KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63cf5058ac02bf7a4558005f/kenapa-kita-dilarang-keluar-saat-magrib-begini-penjelasannya-menurut-sains

Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!

Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Sumber Gambar

Senja adalah saat-saat yang ditunggu anak muda. Ada yang menamakan diri mereka sebagai anak senja, yaitu ketika anak-anak ini menikmati matahari tenggelam sambil duduk di balkon rumah dan meminum segelas kopi dengan semilir angin yang sejuk.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan apa yang disarankan oleh orang tua kita zaman dahulu. Karena orang tua kebanyakan melarang kita untuk keluar atau menyuruh kita segera pulang saat senja atau magrib. Hal ini lalu kerap dikaitkan dengan beberapa mitos dan hal mistis.

Konon, pada saat senja tiba adalah waktu di mana para makhluk halus keluar dari persembunyian mereka. Ada juga yang bilang waktu magrib adalah saat di mana portal dimensi gaib terbuka. Bahkan ada yang menyebut bisa saja anak kecil yang main di waktu magrib diculik hantu seperti Wewe Gombel dan semacamnya.

Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Sumber Gambar

Apakah hal itu benar? emoticon-Bingung (S)

Tidak juga, tapi larangan keluar saat magrib itu ada benarnya. Seorang penulis bernama Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS pernah memberikan penjelasan ilmiah terkait hal ini dalam bukunya yang berjudul The Science of Shalat. Btw, gelarnya banyak banget ya. Semoga TS bisa seperti beliau deh.

Dalam bukunya itu, ia menjelaskan mengapa saat senja kita lebih baik di rumah saja. Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu bahwa cahaya termasuk ke dalam gelombang elektromagnetis yang memiliki spectrum warna yang berbeda-beda. Nah, warna-warna ini memiliki energi dan frekuensinya masing-masing.

Pada saat senja tiba, terjadi perubahan warna spectrum menjadi warna kemerahan, jingga atau oranye. Karena itu, banyak gelombang dan frekuensi cahaya dengan frekuensi sama yang saling tumpeng tindih. Sehingga pengelihatan kadang menjadi kurang tajam dan menyebabkan fatamorgana atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Sumber Gambar

Hal inilah yang kemudian disalahartikan oleh kebanyakan orang di sekitar kita. Kemudian dianggap sebagai penampakan makhluk halus dan sebagainya. Bisa juga karena salah melihat atau fatamorgana ini, seseorang jadi tersesat atau salah jalan yang kemudian diartikan sebagai diculik Wewe Gombel.

Kebanyakan anak-anak yang katanya ‘diculik’ ini ditemukan di hutan atau tempat yang banyak pohon bambu. Bisa saja ia mengalami fatamorgana yang membingungkan, apalagi kita tahu hutan dan pepohonan bambu itu tempat yang cukup rawan tersesat.

Selain itu, jika dilihat dari sisi agama Islam. Waktu senja sendiri waktunya untuk ibadah. Jadi, lebih baik ke masjid atau diam di rumah daripada keluyuran tidak jelas.

Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Sumber Gambar

Kalau dari TS sendiri, waktu senja adalah saat-saat sebelum menjelang waktu istirahat yaitu malam. Di waktu ini pastinya ibu kita ingin semua anggota keluarganya lengkap supaya bisa beristirahat dengan tenang. Lagian gak capek apa keluyuran seharian? Ada waktunya kita tahu cukup lalu kembali ke rumah.

emoticon-2 Jempol

Jadi gimana gan? Dulu ibu kalian pakai cara apa supaya kalian pulang ke rumah? Hehe. emoticon-Bingung (S)

Sumber: Sumber Gambar
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dheaafifah dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Apakah kalian suka keluar magrib gais?
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ya, kalo TS sih keluar kalau ada keperluan aja
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bener gan katanya ada Wewe gombel kalo.magrib
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
biasanya kalo dah waktu2 senja/magrib, perut sudah mulai berdendang

daripada keluyuran, ane mending belok ke warteg emoticon-Cool
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Wah ternyata membuat fatamorgana ya
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Terjawab ya
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
jaman dulu make sense ga ada lampu riskan keluar rumah pas magrib.

hare gene keluar waktu magrib justru wajib ntuh, bwat ngantre di resto. minimal jam 7 bs diner.


emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
bagaimana kalau ada gerbang yang terbuka?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Gw sih nyaris hampir setiap hari keluar pas maghrib. Lebih tepatnya ada di luar. Otw pulang dari kantor.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau diculik dia mah ayo ajaKenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enakan keluar malem, atau pagi, crottt emoticon-Blue Guy Smile (S)

Kalau keluar magrib jarang emoticon-Malu
































































emoticon-Bikini
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Quote:

Kok mau salat magrib di masjid dilarang..?
Kenapa Kita Dilarang Keluar Saat Magrib? Begini Penjelasannya Menurut Sains!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
selalu tunggu agak gelap dikit baru keluar, mata manusia perlu adaptasi dari siang ke malam hari bukan karena ibadah juga.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan

Bucailisme dilihat dari judulnya

Quote:


Karena sejak jaman dulu kala orang ² percaya kegelapan (malam) berkonotasi kematian, hantu, roh jahat, penyakit, kriminalitas, binatang buas
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
waktu senja = sandekala
byk makhluk2 yg keluar
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Senja sudah di rumah? Ah itu hanya mimpi indah bagi kuli kantoran kek gw
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan mubafirs memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
terlepas dari gelombang elektomagnetis atau gelombang radio..ane gak tau..

tapi kalo waktu senja penglihatan rada samun ..iya..apalagi kalo naik kendaraan nyopir..pasti percaya.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan

19th Pegwan

Kalo kata nenek ane...

Banyak setan keliaranemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
kanggelandaftar dan gomamon. memberi reputasi
Diubah oleh GigiTato.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Inilah mengapa Handphone, Komputer dan satelit tidak dibuat negara muslim.
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan wetp794239 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
magrib2 menjelang malam lbh enak main di ranjang bor...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di