KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63cdd7d417009a59e03b8b07/suka-cabut-bulu-hidung-awas-ternyata-ada-bahaya-yang-tidak-bisa-untuk-disepelekan

Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan

Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan
Sering disepelekan, ternyata mencabut bulu hidung memiliki bahaya yang mengancam


Mencabut bulu hidung, Agan Sista pasti pernah melakukan aktivitas ini karena merasa terganggu dengan bulu hidung yang tumbuh panjang hingga keluar dari lubang hidung.

Bulu hidung yang tumbuh sampai keluar hidung memang terlihat sangat menggangu, dan sangat tidak rapih sehingga membuat penampilan kurang menarik.

Bulu hidung sendiri sebenarnya memiliki manfaat bagi manusia GanSis, yaitu untuk menangkal partikel-partikel kuman, jamur dan spora yang ada di udara dan terhirup manusia, melembabkan udara yang dihirup, dan juga mempermudah penguapan keringat.

Melihat banyaknya fungsi dari bulu hidung tentu Agan Sista memiliki peran untuk merawat dan tidak sembarangan mencabut karena mencabut bulu hidung ternyata memiliki resiko dan dampak bahaya yang tidak bisa untuk disepelekan.

Dilansir dari akun Instagram @dr.muslimkasim dijelaskan tentang beberapa bahaya dari mencabut bulu hidung, dan berikut ini sekilas tentang bahayanya.


Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan


1. Menyebabkan Infeksi Hidung

Sebagaimana telah TS jelaskan sebelumnya bahwa bulu hidung memiliki manfaat sebagai perisai tubuh karena bulu hidung memiliki tugas untuk menyaring dan menghalau virus, kuman, jamur dan spora masuk ke dalam paru-paru.

Jika Agan Sista mencabuti bulu hidung maka resikonya hidung dan tubuh akan lebih mudah beresiko terinfeksi virus yang terhirup dari udara.

2. Infeksi Otak

Bukan hanya hidung dan saluran pernafasan yang mudah terinfeksi jika bulu hidung dicabuti. Infeksi pada hidung dapat berujung pada meningitis atau juga abses otak, dan biasanya gangguan infeksi otak ini dapat terjadi kepada orang-orang yang memang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

3. Mimisan

Mencabuti bulu hidung juga dapat menyebabkan seseorang mengalami mimisan atau keluar darah dari hidung.

Kondisi ini dapat terjadi karena saat Agan Sista mencabut bulu hidung akan sering menyenggol pembuluh darah sehingga mengakibatkan mimisan.

4. Radang Paru-paru

Bulu hidung memiliki peran penting sebagai perisai tubuh yaitu menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan, dan jika bulu tersebut dicabut maka udara yang terdapat virus, kuman, atau spora dapat menggangu kesehatan sistem pernapasan dan memicu peradangan termasuk dengan radang paru-paru.

5. Bulu Hidung Tumbuh ke Dalam Kulit

Sering mencabut bulu hidung juga dapat berakibat pada tumbuhnya bulu hidung masuk ke dalam kulit atau sering disebut extrafollicular penetration, dan kondisi ini dapat mengakibatkan hidung mengalami peradangan.

Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan


Berikut tadi GanSis sekilas tentang bahaya dari hobi mencabut bulu hidung karena dianggap mengganggu penampilan dan demi alasan kerapihan.

Bulu hidung yang keluar dari lubang hidung memang sering terlihat mengganggu penampilan sehingga membuat kurang percaya diri. Adapun cara yang aman untuk merapihkan bulu hidung yaitu dengan cara menggunting atau memangkasnya dengan gunting khusus pangkas bulu hidung untuk menghindari luka pada lubang hidung.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Agan Sista semua.


Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Wow ternyata bahaya
profile-picture
sc5 memberi reputasi
emoticon-Cape d... siapa yang suka cabuti bulu hidung
profile-picture
profile-picture
sc5 dan kwacimuffin memberi reputasi
emoticon-Ngakak dipangkas aja yang aman
profile-picture
profile-picture
sc5 dan kwacimuffin memberi reputasi
emoticon-Takut walah ternyata bahaya gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
emoticon-Cape d... kalau dicabut sakit lah, kalau ane tak pangkas
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Kalo ane sih nggak nyabut gan. Cuma kalo pas ngupil kadang ikut ketarik, apalah daya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
wah wah, ini udah reflek kalo gw. Biasanya kalo lagi nyetir pas macet tangan gw suka jalan sendiri nyabutin bulu hidung.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelokalau kayak gitu sih gak masalah gan

Quote:
emoticon-Matabelojangan lagi kayak gitu gan, bahaya
profile-picture
sc5 memberi reputasi
emoticon-Takut ane sering ngelakuin ini, padahal sakit
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Gitu ye gan
nice sharenya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Bulu hidung itu akar dari otak..
Jadi kalau ditarik nanti otak nya ikut ketarik..
Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan
profile-picture
profile-picture
sc5 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
padahal enak gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-2 Jempoliya gan, terima kasih

Quote:
emoticon-Matabeloitu apaan

Quote:
emoticon-Matabelosakit padahal gan
profile-picture
profile-picture
sc5 dan danQe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak padahal ada gunting, kenapa dicabut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
ada yg warna putih, jika tidak dicabut akan menggatal
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak untung bulu hidung ane nggak keluar-keluar hidung
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
ane biasa ngupil kadang upilnya nempel ke bulu, itu gimana?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
sc5 dan masnukho memberi reputasi
Saya biasanya cabu t yg warna putih,habis belang kalo dibiarin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabelogak papa kalau kayak gitu gan

Quote:
emoticon-Matabeloemang ada yang putih ya gan?
profile-picture
profile-picture
sc5 dan ushirota memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di