harrywjyy
TS
harrywjyy
5 Makhluk Penghuni Lautan Dalam yang Berwujud Menyeramkan!


Sumber Gambar

Laut merupakan salah satu kawasan di Bumi yang bisa dibilang cukup misterius. Hal ini karena para ilmuwan sendiri belum mampu meneliti mengenai ada apa di laut terdalam. Karena keterbatasan kemampuan, bahkan manusia baru menjelajahi 5% dari keseluruhan lautan yang ada di bumi. Masih banyak hal yang perlu diteliti.

Laut juga menjadi habitat bagi hewan-hewan air. Ratusan hingga ribuan spesies ikan dan hewan-hewan lain seperti kepiting, cumi-cumi dan gurita. Semuanya ada di dalam laut dan itu hanya yang bisa kita temukan di permukaan. Samudera yang merupakan lautan luas memiliki kedalaman yang sangat dalam yang sulit untuk ditembus oleh manusia karena tekanannya.

Tapi rupanya, masih ada makhluk hidup di dalam laut terdalam. Makhluk itu merupakan ikan-ikan yang memang bisa bertahan di kedalaman tertentu dan tidak pernah muncul ke permukaan. Rata-rata orang belum mengetahui hewan apakah ini.

Untuk itu, TS akan membahas hewan-hewan dari laut terdalam yang memiliki wujud menyeramkan!



1. Frilled Shark


Sumber Gambar

Dinamakan frilled shark atau hiu berjumbai karena pada bagian insangnya memiliki rumbai-rumbai yang khas. Penghuni lautan di kedalaman 50-200 meter di bawah air. Ia hidup di samudera pasifik dan juga ditemukan di samudera atlantik.

Ikan ini seringkali disebut fosil hidup karena merupakan salah satu spesies ikan purba yang masih bertahan hingga sekarang.

2. Goblin Shark


Sumber Gambar

Sama seperti Hiu Berjumbai, hiu goblin juga merupakan fosil hidup yang merupakan spesies purba yang masih bertahan. Dinamakan gobin, mungkin karena hiu ini memiliki wajah dengan mocong yang mirip seperti hidung goblin yang mancung.

Panjang tubuhnya hampir mencapai 4 meter dan hidup di kedalaman yang jauh lebih dalam dari Hiu Berjumbai yakni di kedalaman 1.200 meter.

3. Vampire Squid


Sumber Gambar

Menurut TS, bentuk hiu ini juga agak creepy dan aneh karena memiliki warna merah menyala. Ditambah bulatan biru bercahaya yang sepertinya itu matanya. Panjangnya bisa sampai 30 sentimeter dan ia hidup di kedalaman 700 sampai 1000 meter di bawah permukaan laut.

Sayangnya, meski memiliki mata cumi-cumi ini hidup dalam kegelapan jadi tidak guna juga. Dan bentuk cumi-cumi ini lebih bulat ketimbang cumi permukaan yang lonjong. Mungkin karena perbedaan tekanan ya.

4. Black Pacific Dragon


Sumber Gambar

Yang satu ini salah satu hewan lautan dalam yang punya bentuk cukup menakutkan. Di mana gigi-giginya tajam dan panjang dan cukup padat. Ditambah mata besar yang seakan melotot ke arah kita. Mungkin kalian sendiri sudah pernah melihat hewan laut ini di internet.

Naga hitam pasifik ini sebenarnya merupakan ikan, tapi bentuknya yang panjang lebih mirip ular. Hewan ini sendiri bisa hidup sampai kedalaman 1.200 meter di bawah permukaan laut. Banyak orang yang memberi julukan ‘monster laut’ ke ikan ini.

5. Blobfish

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Ikan yang satu ini kerap disebut sebagai ikan terjelek di dunia. Tapi banyak juga yang menyebut ikan ini mirip wajah manusia dan mirip tokoh kartun Squidward. Ya sekilas memang ikan ini memiliki wajah yang cukup aneh dan berbeda dari ikan lainnya.

Ikan ini sama dengan Naga Hitam Pasifik yaitu dis ekitar 1.200 meter di bawah laut. Bentuk ikan ini tampak licin dan teksturnya mirip jelly. Tidak banyak yang mengetahui soal ikan ini, mulai dari habitat hingga makanannya.

emoticon-2 Jempol

Nah itu dia beberapa hewan penghuni laut dalam yang cukup menakutkan. Mungkin karena kondisi ekosistem di laut dalam yang ekstrem secara tak langsung membuat fisik para makhluk ini menjadi tampak menyeramkan untuk orang permukaan seperti kita.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian mana yang paling menyeramkan dan aneh? emoticon-Bingung (S)


Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
rudykur164173indrastridfathroni
fathroni dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.5K
69
Berikan Komentar
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Komunitas Pilihan