk menghindari kesenjangan akses teknologi dan memastikan inklusivitas pendidikan.

Platform ‘Planeta’
Penggunaan platform Metaverse yang terkemuka seperti ‘Planeta’ menunjukkan bahwa sekolah tersebut mengadopsi teknologi yang telah diuji dan diakui. 
Ini dapat meningkatkan pengalaman siswa dan memastikan kualitas pembelajaran yang baik.

Pembelajaran Konten VR dan Esports dengan AOMINEXT
Inisiatif untuk mengajarkan siswa tentang pembuatan konten VR dan mengadakan turnamen esports di Metaverse menunjukkan pendekatan inovatif dalam menyajikan materi pembelajaran. 
Hal ini juga dapat merangsang minat siswa dalam bidang-bidang kreatif dan teknologi.


Sumber : Iptek

0
18
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan