padanglurus1Avatar border
TS
padanglurus1
Pemerintah Arahkan Pelabuhan Patimban Sebagai Center of Gravity Jabar dan Jateng

Pemerintah telah membuat proyeksi ekonomis masa depan terhadap tujuan pembangunan pelabuhan internasional Patimban yang terletak di Subang, Jawa Barat. Salah satu proyek infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional ini dimaksudkan menjadi  pusat baru pengembangan ekonomi dan industri luar Jakarta, sekaligus menjadi motor baru penggerak roda bisnis terutama di Kawasan Rebana yang meliputi daerah Cirebon, Subang, dan Majalengka.
Oleh karena itu, selain membantu kemudahan sektor logistik dan menguntunkan, maka operasional Pelabuhan Internasional Patimban juga membuka peluang investasi untuk usaha-usaha penunjang pelabuhan. Adanya pembangunan Pelabuhan Patimban memberikan perubahan potensi ekonomi lokal antara lain dengan terbukanya lapangan pekerjaan di sektor infrastruktur dan membuka peluang UMKM khususnya yang bergerak di sektor kuliner dan penginapan. “Pelabuhan itu adalah alat untuk ekonomi tumbuh. Di seluruh dunia, tidak ada kota pelabuhan yang tidak maju. Oleh karena itu, Patimban dan Subang tentunya akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Investor Daily Dialog yang bertajuk “Patimban dan Masa Depan Ekonomi” di Pamanukan, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/1/2024).

Peluang menjadi pusat baru pertumbuhan ekonomi  dan strategis di masa depan itu tak lepas dari keberadaan sejumlah proyek pendukung seperti Bandara Kertajati dan akses jalan tol. Sehingga Pelabuhan Internasional Patimban yang akan terkoneksi dengan jalan tol akses pelabuhan juga mendukung penurunan biaya logistik karena mempercepat waktu tempuh dari Kawasan Industri ke pelabuhan. Kondisi yang pada gilirannya juga berdampak pada efisiensi pemakaian bahan bakar serta menekan ongkos transportasi dengan meningkatkan frekuensi distribusi barang. “Patimban diharapkan bisa menjadi center of gravity untuk Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tentu bisa ekspor langsung dengan biaya lebih sedikit, lebih murah. Karena persaingan kita bukan hanya dengan diri kita sendiri, tetapi juga dengan negara lain. Kalau negara lain, biaya logistik kurang dari 10%, Indonesia baru menargetkan 8% di tahun 2045,” ungkap Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga dihadapan para investor, pelaku usaha, dan mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa return dari Pelabuhan Patimban tentu menjadi daya tarik bagi investor dalam jangka panjang. Sementara itu, bagi Pemerintah, multiplier effect yang tercipta dari pembangunan Pelabuhan Patimban menjadi suatu hal yang penting. “Jadi, pelabuhan ini menjadi pengungkit untuk kawasan,” kata Menko Airlangga.

Terakhir, Menko Airlangga juga mendorong generasi muda untuk turut andil dalam proses pertumbuhan kawasan sekitar Patimban. Dukungan dari para pelaku usaha juga sangat diperlukan untuk mengembangkan Pelabuhan Internasional Patimban, sehingga semakin membuka kesempatan lapangan kerja dan mengoptimalkan pemanfaatan Pelabuhan Internasional Patimban bagi kemajuan ekonomi.
infokilat113Avatar border
infokilat113 memberi reputasi
-1
108
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan