muhammadrezq877
TS
muhammadrezq877
Perbandingan Editor Gutenberg vs Editor Klasik pada WordPress
Gutenberg adalah nama yang diberikan untuk paradigma baru pengeditan WordPress. Sebuah sistem yang membawa revolusi cepat di bidang pembuatan konten web setelah editor baru Gutenberg menggantikan editor klasik WordPress lama sebagai editor bawaan WordPress.

Seluruh pengalaman penerbitan dan penyuntingan telah dibentuk ulang oleh Gutenberg. Blok adalah alat baru untuk mengonversi ide Anda menjadi konten kaya media. Menggunakan antarmuka seret dan lepas, kini Anda dapat berubah menjadi blogger dalam semalam. Tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya dengan teknologi web hosting dan editing website seperti pada editor WordPress klasik. 


Apa itu Editor Gutenberg?
Gutenberg, juga dikenal sebagai editor blok WordPress adalah editor default baru WordPress. Itu telah menggantikan editor TiniMNC lama. Itu telah mengubah cara pengeditan sepenuhnya.

Editor Gutenberg diperkenalkan pada Desember 2018. Secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari WordPress 5.0. Editor baru ini menawarkan berbagai macam blok yang mencakup hampir semua yang Anda butuhkan untuk membuat halaman web yang kaya konten dan menarik secara visual.


Mengapa Diperkenalkan?
Gutenberg adalah upaya WordPress untuk mengimbangi tren DIY yang berkembang pesat. Ini adalah sistem pengeditan untuk semua orang. Semua blok sangat jelas sehingga siapa pun dapat membuat konten luar biasa dengan beberapa klik menggunakan antarmuka seret dan lepas.

Ada tiga alasan utama di balik peluncuran editor baru:

1. Membuat konten yang kaya dengan mulus
Tujuan utama Editor Gutenberg adalah membuat proses pengeditan lebih mudah dan dapat diakses oleh semua orang. Anda tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang CSS atau HTML atau hosting website untuk mengoperasikan editor ini.

2. Pembuatan konten yang mudah melalui blok
Ada banyak jenis blok yang tersedia di Editor Gutenberg. Menggabungkan blok Anda dapat membuat konten ajaib dalam beberapa menit.

3. Menambahkan fitur kompleks ke postingan tanpa plugin
Ketika datang untuk menambahkan fitur-fitur canggih seperti CTA atau fasilitas berbagi sosial ke posting Anda, tidak perlu menggunakan plugin apa pun. Ada fitur bawaan untuk semua ini.


Apa itu Editor Klasik WordPress?
Editor WordPress Classic adalah editor default WordPress yang lama. Itu digunakan sampai peluncuran editor Gutenberg. Ini adalah editor teks sederhana seperti perangkat lunak pengolah kata. Pembuatan konten tidak terlalu sederhana dengan editor ini. Tidak seperti email hosting yang sudah menyediakan semua kebutuhan dalam satu naungan.

Berikut adalah beberapa pro dan kontra dari Editor Klasik.

Kelebihan
- Mirip seperti editor teks sederhana
- Pembuatan dan pemformatan konten itu mudah
- Anda dapat menyertakan tag HTML
- orang sudah terbiasa

Kekurangan
- Bukan pilihan ideal untuk membuat halaman kompleks seperti halaman arahan
- Membutuhkan keterampilan HTML untuk mengedit
- Membutuhkan plugin tambahan untuk fitur tambahan


Kesimpulan
Setelah kedatangan editor Gutenberg, pengguna WordPress terbiasa dengan sistem intuitif baru untuk pembuatan konten. Sementara menambahkan elemen kompleks ke postingan untuk menjadikannya kaya hanya dengan beberapa klik, pintu telah terbuka untuk semua orang non-teknis.

Simak artikel lengkap dan perbandingan Editor Gutenberg vs Editor Klasik  pada blog berikut: Perbandingan Editor Gutenberg vs Editor Klasik pada WordPress
0
138
0
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan