Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekadrunAvatar border
TS
amekadrun
Syamsul Anwar Berharap Tafsir At-Tanwir Selesai dan Kalender Islam Global Segera
Syamsul Anwar Berharap Tafsir At-Tanwir Selesai dan Kalender Islam Global Segera Diterapkan

by ilham

 

 2 mins ago



MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG—Acara Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tarjih secara resmi ditutup oleh Ketua PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, pada Ahad (23/07) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan terima kasih kepada UMM atas segala fasilitas yang disediakan, sehingga acara ini dapat sukses terlaksana.

“Terima kasih kepada UMM, terutama kepada Bapak Rektor Pak Fauzan, yang telah menyediakan gedung dan fasilitas lainnya untuk pelaksanaan acara ini. Kami juga berterima kasih kepada panitia lokal dan pusat atas kerjasama yang baik,” ujar Syamsul Anwar.

Syamsul juga mengungkapkan bahwa Majelis Tarjih akan menjelang usia satu abad pada tahun 2027. Meskipun disahkan pada tahun 1928, ide pembentukan Majelis Tarjih telah ada sejak tahun 1927, berdasarkan Muktamar Muhammadiyah di Pekalongan.

Menjelang Majelis Tarjih berusia satu abad, Syamsul menekankan pentingnya menyelesaikan proyek tafsir at Tanwir. Tafsir yang mengandung unsur tahlili cum maudhui ini memiliki empat etos utama, yaitu ibadah, ekonomi, sosial, dan keilmuan. Dengan melibatkan potensi ulama Muhammadiyah dari berbagai wilayah, Syamsul optimis proyek ini dapat diselesaikan sebelum tahun 2027.



“Kita memiliki banyak tenaga dari wilayah-wilayah Muhammadiyah yang dapat dimaksimalkan. Saya telah menegaskan kepada Pak Ustadi, akan muncul banyak masalah jika proyek ini diterbitkan per jilid, sehingga harus diselesaikan secara utuh. Targetnya adalah menyelesaikan 30 Juz sebelum tahun 2027,” tambahnya.

Selain proyek Tafsir at-Tanwir, Syamsul juga berharap agar Kalender Islam Global dapat segera terealisasi dalam rangka meraih misi menebus utang peradaban. Selama ini, umat Islam belum memiliki kalender yang terpadu dan ini menjadi langkah penting untuk menyatukan kalender Islam secara global.

Kalender Islam Global memiliki prinsip-prinsip perumusan yang meliputi penerimaan hisab, transfer visibilitas hilal (imkanu rukyat), kesatuan matlak, keselarasan hari dan tanggal di seluruh dunia, serta penerimaan Garis Tanggal Internasional yang berlaku saat ini. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kalender unifikatif dengan ketentuan satu hari satu tanggal di seluruh dunia, sehingga meminimalkan perbedaan dalam penanggalan kamariah.

“Peserta Rakernas Tarjih harus memahami unsur-unsur dasar dari Kalender Islam Global, mulai dari pengertian, manfaat, urgensi, dan syarat-syaratnya. Ini penting karena penyatuan kalender Islam secara global dianggap sebagai pembaharuan dan citra positif bagi umat Islam di mata internasional,” ucap Syamsul yang kemudian menutup acara Rakernas dengan ucapan hamdalah.


https://www.google.com/url?sa=t&sour...qO0hK9YoqJm6CR


Mudah-mudahan diterapkan di Indonesia, jadi liburnya Jum'at, Sabtu n mingguemoticon-Big Grin

amekachiAvatar border
nomoreliesAvatar border
isdiantoawakAvatar border
isdiantoawak dan 3 lainnya memberi reputasi
4
976
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan