si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Kembali Bikin Kejutan, Pesawat Angkut Simorgh Produksi Iran Sukses Terbang Perdana
Quote:


Kabar dari Iran memang selalu bikin kita heran Gan, yang terbaru Iran melaporkan telah sukses melakukan penerbangan pesawat angkut multirole bernama Simorgh. Nama pesawat ini diambil dari nama burung kuno Persia. Menurut laporan Kantor Berita IRNA, Simorgh resmi melakukan penerbangan perdana pada Selasa, 30 Mei 2023. Pesawat melakukan penerbangan perdana di pangkalan udara di kota Isfahan. Media Iran itu menambahkan jika, pesawat dibuat sesuai dengan cuaca di Iran serta standar internasional.

Sementara itu, setelah penerbangan perdana Simorgh, banyak analisis dari media pertahanan Barat menyebutkan jika Simorgh merupakan re-designeddari pesawat An-140 buatan Ukraina. Salah satu analisis itu berasal dari artikel Defence Blog, media ini menyebut Simorgh dikembangkan dari pesawat sipil IrAn-140. Ini adalah pesawat Antonov An-140 yang dibuat berdasarkan lisensi oleh HESA di Iran. Pesawat IrAn-140 adalah pesawat penumpang yang bisa membawa 40 sampai 50 orang Gan.

Yang menarik pengembangan An-140 buatan Ukraina juga melibatkan perwakilan perusahaan Aviakor dari Rusia. Sampai tahun 2015, Aviakor telah terlibat dalam pembuatan pesawat An-140 Ukraina dan ikut mengembangkan versi angkut kargo bernama An-140T. Pada Agustus 2015, Aviakor menangguhkan program manufaktur Antonov An-140 sebagai akibat dari gangguan rantai pasokan, dengan latar belakang hubungan diplomatik yang memburuk setelah perang di Ukraina, pencaplokan Krimea, dan sanksi internasional.

Sebagai tambahan informasi, Aviakor memiliki perjanjian kerja sama untuk memasok 34 komponen utama untuk An-140 buatan Ukraina. Beberapa komponen yang dimaksud mulai roda pendaratan sampai mesin twin-turboprop.

Quote:


Meski hanya re-designed, tetapi para insinyur Iran bekerja keras untuk menyempurnakan desain Simorgh Gan. Mulai dari uji coba mesin di darat sampai instalasi mesin turboprop semuanya dikerjarkan oleh tenaga ahli lokal. Sementara itu, peluncuran Simorgh secara resmi dilakukan pada 19 Mei 2022 lalu.

Simorgh ditenagai oleh dua mesin turboprop Klimov TV3-117 yang diimpor dari Rusia, masing-masing mesin memiliki 6 bilah baling-baling. Mengutip artikel Airspace Review, pesawat ini bisa mendarat di landasan pendek, jangkauan terbang ferry sejauh 3.700 km. Jika mengangkut muatan maksimal seberat 6 ton, maka jangkauan terbang Simorgh hanya sejauh 900 km.

Quote:


Sejauh ini tidak diketahui, berapa total pesawat yang akan dibuat Iran Gan, tetapi hadirnya Simorgh bisa membantu militer Iran untuk memindahkan logistik dan pasukan dengan cepat. Serta dengan dukungan mesin dari Rusia, Iran tak perlu repot memikirkan ancaman embargo. Di sisi lain, industri dirgantara Iran secara ajaib memang terus menunjukkan perkembangan yang positif.

Sebelum Simorgh melakukan penerbangang perdana, pada 11 Maret 2023 lalu; Iran secara resmi meluncurkan fasilitas produksi massal jet latih Yasin.Sama seperti Simorgh, jet latih Yasin juga merupakan re-designed (reverse engineered) dari pesawat F-5F Tiger buatan Amerika yang dipakai Iran sebelum Revolusi Islam di negara tersebut. Di sisi lain, negara yang punya kemampuan reverse engineered (rekayasa ulang) tak bisa disepelekan. Negara-negara ini adalah contoh bahwa, mereka tetap bisa mandiri meski diembargo oleh negara besar seperti Amerika.



---------------------------




Referensi Tulisan: Airspace Review, Defence Blog& Kantor Berita IRNA
Sumber Foto: sudah tertera
bukan.bomatenak.digenjot69yoseful
yoseful dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.2K
56
Berikan Komentar
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Komunitas Pilihan