- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Ayo Kepoin Strategi Branding NewJeans!


TS
digitalbox344
Ayo Kepoin Strategi Branding NewJeans!
Setelah beberapa tahun belakangan ini industri musik K-Pop di dominasi oleh grup wanita yang memiliki konsep girl crush, netizen pun merasa bosan dengan konsep grup idola yang monoton.
Melihat kesempatan ini, ADOR selaku management NewJeans membuat image baru untuk grup wanita dengan kembali mengusung konsep ala awal tahun 2000an.
Konsepnya yang berbeda ini lah yang membuat NewJeans menarik banyak perhatian netizen hingga penggemar dari grup lain, selain konsep apa saja sih yang membuat NewJeans populer?

1. Musik yang Easy Listening
Dibandingkan dengan grup lainnya, musik yang dimiliki NewJeans terdengar lebih sederhana dan mudah diterima di kalangan umum. Tidak adanya high-note juga membuat lagu-lagu mereka tergolong mudah disenandungkan ketika seseorang sedang mendengarkannya.
2. Album Fisik yang Anti-mainstream
Sekarang ini banyak orang yang beranggapan bahwa membeli album fisik hanya membuang uang saja karena lagu-lagu yang sama sudah tersedia di layanan streaming digital secara gratis, namun berbeda jika kamu membeli album NewJeans. Album grup Minji cs ini berbentuk hand bag yang tersedia dalam 3 warna. Jadi selain mendapat cd, pembeli juga bisa menggunakan tas sebagai fashion item sehari-hari.
3. Konsep Y2K yang Nostalgic
Konsep Y2K atau Year 2000 yang digunakan juga dapat membuat orang khususnya mereka yang lahir di tahun 90an merasa nostalgia, lho. Hal ini karena NewJeans menggunakan hairstyle hingga fashion yang sama sebagaimana remaja di awal tahun 2000an.
4. Konsep Rilis yang Unik
Berbeda dengan grup lainnya yang secara berkala merilis teaser menjelang perilisan album baru, NewJeans lebih menyukai konsep dadakan yang membuat penggemar berdebar. Konsep unik tanpa teaser ini rupanya merupakan cetusan Hyein selaku anggota termuda di grup, keren ya ide si kecil!
5. Aktif di Media Sosial
Memiliki member genz tentu membuat NewJeans lebih dekat dengan dunia digital. Seperti di TikTok, NewJeans aktif mengikuti challenge dan tren layaknya remaja lainnya. Selain itu lagu NewJeans seperti Hype Boy, OMG, dan Ditto juga banyak digunakan oleh para konten kreator, lho.
Menurutmu apakah strategi yang digunakan oleh ADOR dan HYPE untuk NewJeans sudah tepat? Jika kamu memiliki agensi idola, konsep seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk grup buatan kamu?
---
Mengulik Strategi Branding Grup K-Pop NewJeans yang Populer
Melihat kesempatan ini, ADOR selaku management NewJeans membuat image baru untuk grup wanita dengan kembali mengusung konsep ala awal tahun 2000an.
Konsepnya yang berbeda ini lah yang membuat NewJeans menarik banyak perhatian netizen hingga penggemar dari grup lain, selain konsep apa saja sih yang membuat NewJeans populer?

1. Musik yang Easy Listening
Dibandingkan dengan grup lainnya, musik yang dimiliki NewJeans terdengar lebih sederhana dan mudah diterima di kalangan umum. Tidak adanya high-note juga membuat lagu-lagu mereka tergolong mudah disenandungkan ketika seseorang sedang mendengarkannya.
2. Album Fisik yang Anti-mainstream
Sekarang ini banyak orang yang beranggapan bahwa membeli album fisik hanya membuang uang saja karena lagu-lagu yang sama sudah tersedia di layanan streaming digital secara gratis, namun berbeda jika kamu membeli album NewJeans. Album grup Minji cs ini berbentuk hand bag yang tersedia dalam 3 warna. Jadi selain mendapat cd, pembeli juga bisa menggunakan tas sebagai fashion item sehari-hari.
3. Konsep Y2K yang Nostalgic
Konsep Y2K atau Year 2000 yang digunakan juga dapat membuat orang khususnya mereka yang lahir di tahun 90an merasa nostalgia, lho. Hal ini karena NewJeans menggunakan hairstyle hingga fashion yang sama sebagaimana remaja di awal tahun 2000an.
4. Konsep Rilis yang Unik
Berbeda dengan grup lainnya yang secara berkala merilis teaser menjelang perilisan album baru, NewJeans lebih menyukai konsep dadakan yang membuat penggemar berdebar. Konsep unik tanpa teaser ini rupanya merupakan cetusan Hyein selaku anggota termuda di grup, keren ya ide si kecil!
5. Aktif di Media Sosial
Memiliki member genz tentu membuat NewJeans lebih dekat dengan dunia digital. Seperti di TikTok, NewJeans aktif mengikuti challenge dan tren layaknya remaja lainnya. Selain itu lagu NewJeans seperti Hype Boy, OMG, dan Ditto juga banyak digunakan oleh para konten kreator, lho.
Menurutmu apakah strategi yang digunakan oleh ADOR dan HYPE untuk NewJeans sudah tepat? Jika kamu memiliki agensi idola, konsep seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk grup buatan kamu?
---
Mengulik Strategi Branding Grup K-Pop NewJeans yang Populer
Diubah oleh digitalbox344 22-02-2023 13:43
0
328
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan