KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Potret Indahnya Toleransi Warga Bali Menjelang Bulan Ramadhan! Patut Dicontoh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/641b8f8bdc3d3f4a9447df80/potret-indahnya-toleransi-warga-bali-menjelang-bulan-ramadhan-patut-dicontoh

Potret Indahnya Toleransi Warga Bali Menjelang Bulan Ramadhan! Patut Dicontoh!

Potret Indahnya Toleransi Warga Bali Menjelang Bulan Ramadhan! Patut Dicontoh!
Sumber Gambar

Toleransi merupakan salah satu hal yang perlu diwujudkan dalam kehidupan masyarakat beragama. Yaitu dengan menjunjung tinggi kebersamaan di tengah perbedaan. Kita perlu untuk tetap menghargai sesama meskipun kita tahu kebenaran di antara kita tidaklah sama. Setiap orang memiliki kepercayaan dan kebenarannya masing-masing.

Saat ini umat Islam sedang memasuki awal bulan suci Ramadhan. Bulan di mana umat Islam menahan hawa nafsu serta lapar dan haus. Di saat yang bersamaan, umat Hindu di Bali juga merayakan hari raya Nyepi yang jatuh pada 22 Maret lalu. Momen-momen kebersamaan antara umat Islam dan Hindu di Bali pun menjadi contoh baik dari indahnya toleransi.

Seperti pada video yang beredar di Internet. Ketika dua pawai keagamaan bertemu di satu titik. Saat video direkam, umat Islam sedang melaksanakan pawai menyabut bulan Ramadhan. Sedangkan umat Hindu tengah melaksanakan pawai upacara Melasti. Kedua pawai antar agama itu berpapasan di salah satu jalan dan bahkan saling menyapa.

Potret Indahnya Toleransi Warga Bali Menjelang Bulan Ramadhan! Patut Dicontoh!
Sumber Gambar

Momen indah ini diabadikan melalui video berdurasi 24 detik yang lantas beredar di media sosial. Aura yang tercipta pun bukan main. Aura positif dan kebahagiaan terpancar dari wajah para penganut agama yang saling rukun tersebut. Saling sapa dan saling memberi senyum.

Selain itu, kita tahu bahwa Hari Raya Nyepi mengharuskan suasana di Bali menjadi sepi tanpa adanya aktivitas dan suara berisik. Perayaan Hari Nyepi ini bertepatan dengan malam pertama Ramadhan yang biasanya dimulai dengan salat tarawih oleh para umat Islam. Nah, salat tarawih sudah pasti ramai bukan? Sedangkan umat Hindu sedang Nyepi.

Hal ini pun kemudian didiskusikan dan hasilnya, umat Islam tetap diperbolehkan untuk salat tarawih di masjid dengan beberapa catatan. Seperti tidak boleh bergerombol, berjalan kaki ke masjid dan tidak memakai penerangan yang berlebihan. Intinya jangan sampai mengganggu ibadah di hari raya umat lain.

Potret Indahnya Toleransi Warga Bali Menjelang Bulan Ramadhan! Patut Dicontoh!
Sumber Gambar

Ya, biar bagaimana pun Nyepi merupakan hari raya yang sangat penting bagi umat Hindu di Bali. Meski begitu, umat Hindu di sana rupanya masih memberikan toleransi kepada mereka yang hendak melaksanakan ibadah salat tarawih. Mereka menyingkirkan rasa egois demi kelancaran ibadah umat lain.

Dari mulai salat tarawih hingga pertemuan pawai Melasti dan pawai Ramadhan, dari sini kita bisa belajar bahwa beragama tidak harus selalu kaku. Karena buktinya di Bali kita bisa melihat kedua agama ini saling berdampingan. Betapa indahnya lingkungan agama di sana ya. TS kira hal-hal seperti ini hanya ada di konten-konten saja.

Karena kalau dari yang TS sering lihat, umat beragama di sini cenderung kaku.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, perlukah kita mencontoh umat beragama di Bali sana? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaycaem dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Jadi pengen tinggal di Bali gk?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ane pengen sih
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Traveller
Andai semua daerah kaya gini ha
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Korea aja yg cuma dua bisa pecah, hebatlah Indonesia dengan perbedaan sebanyak ini bisa bersatu
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan Rinka17 memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Bali emang eksotis banget emoticon-heart




profile-picture
profile-picture
mbahgugel dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sebuah contoh positif untuk provinsi yang lainnya di Indonesiaemoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mantap emoticon-Jempol

Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi keagamaan dan juga majemuknya keagamaan, Bali dikenal sebagai salah satu daerah yang toleransinya bagus.

Inilah Indonesia sesungguhnya, seperti yang diajarkan dalam kurikulum pendidikan era PMP/Pkn dan PPKn dulu.

emoticon-Nyepi
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Hmmm....di beberapa kalangan, biarpun ente mencontohkan hal yang baik secara bertubi-tubi, semacam membentur karang gan, kadang fanatisme tetap dikedepankan, karena jika perbuatan baik dan benar, yang humanis, namun yang dilakukan itu tidak sesuai dengan kaidah agama, maka tetap aja dianggap salah untuk dilakukan. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Dimana2 mayoritas selalu resek... TAPI ITU GAK BERLAKU DI BALIπŸ‘πŸ‘... Ahlak mereka lebih islam dari orang islam di jawa... Salut banget sama orang2 bali.. πŸ‘πŸ‘πŸ‘
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
ya itu karena dibali

umat non hindu kan disana minoritas, mana berani mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adib12962 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Karena yang mayoritas di sana itu bukan dari golongan si paling ngerasa bener sendiri
Makanya adem ayem, plus gada ormas tiga huruf terlarang di sana dari dulu emoticon-thumbsup
Plus hindu di sana jauh jauh jauh jauh jauh lebih fair ke umat lain emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fengfu dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Adem banget ya liatnya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
warga bali emang begitu, ane ada teman bali, dia selalu ucapin ke ane selamat hari raya, padahal ane gak ngerayain itu hari raya, ane ini malas ngapa2in, ikut kegiatan agama juga gak pernahemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan wen12691 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Selamat menjalankan ibadah puasa hari pertama ya Snackmate!

Puasa tak lengkap rasanya kalau tidak menyiapkan takjil. Di Indonesia, ada banyak takjil yang muncul di bulan Ramadhan. Penasaran apa saja takjil favorit asli Indonesia? Baca selengkapnya di https://tastysnack.id/blogs/news/10-...khas-indonesia
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
warga minoritas itu biasanya toleran gan, karena kalau macem-macem bisa dihabiskan sama yg mayoritasemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adib12962 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ndak klo menatap disana..... Udah terlalu padat pendatang, klo buat setahunan masih ok lah
Disana masalah toleransi tinggi bet, nyaman bet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh primawidhie
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
FPI kl masuk sana lah, digrebek semuanya sekalian sama patung2 dewa dewi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mudokons dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


×
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di