- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
KKN Untag Surabaya 2023: Pelatihan Pembuatan Konten Digital di Desa Pohkecik


TS
venezianovar466
KKN Untag Surabaya 2023: Pelatihan Pembuatan Konten Digital di Desa Pohkecik
Mojokerto, 05 Juli 2023, Venezia Novarinai, salah satu mahasiswi Uiversitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pohkecik, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Novi Andara, SS., M. Pd
Perguruan Tinggi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) merupakah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur tepatnya di Kota Surabaya. UNTAG memiliki tugas serta fungsi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tiga bidang yang menjadi pedoman utama dalam pelaksanaan pendidikan, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu upaya UNTAG dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN masuk di dalam bidang pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kulitas sumber daya dan memanfaatkan potensi – potensi yang ada di suatu daerah. UNTAG mengusung tema besar KKN yaitu “Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal”. Adapun program utama dari Kelompok R20 ialah “Penguatan Sumber Perekonomian Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal dan Digitalisasi”

Anggota Bidang Ekonomi Kreatif
Banyak potensi lokal yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan sumber perekonomian dengan memanfaatkan digitalisasi, salah satunya adalah UMKM. Pada era saat ini UMKM sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pembisnis. Internet memudahkan segala aspek kehidupan mulai dari pendidikan hiburan, informasi, pelayan publik, pengetahuan, iklan, investasi, interaksi atau komunikasi, serta bisnis dan berjualan. Adanya internet diharapkan menjadi instrumen pendukung dan penguat para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dalam mengembangkan bisnis dan memasarkan jualannya. Pelaku ekonomi kreatif dan UMKM harus bisa memanfaatkan digitalisasi agar dapat bersaing dengan dunia bisnis secara ketat.
Upaya dalam memanfaatkan digitalisasi untuk bisnis ialah dengan memasarkan hasil produksi dengan media digital atau biasa disebut digital marketing. Menurut Andi Gunawan, 2029, digital marketing merupakan segala upaya yang dilakukan dalam hal pemasaran dengan menggunakan perangkat yang terhubung internet dengan beragam starategi dan media digital dengan tujuan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen dengan saluran komunikasi online. Dalam hal ini, konten digital merupakan suatu strategi yang berupa video, tulisan, foto, atau yang lainnya. Salah strategi digital marketing adalah dengan pembuatan konten digital. Konten digital dapat digunakan sebagai media promosi suatu usaha sehingga dapat meningkatkan penjualan UMKM. Selain itu, konten digital juga dapat mencerminkan kualitas suatu usaha. Maka dari itu, pelatihan pembuatan konten digital sangat penting bagi pelaku UMKM.

Penyampaian Materi
Salah satunya adalah pelatihan kepada UMKM Masiya Lemon yang didirikan oleh Ibu Lina. Dalam pelatihan tersebut, pertama saya memberikan materi secara teori mulai dari pengertian digital marketing hingga apa saja manfaat konten digital untuk UMKM. Setelah teori disampaikan dan dipahami oleh Ibu Lina, saya mempraktekan untuk pengambilan video yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai konten e-commerce, sosial media, dll. Praktek pengambilan video juga dilakukan oleh Ibu Lina.

Praktek Pengambilan Konten Digital Berupa Video
Dengan adanya kegiatan - kegiatan seperti di atas, saya harap ada manfaat dan perubahan yang dialami oleh UMKM Masiya Lemon, agar dapat mencapai tujuan usaha beliau dengan memanfaatkan digitalisasi pada era saat ini.
0
61
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan