Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

malaskerjaAvatar border
TS
malaskerja
Operasi Relawan Siapkan Menkominfo Baru dengan Jokowi
Operasi Relawan Siapkan Menkominfo Baru dengan Jokowi



Empat pekan sudah Johnny G Plate mendekam sebagai tahanan Kejaksaan Agung saat istana mulai mencari penggantinya untuk menduduki kursi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Secarik kertas berisi kandidat menkominfo baru pun disetor kelompok relawan ke lingkar pertama kekuasaan. Tak ada nama utusan partai. Apalagi nama politisi NasDem. Hanya nama bos-bos relawan yang tercantum.

Ada beberapa nama populer, seperti Budi Arie Setiadi dan Paiman Raharjo. Ada pula nama mantan menteri yang sering membantu Jokowi sejak pemenangan periode kedua. Budi Arie adalah Ketua Pro Jokowi (Projo). Sementara Paiman adalah Ketua Relawan Sedulur Jokowi.

Seorang sumber CNNIndonesia.com di pemerintahan menyebut Jokowi memang ingin memberi posisi Menkominfo untuk relawan. Balas jasa dan loyalitas disebut jadi alasan Jokowi memberikan jatah yang semula milik NasDem itu ke barisan pendukung dari unsur relawan.

"Semuanya relawan, ada beberapa nama. Memang ini buat relawan," ungkap sumber tersebut.

Keinginan Jokowi itu sempat menimbulkan kekhawatiran di lingkar istana. Posisi Menkominfo sedang menjadi sorotan publik karena kasus korupsi proyek menara BTS yang menyeret menteri asal NasDem Johnny Plate.

Di saat yang sama, ada kekhawatiran publik akan menolak Menkominfo baru dari kalangan relawan.

Meski demikian, keputusan final tetap di tangan Jokowi. Kertas berisi nama kandidat menteri dari kalangan relawan itu pun disetor ke Jokowi.

Pada hari Minggu (15/7) sore, beberapa relawan membocorkan surat undangan pelantikan menteri. Salinan undangan disebar via aplikasi berkirim pesan beberapa jam setelah pidato berapi-api Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Gelora Bung Karno.

Publik seolah langsung lupa dengan gegap gempita acara NasDem di GBK. Nama pengganti Johnny Plate langsung mengisi ruang diskusi publik.

Satu nama bos relawan pun disebut-sebut sebagai Menkominfo baru Budi Arie Setiadi atau biasa disapa Muni.

"Ternyata (respons publik) enggak semengerikan itu kan. Yang ngomel cuma pendukung Ganjar karena Projo dianggap lebih dekat dengan Prabowo," kata sumber itu seraya tertawa.

CNNIndonesia.com telah berupaya menghubungi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk meminta konfirmasi tentang pernyataan tersebut. Namun, Pratikno tak merespons hingga berita ini tayang.
Jauh sebelum Plate tersangka

Pada pertengahan Desember 2021 lalu, ponsel Ketua Umum Bara JP Utje Gustaaf Patty berdering. Satu pesan masuk dari salah satu tokoh relawan Jokowi

Pesan itu berisikan panggilan kepada Utje dan sejumlah tokoh relawan lainnya ke istana. Permintaan disebut langsung berasal dari Jokowi.

Tak lama berselang, tepatnya Kamis, 23 Desember 2021. Utje hadir di Istana Kepresidenan Bogor. Ia hadir bersama Panel Barus dari Projo, Adian Napitupulu dari Pospera, Pitono dari Penggerak Jakarta Baru, dan Immanuel Ebenezer dari JokowiMania.

Salah satu pembahasan hari itu adalah langkah menghadapi Covid-19. Jokowi meminta masukan dari para pendukungnya.

Mereka lantas memberi masukan berupa program kebijakan. Selain itu, para relawan juga menyodorkan nama kolega mereka untuk menjadi menteri.

"Pak kalau bapak butuh akselerasi, seandainya terjadi pergantian, ini lho teman-teman kita," kata Utje ke Jokowi saat itu. Utje bercerita kepada CNNIndonesia.com, saat ditemui di Kayu Putih, Jakarta, Kamis (20/7).

Utje bilang ada empat nama yang disetor ke Jokowi. Mereka adalah Budi Arie, Andi Gani Nena Wea, Hilmar Farid, serta Roy Maningkas. Nama-nama itu sudah disepakati para relawan sebelum menghadap ke Jokowi.

Nama bos-bos relawan yang diajukan itu tak spesifik untuk kandidat Menkominfo. Akan tetapi mereka berharap nama-nama itu diberi posisi menteri di kabinet Jokowi.

"Saya berharap tidak cuma berhenti di situ (penunjukan Budi Arie sebagai menkominfo), masih ada tiga nama yang lain ini yang kita usulkan. Mudah-mudahan secara berurutan bapak bisa mengakomodir mereka," ucap Utje.
Simbol loyalis Jokowi

Dasi merah tersemat di dada Budi Arie saat ia menapakkan kaki di istana pagi itu. Kopiah, jas dan sepatu hitam mengantarnya ke pelantikan menjadi Menkominfo.

