masit88Avatar border
TS
masit88
Yang Harus Dipelajari dalam Kursus SEO
Yang Harus Dipelajari dalam Kursus SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah topik yang menarik bagi hampir semua orang yang bekerja di bidang digital, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun, banyak orang bahkan tidak tahu harus dari mana memulainya. Terkadang menyebabkan kebingungan karena topik tentang SEO sangatlah luas. Ada banyak situs yang menawarkan kursus SEO online, baik berbayar maupun tidak berbayar. Dan jika ingin hemat, bisa mendapatkan layanan dari kursus SEO gratis. Dengan mengikuti kursus SEO, akan mendapatkan arahan komprehensif tentang semua bidang yang relevan, sehingga bisa beralih dari pemula menjadi profesional dalam waktu singkat. Lalu apa Yang Harus Dipelajari dalam Kursus SEO?

Jika tertarik untuk mengikuti kursus SEO, inilah terlebih dahulu yang harus dipelajari dalam kursus SEO, di antaranya:

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Riset kata kunci melibatkan pencarian kata atau frasa yang diketik orang ke mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo untuk menemukan informasi tentang situs web atau bisnis Anda. Ini dapat dilakukan secara manual atau dengan alat otomatis seperti Google AdWords atau Iklan Bing.

Tujuannya adalah untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalani atau bisnis yang dijalani klien tetapi tidak terlalu kompetitif — sehingga website bisnis Anda atau website bisnis klien akan muncul di halaman pertama hasil pencarian saat orang menelusurinya.

Misalnya, jika bisnis Anda menjual jasa pindah server dan perangkat it, maka kata kunci yang perlu diriset dimulai dengan kata: “jasa pindah server” itu sendiri. Kemudian juga dapat mencari variasi dari kata tersebut (misalnya, “pindah server jakarta”, “jasa pindah computer batam”). Jika bisnis klien anda bergerak di bidang spare part pompa industri, maka kata kunci yang perlu diriset dimulai dengan kata: “jual spare part pompa industri”. Kemudian juga melakukan riset kata kunci sejenis misalnya: “shaft wilden part number 02-3810-03”, dll.


Yang harus dipelajari dalam kursus SEO | Search engine optimization | Pict.: pixabay.


Dasar-dasar Backlink (Backlinck Basics)

Backlink adalah landasan strategi SEO. Backlink membantu untuk mencapai tujuan Anda dengan mengirimkan lalu lintas ke website, meningkatkan peringkat, dan meningkatkan visibilitas di website Anda atau website bisnis klien. Namun, bagi pengguna baru, backlink juga bisa membingungkan.

Untuk  mendapatkan backlink bisa dilakukan dengan du acara yakni;

Meminta orang atau bisnis lain untuk menautkan ke website Anda atau website klien dengan menambahkan tautan ke situs web mereka (ini disebut tautan “eksternal”). Ini disebut tautan “masuk” karena membawa pengunjung dari tempat lain ke situs Anda. Anda diarahkan ke tempat lain melalui tautan keluar. Membawa Anda ke halaman website atau website yang berbeda.

Manajemen URL (URL Management)

Pastikan URL mudah dibaca, diingat, dan dioptimalkan untuk mesin pencari. Hal penting yang jangan diabaikan adalah harus mempertimbangkan bagaimana orang mencari sebuah konten, jadi tidak hanya fokus pada kata kunci (keyword) atau frasa yang sudah relevan dengan konten yang dioptimasi saja.

Agar website dapat diindeks, ia harus memiliki struktur URL yang masuk akal dan diatur dengan cara yang juga masuk akal bagi manusia (misalnya, jika Anda membuat postingan untuk blog tentang [jasa instalasi perangkat it], Anda mungkin harus menamainya seperti [jasa__instalasi_perangkat_it]_blog).

Url yang baik dan singkat memudahkan orang yang ingin mencari informasi tentang [jasa instalasi perangkat it] di websiteAnda mengaksesnya dengan cepat. Hal ini juga memungkinkan mesin pencari seperti Google dan Bing merayapi situs Anda dengan lebih mudah — dan saat mesin pencari melakukannya dengan lebih efektif, akan dapat mengindeks website Anda lebih cepat.

