KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Hedonisme, Gaya Hidup yang Merusak Anggaran Keuangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d0ab6b5659e71cd01a0253/hedonisme-gaya-hidup-yang-merusak-anggaran-keuangan

Hedonisme, Gaya Hidup yang Merusak Anggaran Keuangan


Hedonisme, Gaya Hidup yang Merusak Anggaran Keuangan

Ilustrasi. Sumber: Di sini



Pengertian hedonisme adalah suatu filsafat yang menempatkan kebahagiaan sebagai tujuan utama dalam hidup. Hedonisme berasal dari kata Yunani "hedone" yang berarti kesenangan atau kebahagiaan. Hedonisme berfokus pada pemuasan nafsu dan pengalaman yang menyenangkan, serta mengejar kesenangan sebanyak mungkin dalam hidup.

Sejarah hedonisme dapat ditelusuri kembali ke zaman Yunani kuno, di mana filsuf Epicurus mengembangkan teori tentang bagaimana mencapai kebahagiaan melalui penghindaran rasa sakit dan pemuasan nafsu. Ia mengajarkan bahwa untuk mencapai kebahagiaan, seseorang harus menghindari rasa sakit dan mengejar kesenangan sebanyak mungkin. Hedonisme juga ditemukan dalam filsafat Buddha dan Jainisme, yang mengajarkan bahwa mengurangi nafsu dan kesenangan fisik akan mengarah pada kedamaian jiwa.

Sisi positif dari hedonisme adalah bahwa ia mendorong individu untuk mengejar kesenangan dan kebahagiaan dalam hidup mereka. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat seseorang merasa lebih bahagia. Namun, sisi negatifnya adalah bahwa hedonisme dapat mengarah pada perilaku yang merusak diri dan lingkungan, serta meningkatkan risiko masalah kesehatan mental dan fisik seperti kecanduan, obesitas, dan depresi.

Faktor yang menyebabkan perilaku dan cara pandang hidup manusia bisa mengarah kepada hedonisme meliputi tekanan dari masyarakat untuk mengejar kesuksesan, kekayaan, dan popularitas, serta pengaruh media yang menyajikan paduan dari konsumsi dan kebahagiaan yang cepat. Dalam era modern, teknologi dan media sosial juga mempermudah akses ke kesenangan instan, yang dapat mengarah pada perilaku konsumtif yang merusak diri dan lingkungan.

Cara menghindari perilaku hedon dan konsumtif meliputi:

1. Membuat tujuan hidup yang lebih luas daripada hanya mengejar kesenangan
2. Menetapkan batasan diri dalam mengejar kesenangan dan menghindari kecanduan
3. Menemukan kesenangan dalam kegiatan yang positif untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar
4. Membuat keputusan yang bijak dan bertanggung jawab dalam mengelola uang dan sumber daya yang tersedia
5. Menemukan keseimbangan dalam mengejar kesenangan dengan memenuhi kebutuhan dasar kita, seperti makan, tidur, dan olahraga yang cukup
6. Belajar untuk menikmati kebahagiaan yang sederhana dan tidak selalu mengejar kesenangan yang cepat dan instan
7. Memperluas pandangan kita tentang kebahagiaan dan mencari kedamaian jiwa yang lebih tinggi melalui meditasi, kegiatan spiritual, atau kegiatan sosial yang positif.

Secara umum, hedonisme tidak harus berarti hidup tanpa batas, namun kita harus menemukan keseimbangan dalam mengejar kesenangan dan memenuhi kebutuhan dasar kita serta memperhatikan dampaknya pada diri sendiri dan lingkungan. Hedonisme yang sehat adalah tentang menikmati kebahagiaan dalam hidup kita tanpa merusak diri atau lingkungan dan tanpa mengorbankan kebutuhan dasar kita.

Referensi tulisan: Britannica
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
semoga enggak ya
profile-picture
profile-picture
sc5 dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
orang boros
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gak banyak sih begitu, tapi ada
kasihan malah
bikin gendut emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan bang.toyip memberi reputasi
katanya sih biar gak kenak mental
dikit2 mental health gitu..

emoticon-Hammer __________ emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan sc5 memberi reputasi
yg sensi ke orang hedon kebanyakan masih mendang mending.

emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ada juga kalangan yang lebih baik menyesal beli daripada menyesal tidak beli.
emoticon-Coolemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hedon cara cepat untuk jadi miskin.gaji Segede apapun bisa habis.
Orang rela berhutang melampaui penghasilan.
Nyicil motor belum lunas
Nyicil KPR belum lunas
Nyicil mobil lambang kesuksesan belum lunas
Nyicil apel kroak
Akhir bulan mie instan atau ngutang teman.
Di PHK KERE mendadak
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
Selamat mencoba
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan tlik memberi reputasi
Diubah oleh semokmontok7980
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gaya hidup yg dipengaruhi oleh circle pertemanan, pengen diakui & biar ga dipandang remeh..

pngalaman ane ketemu sm org yg hedon itu sbnernya pnya pnghasilan pas2an bree.. malah ada yg maksain..

kaya ada 1 staff biasa tp ane prhatiin dia sering maksi nya di mall, pdahal ane tau range gaji dia.. tp dia brusaha mo ngimbangin style/gaya hidup temen2nya biar ga minder..

ada jg dulu prnah punya SPV, yah utk retail paling beda brapa sih sm bawahannya.. tp gayanya selangit, ganti hape gaming flagship, beli motor sport, biar dikata wah "nih gw udh supervisor, anggepannya pnya jabatan itu wah" gengsi dong..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ini dampak dari rasa penasaran terhadap kuliner dan tempat wisata
ini dampak dari media sosial dimana orang wajib posting
ini dampak dari niat untuk pamer dengan cara apapun walau penuh kebohongan...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
jadi, hedon itu baik atau buruk ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gaya elit , ekonomi syulit emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pas pelajaran manajemen keuangan sering bolos itu...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
horang kaya bebas gan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
klo mampu bayar dan mmg ada duitnya sih gpp, nggak ngerusak anggaran, ngapain itung2an utk hal menyenangkan diri sendiri emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
emoticon-Wagelaseh
Dari banyak komentar di atas, banyak yg berpandangan hedon itu identik dengan bermewah2an, belanja sana belanja sini, kuras uang demi kesenangan... Agan ts sendiri mengatakan hedon adalah mencari kesenangan, yg kalau demikian kesenangan itu tidak mutlak harus dari mewah2an....

Kenapa hedon diidentikkan dengan mewah2an gan? Dan kapan itu mulai terjadi?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gaya hedonnnnnnnnn....modif hedonnnn...apa2 hedon...ga hedon ga nengok orang2...masih pada liat cover daripada book sih di mari
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di