Budi Arie tak datang sendiri. Ia didampingi sejumlah relawan Jokowi saat menghadiri pelantikan. Beberapa di antaranya Sekretaris Jenderal Projo Handoko dan Bendahara Umum Projo Panel Barus.

Ia mengaku sudah dikabari akan menjadi Menkominfo sepekan sebelum pelantikan. Sehari sebelum resmi dilantik, Budi Arie pun mengumpulkan bos-bos relawan Jokowi di Jakarta.

Budi tampak ingin merayakan pencapaian besar barisan relawan lewat pesta kecil-kecilan di kawasan SCBD. Namun, ia tak membeberkan ke kawan-kawannya bahwa ia akan dilantik keesokan paginya.

"Banyak hal kita bicarakan, tetapi terkait pengangkatan dia sebagai Menkominfo itu tidak ada komunikasi. Terlebih kadang kita tahu Pak Jokowi itu kan kalau belum dilantik sebetulnya itu belum pasti," ucap Utje.

Utje mengaku bahagia dengan keputusan Jokowi menunjuk Budi Arie sebagai Menkominfo. Dia mengatakan Budi Arie adalah orang yang punya loyalitas tinggi kepada presiden

Selain itu, kehadiran Budi Arie di kabinet juga bisa jadi benteng Jokowi. Utje menganggap Jokowi jadi terbebas dari prahara jatah menteri partai pendukung setelah wakil NasDem terseret korupsi.

"Yang dia gantikan adalah orang parpol. Seandainya diboyong dari parpol lain, akan menimbulkan resistensi," ucapnya.

Misi untuk Muni

Muni, sapaan akrab Budi Arie, langsung dapat serenceng tugas dari Jokowi usai dilantik menjadi Menkominfo.

Jokowi ingin Muni menuntaskan pembangunan infrastruktur digital, termasuk proyek menara BTS 4G. Perlindungan data hingga pemberantasan judi online serta hoaks juga dititipkan ke Muni.

Tak hanya itu, ada misi khusus untuk Muni terkait Pemilu 2024. Jokowi ingin Muni memastikan pemilu berjalan damai lewat berbagai saluran.

"Nah yang itu tadi disampaikan, semuanya harus kita maknai Pemilu 2024 dengan lebih sejuk, boleh berbeda, tetapi juga lebih produktif bagi kualitas demokrasi kita," kata Muni di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (21/7).

Bendahara Umum Projo Panel Barus mengatakan kelompok relawan siap mengawal Budi Arie untuk menuntaskan tugas yang diberikan Jokowi.

"Apa pun yang jadi perintah, tugas, tanggung jawab yang diberikan Pak Jokowi kepada kita, siapa pun itu, termasuk Mas Budi, dalam kerangka menyukseskan pemerintahan ini apa pun kita harus siap," kata Panel kepada CNNIndonesia.com, Kamis (20/7).

Panel pun menyatakan mereka sebelumnya sudah mengetahui Nezar Patria akan mendampingi Budi jadi wakil menteri.

Ia yakin keduanya akan berhasil memegang Kementerian Kominfo ke depannya. Mengingat, mereka telah mengenal sejak lama.

"Saya pikir ini duet maut ini berdua," ucapnya.

Ia menyebut Nezar sebelumnya juga kerap bersilaturahmi dengan Budi. Ia pun mengaku senang atas pilihan Jokowi dengan menduetkan Budi dengan Nezar. Menurutnya, kedua telah memiliki chemistry satu sama lain.

"Jadi, beberapa tugas prioritas yang disampaikan Presiden, saya optimis bisa segera terealisasi," ujar dia.

Catatan redaksi: Berita dikoreksi pada pukul 15.00 WIB, untuk mengoreksi tanggal pemanggilan relawan ke Istana dari semula 28 Juni 2022 menjadi pertengahan Desember 2021, setelah mendapat perbaruan informasi dari narasumber.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...engan-jokowi/2

gw asumsi menkominfo kali ini lebih berbobot daripada si belatung sembelit

salah satu PR utama adalah menghapus monopoli frekuensi LTE 2300 MHz oleh opsel plat merah

kita sudah jauh ketinggalan dari China dan India, mereka semua pakai LTE 2300 MHz, yang mana cost nya jauh lebih murah, sehingga harga internetnya juga lebih murah (tapi karena opsel plat merah banyak pungli,maka harga internetnya tetap dimahalin)

Zaman bekatul sembelit, opsel plat merah monopoli sebagian besar frekuensi LTE 2300 sementara sebagian kecil diberikan ke smartpret

opsel2 lain hanya berkutat di frekuensi2 lain, yang mana biaya operasional mahal, sehingga paket juga jadi mahal

monopoli ini sudah cukup lama, zaman belatung sembelit, disamarkan dengan istilah "penataan frekuensi 2300 MHz"

Mang jumlah opsel di Indonesia ada berapa si ? tri sudah gabung sama xl, terus area jawa sono ada ceria yg area terbatas, smartpret juga terbatas areanya emoticon-Ngacir

Buka frekuensi TDD LTE untuk semua opsel Indon kalau berani lawan telkompret emoticon-Big Grin
bukan.bomatAvatar border
bukan.bomat memberi reputasi
1
530
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan