sofyantomsi
TS
sofyantomsi
PRODUK UNIK INDUSTRI KECIL SAMBAL NENAS IKAN ROA KHAS BOLAANG MONGONDOW



sambal nenas ikan roa




Ikan roa  merupakan salah satu sumber kekayaan maritim Indonesia yang sudah dikenal luas masyarakat dan kerap dijadikan produk industri kecil. Dan  salah satu daerah yang suka mengkomsumsi ikan roa itu adalah masyarakat Kota Menado.

Di wilayah kota Manado, ikan roa ini diolah oleh masyarakatnya dengan teknik pengasapan atau dalam bahasa daerahnya  dibilang di pupu. Tehnik ini sudah lazim digunakan oleh sebagian besar pedagang  maupun nelayan  di semua jenis ikan, terutama ikan cakalang dan ikan roa.

Kalau anda berjalan-jalan sekitar pinggiran pantai malalayang atau kawasan kecamatan sario, maka akan mudah di jumpai para pedagang ikan cakalang dan ikan roa pupu. Bisnis ikan roa ini terbilang menjadi bisnis menjanjikan dan sudah banyak dilirik oleh pelaku industri kecil.


Lain Manado, lain juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, ikan roa ini di olah pelaku industri kecilnya bersama-sama dengan buah nenas hingga menjadi sambal nenas ikan roa.

Kabupaten Bolaang Mongondow sudah di kenal luas masyarakat Sulawesi Utara sebagai lumbungnya buah nenas yang terkenal manis  karena hidup di dataran tanah berkapur. Kapur itu sendiri memiliki fungsi mempertahankan derajat keasaman tanah di kondisi normal. Jadi masuk akal kalau buah nenas asal kabupaten Bolaang Mongondow itu gurih dan manis.

Produk industri kecil Sambal nenas Roa

Atas keunggulan buah nenas ini, maka di coba untuk mengkombinasikan antara buah nenas dan ikan roa menjadi sebuah produk industri kecil dengan nama sambal nenas ikan roa. Proses pembuatannya tidaklah gampang dan mudah, karena harus ada takaran yang tepat antara buah nenas dan ikan roanya sehingga tidak ada perubahan cita rasa saat menjadi sebuah produk industri kecil.

Sambal nenas ikan roa, termasuk dalam kategori produk makanan khususnya bumbu dapur. Sehingga dapat diolah menjadi produk turunan lainnya semisal nasi goreng sambal nenas roa

Selain unik dan satu-satunya  produk hasil kombinasi buah dan ikan, cita rasanya ternyata cukup gurih dan enak. Dikemas dalam wadah botol plastik lada dengan berat bersih 125 gram.


Keunggulan :
>Praktis dan mudah di bawa kemana-mana
>Murah hanya  dibandrol Rp.17.000/pcs 
>Tahan lama 5 – 6 bulan 
>Tidak perlu tempat khusus penyimpanannya

Baca juga


Produk OVOP Kab. Bolaang Mongondow
0
357
0
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan