Di era sekarang akses informasi semakin luas dan mudah dijangkau sehingga memungkinkan bagi seorang desainer untuk mengeksplor lebih banyak ide dalam pembuatan iklan. Meskipun demikian, ide dalam pembuatan iklan sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Seorang pembuat iklan harus memutar otak bagaimana caranya dalam menghasilkan iklan yang bukan hanya menarik perhatian tetapi pesan yang hendak disampaikan juga harus berhasil. Itulah mengapa profesi pembuat iklan memerlukan orang-orang yang mampu berpikir keras dan di luar kotak.
Dengan research & development yang panjang dan pengeluaran dana yang banyak untuk mengembangkan konsep iklan, beberapa perusahaan banyak yang berhasil dan terbilang sukses besar dalam pembuatan iklan. Seperti yang ditunjukkan oleh beberapa iklan inspiratif berikut ini yang bukan hanya menarik perhatianmu tapi memberikanmu pandangan baru terkait bagaimana menilai suatu makna. Penasaran seperti apa iklan-iklan tersebut, mari kita amati pada thread berikut!
Quote:
1. Iklan DHL yang memanfaatkan space di eskalator
Tidak ada yang menyangka bahwa space eskalator dapat dijadikan media periklanan yang luar biasa, apalagi jika eskalator bersamping-sampingan dengan tangga seperti contoh di atas. Jika pembuat iklan bukanlah seseorang yang menghabiskan research & development yang panjang, mungkin saja iklan seperti ini tidak akan terpikirkan apalagi terealisasi. Oleh sebab itulah suatu tim pembuat iklan harus benar-benar cerdas dalam memanfaatkan semua objek yang potensial untuk dijadikan media periklanan.
Quote:
2. Iklan Lays yang berwujud seperti balon ditujukan untuk menyampaikan makna mendalam
Iklan yang dibuat bagaikan balon terbang ini ditujukan untuk menyampaikan maksud bahwa produk Lays Light terasa sangat ringan saat dimakan. Saking ringannya bahkan bisa terangkat ke udara bagaikan balon. Nah model iklan hiperbola seperti ini sebenarnya tidak ada salahnya dicoba ketimbang membuat iklan pada baliho dengan gambar statis yang kurang menarik perhatian.
Quote:
3. Iklan Hemat listrik
Iklan yang dibuat oleh perusahaan listrik Afrika Selatan ini dieksekusi dengan sangat matang hingga konsep di luar nalar ini lahir. Pada papan baliho kali ini hanya satu lampu saja yang dinyalakan, memaksimalkan pesan yang ingin disampaikan dari pesan pada iklan ini. Wah idenya cukup inspiratif juga ya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghemat penggunaan listrik.
Quote:
4. Iklan yang pasti sudah kamu ketahui
Tanpa panjang-lebar, gansis pasti sudah tahu bahwa iklan ini berasal dari perusahaan apa. Yups benar sekali, iklan ini adalah iklan buatan McD yang dibuat hanya memanfaatkan cahaya lampu. Dengan memanfaatkan sudut pantulan cahaya, logo McD bisa dibuat dengan brilian sehingga tak perlu menulis ulang logo tersebut pada papan baliho. Iklan yang dibuat dengan konsep simplicity ini dapat terbilang sangat sempurna dari segi biaya, makna yang disampaikan, dan keunikan.
Quote:
5. Iklan yang memanfaatkan satu gedung untuk menunjukkan bagaimana kualitas superior dari produk
Menurut gansis sendiri iklan ini dibuat oleh perusahaan apa? Yups betul sekali, iklan ini dibuat oleh perusahaan Royal Baking Powder yang menunjukkan bahwa produknya sungguh superior. Dengan menggunakan produk Royal Baking Powder, mau membuat kue seukuran gedung pun bisa. Itu dia pesan yang hendak di sampaikan oleh iklan ini. Iklan tersebut terkesan hiperbola meskipun hal yang disampikan benar adanya.
Quote:
6. Iklan solatip yang memanfaatkan objek besar bagaikan solatip besar.
Iklan yang dibuat oleh perusahaan Penline stationary ini dieksekusi dengan sangat kreatif dimana iklan yang dibuat sama sekali tidak menuliskan kata-kata pada papan baliho melainkan hanya menampilkan gambar produk dan ilustrasinya namun dalam skala besar. Wow! benar-benar taktik iklan di luar nalar. Dengan cara periklanan seperti ini orang-orang pasti menjadi mudah mengingat, yakni jika ingin membeli solatip belilah merk Penline.
Quote:
7. Iklan layanan masyarakat dengan ilustrasi yang sungguh realistis
Kepolisian lalu lintas Colorado, Amerika Serikat menghimbau masyarakatnya agar tidak mengemudi pada blindspot kendaraan truk atau tronton. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kecelakaan tabrakan paling banyak terjadi adalah akibat kendaraan yang berada pada blindspot. Oleh sebab itulah jika gansis mengemudikan kendaraan setidaknya berilah jarak 10 meter agar terhindar dari kecelakaan maut seperti ilustrasi iklan di atas.
Itu dia 7 iklan inspiratif yang memanfaatkan objek tak terduga dalam pembuatannya. Hanya dari melihat beberapa iklan tersebut saja kita dengan mudahnya mengingat dan menyimpan informasi penting dari iklan tersebut akibat desain iklan yang sungguh di luar nalar. Itu dia mengapa suatu perusahaan harus memutar otak dan melakukan research & development yang panjang agar iklan yang dibuat mudah menarik perhatian dan pesan yang disampaikan juga mudah dimengerti oleh pembaca. Dari 7 iklan di atas, nomor berapakah yang membuatmu sulit melupakannya? tuliskan di kolom komentar!
Sumber :
Disini