Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanggelandaftarAvatar border
TS
kanggelandaftar
Perusahaan yang Undang Nikuba ke Italia Buka Suara, Begini Katanya
Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 18 Jul 2023 12:08 WIB

Jakarta - Nikuba, alat yang disebut bisa mengubah air jadi bahan bakar diundang perusahaan PT Octagon Precision Indonesia yang memiliki induk di Italia. Kini perusahaan tersebut buka suara.
detikOto coba menghubungi Sumardi perwakilan dari PT Octagon Precision Indonesia terkait kegiatan Nikuba saat di Italia. Seperti diketahui, sebelumnya Nikuba disebut menyedot atensi perusahaan penyedia energi Ferrari dan Lamborghini.

Saat disinggung, Sumardi tidak menjelaskan bagaimana Nikuba dipresentasikan di Italia. Dalam akun facebook, Aryanto Misel sempat mengunggah kegiatan di acara pameran otomotif MIMO yang digelar pada 16-18 Juni 2023, di Milan, Italia.


"Untuk saat ini izinkan kami fokus kepada pengembangan inovasi menuju ke tahapan technology readyness level uji dan engineering," jawab Sumardi saat ditanya bagaimana kegiatan Nikuba saat di Italia kepada detikcom, Selasa (18/7/2023).

"Demikian dari kami," singkatnya.

Sumardi belum merespons terkait maksud dari pernyataan tersebut. Termasuk soal status Nikuba yang disebut pada tahap pengembangan inovasi.

Seperti diketahui dalam laman tniad.mil.id disebutkan Nikuba mendapat kesempatan untuk dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan. Penemu Nikuba, Aryanto ditemani tim yang terdiri dari Sumardi dan Immanuel
Hutapea untuk memenuhi undangan tersebut.


Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membenarkan salah satu penelitinya bertemu yang dengan penemu Nikuba, Aryanto Misel di Italia. Ternyata antara BRIN dan Aryanto Misel disponsori oleh perusahaan yang sama.


"Kebetulan periset itu di bawah saya, jadi mengkonfirmasi bahwa memang datang ke Italia atas undangan mitra kerja sama kami dengan teknologi yang berbeda. Teknologi yang kita kerja sama adalah motor listrik, tidak ada kaitannya sama sekali. Cuma kebetulan sponsornya sama, sehingga akhirnya bertemu karena sponsornya sama," kata Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu saat konferensi pers di kantor BRIN, kawasan Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

"(Diundang) Perusahaan motor listrik, basisnya di Indonesia, jadi mitra kami ada induknya di Italia, nah mitra kami yang mengundang pak Misel ke induknya untuk mempresentasikan, nah induknya ini yang ke Cirebon," tambah dia.

Kendati diundang oleh pihak yang sama, keduanya punya misi berbeda. Haznan mengatakan Aryanto membawa misi khusus terkait Nikuba, sementara peneliti BRIN memiliki kerjasama soal teknologi motor listrik.

Kepala Pusat Riset dan Konservasi Energi BRIN Cuk Supriyadi mengatakan mitra BRIN yang mengundang ke Italia yang dimaksud merupakan distributor merek Gesits.

"Ya (PT Octagon Precision Indonesia) dan Gempacs," kata Cuk saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (14/7/2023).

PT Octagon Precision Indonesia saat ini diketahui memiliki unit bisnis sebagai pemasaran motor listrik Gesits di Indonesia. Sedangkan Gempacs, dalam situs resminya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mobilitas motor listrik tempel untuk perahu serta pengisian daya di pelabuhan dan layanan Internet of Thing (IoT).

"(PT Octagon Precision Indonesia) Salah satunya itu (menjual motor listrik Gesits). Kami kerja sama pengembangan motor listrik untuk pengguna perahu listrik," tambah Cuk.

Nikuba dalam laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual sudah terdaftar sebagai merek dengan nomor permohonan DID2022054964 dengan tanggal dimulai perlindungan 28 Juli 2022 dan berakhir berlindungan 28 Juli 2032.

Penjelasannya masuk dalam jenis barang atau jasa; unit elektrolisis untuk mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Pemiliknya bernama H. Aryanto Misel yang beralamat di Cirebon, Jawa Barat.

DetikOto juga sudah menghubungi Aryanto Misel untuk mengetahui perkembangan Nikuba, namun yang bersangkutan belum merespons.

https://oto.detik.com/berita/d-68287...ntent=detikoto

Jadi bukan Brin membuntuti ya 😜

Tapi memang sama-sama diundang

Aneh juga sih, apa BB air/hidrogen barang baru bagi perusahaan Italia?
Kok kayak gini mau ngundangemoticon-Bingung


Jangan ² sebentar lagi Ironman Indonesia bakal dapet undangan jugaemoticon-Ultah

*Google translate br*ngsekemoticon-Marah
Diubah oleh kanggelandaftar 24-07-2023 12:15
xneakerzAvatar border
BALI999Avatar border
nomoreliesAvatar border
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan