KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63cf406afb32e66b435536df/makan-ikan-asin-bisa-sebabkan-kanker-cek-ini-dia-fakta-yang-perlu-untuk-diketahui

Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui

Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui
Tidak bisa untuk disepelekan, ini dia bahaya terlalu sering mengkonsumsi ikan asin


Ikan asin, adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menggunakan garam dan melalui proses penjemuran matahari.

Menggunakan metode ini daging ikan yang biasa hanya bertahan dalam waktu singkat karena mengalami pembusukan akan lebih tahan lama untuk disimpan hingga waktu berbulan-bulan di suhu kamar.

Perlu Agan dan Sista ketahui bahwa ikan asin ini menjadi makanan pokok di negara-negara seperti Karibia, Afrika Utara, Afrika Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Tiongkok Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Membahas tentang ikan asin tentu bagi warga masyarakat Indonesia juga bukan merupakan makanan yang asing, karena memang di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki pantai dan laut para nelayannya juga menyimpan persediaan ikan dengan menjadikan sebagai ikan asin.

Ikan asin di Indonesia sering dijadikan sebagai lauk atau makanan pendamping yang bisa dibeli di pasar-pasar tradisional maupun juga disediakan di rumah makan pinggir jalan dan juga warteg.

Dapat dikatakan ikan asin cukup banyak peminatnya di Indonesia, karena selain memiliki harga yang cenderung murah juga rasanya tidak bayak berubah dari ikan segar pada umumnya, meskipun memang seringkali banyak muncul dan beredar kabar bahwa mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan dan beresiko mengalami kanker.

Benarkah mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan kanker?
Mari kita ulas lebih jauh terkait hal tersebut.


Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui


Dilansir dari penjelasan Ketua Yayasan Kanker Indonesia atau YKI, Profesor Aru Sudoyo, disebutkan ternyata memang benar bahwa ikan asin dapat menyebabkan kanker, dan salah satu kanker yang paling sering terjadi karena mengkonsumsi ikan asin adalah kanker nasofaring.

Di dalam ikan asin terdapat kandungan senyawa nitrosamin yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
Nitrosamin sendiri berasal dari berasal dari zat karsinogenik, dan secara alami ada pada ikan, daging, dan beberapa makanan olahan lainnya.

Ikan asin sendiri bukan satu-satunya penyebab kanker nasofaring dan kanker lainnya, karena penyebab kanker yang sebenarnya adalah gaya hidup seperti kebiasaan merokok, obesitas, jarang olahraga dan mengkonsumsi alkohol.

Dari sumber yang lain yaitu akun Instagram @dr.muslimkasim juga dijelaskan bahwa mengkonsumsi ikan asin lebih dari 3 kali dalam sebulan akan meningkatkan resiko terdampak kanker Karsinoma Nasofaring (KNF).

Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui


Berikut tadi GanSis sekilas tentang fakta mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan kanker.

Mengkonsumsi makanan apapun jika diluar batas normal atau berlebih-lebihan maka akan memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh manusianya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan serta menjadi himbauan bagi Agan Sista semua.


Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anonymous987 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Ngakak padahal enak ya makan ikan asin pakai nasi anget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-Matabelo ada yang alergi ikan asin enggak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Cape d... perasaan orang-orang kelas ekonomi menengah kebawah makan ikam asin tiap hari sehat-sehat aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Buktinya ane makan ikan asin hampir tiap hari nggak ada masalah sampai sekarang emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tottorotooot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
emoticon-Mewek makanan favorit ane ini gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
katanya seh jaman dulu sebelum ada makanan kucing produk kemasan, ikan asin adalah makanan kucing.
kenapa sekarang bisa jadi makanan manusia?


emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
sc5 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Asalkan asupan makanannya gizi seimbang dan ikan asin gak digado setiap hari kayaknya aman ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
makan tai aja kalian emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faldytanjungmsr dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Matabelo untung ane alergi ikan asin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
bujuk dah
makan nasi juga katanya meningkatkan diabetes
makan kentang meningkatkan penyakit jantung

terus harus makan apa ?
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ane jarang makan ikan asin emoticon-Hammer
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jadi inget berita seorang istri yg dibilang anunya bau ikan asin
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faldytanjungmsr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
banyak sih penyebab kanker..
rokok, perasa artifisial, bahan pengawet, pestisida yg ada di sayuran/buah, dan banyak lagi

pilih2 aja, dan jangan kebanyakan..
ikan asin tetep favorit sih ane emoticon-Malu _______ emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan sc5 memberi reputasi
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-2 Jempol
terimakasih atas pencerahannya gan... ada tetangga doyan banget makan ikan asin dan dioleh dengan berbagai masakan... baik di masak cabai ijo dll emang rasanya enak sih.. digoreng aja trus pakai sambel udah jozzz banget... hehehe kembali lagi jangan makan berlebihan kalau mau tetep sehat
Quote:


Berlebihan kejang baru itu baik gan
emoticon-Cool
profile-picture
sc5 memberi reputasi
Quote:


GIF
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Bukan ikannya tapi rasa asinnya yg kuat itu yg mengakibatkan kanker apalagi tambah boraks.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh daud34343434
Quote:
emoticon-Ngakakhidup junker

Quote:
emoticon-Matabeloiya gan, ikan yang diolah dengan cara yang tidak baik juga memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh
profile-picture
sc5 memberi reputasi
penyebab kanker gak punya duid T.T
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di