Konten Pemasaran (Content Marketing)

Konten pemasaran adalah cara menulis konten agar bisa menarik lebih banyak orang ke website Anda, lalu mengubahnya menjadi pelanggan. Begitu mereka ada di sana, Anda dapat meyakinkan mereka untuk membeli sesuatu dari Anda; ini bisa berupa produk atau layanan jasa, seperti IP PBX Yeastar atau Jasa IT Outsourcing Jakarta.

Banyak yang mengira menulis konten pemasaran berarti hanya menulis tentang bisnis untuk postingan blog atau postingan media sosial saja. Tapi itu hanya setengahnya! Separuh lainnya adalah mempelajari cara mempromosikan postingan tersebut secara efektif sehingga orang dapat melihatnya dan mengkliknya. Anda pasti ingin mempelajari cara menemukan audiens yang tepat untuk postingan Anda — baik di grup Facebook atau Instagram — dan cara membuat judul dan deskripsi yang menarik yang akan membuat orang tertarik dengan apa yang Anda informasikan.


Yang harus dipelajari dalam kursus SEO | Search engine optimization | Pict.: pixabay.


Struktur Konten (Content Structure)

Pembuatan struktur konten yang baik dan benar memudahkan mesin pencari (search engine) untuk mengindeks dan memahami konten. Struktur sebuah konten mesti berisi judul, subjudul, deskripsi (paragraf yang jumlah karakternya tidak terlalu panjang), internal link fan eksternal link atau tautan antara halaman situs yang berbeda (sehingga Google tahu di mana satu topik berakhir, dan yang lainnya dimulai).

Dapat juga menggunakan tag HTML khusus yang disebut deskripsi meta yang memberi tahu mesin pencari (search engine) Google tentang setiap halaman dan mendorong mesin pencari (search engine) untuk menampilkannya lebih tinggi daripada halaman yang lebih panjang dengan informasi yang lebih sedikit!

Analisis Website (Web Analytics)

Analitik website mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data tentang pengunjung website Anda. Informasi ini dapat membantu Anda memutuskan cara mengoptimalkan situs untuk mesin pencari (search engine) dan meningkatkan lalu lintas kunjungan (traffic). Alat analisis website sangat penting untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan website Anda, apa yang mereka cari, bagaimana mereka menemukannya, dan bagaimana mereka terlibat dengannya.

Banyak alat (tools) analisis web yang tersedia saat ini, mulai dari layanan gratis seperti Google Analytics hingga layanan berbayar seperti, Semrush, MOZ, dan Adobe Analytics. Beberapa alat ini menawarkan fitur yang lebih canggih daripada yang lain, jadi Anda harus memilih salah satu yang memenuhi semua kebutuhan Anda sebelum mulai mempelajari web analitik.

Manajemen Website (Web Management)

Manajemen website adalah serangkaian praktik yang dapat digunakan pemilik website untuk meningkatkan peluang mereka mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian, termasuk:

Pilih nama domain yang relevan dengan bisnis dan produk atau layanannya.
Menambahkan konten ke wesite Anda yang orisinal dan relevan dengan bisnis Anda.
Pastikan wesite Anda mudah dinavigasi, sehingga pengguna lebih mungkin menemukan apa yang mereka cari.

Jadi, mulailah dengan mempelajari cara merencanakan SEO saat membangun website baru atau mendesain ulang situs yang sudah ada. Kemudian lanjutkan untuk mempelajari cara mengoptimalkan halaman yang ada di wesite Anda melalui pengoptimalan konten dan peta situs XML. Terakhir, pelajari cara memantau dan melacak kemajuan website dan konten Anda dari waktu ke waktu dengan melacak data analitik seperti sumber lalu lintas dan rasio konversi.

SEO local (Local SEO)

SEO lokal mengacu pada pengoptimalan situs Anda untuk mesin telusur lokal seperti Google Maps, Google My Business/Google Business Profile, dan lainnya. Ini sangat penting khususnya bagi bisnis yang menargetkan pelanggan di kota Anda atau sekitarnya.

Langkah pertama saat belajar tentang SEO lokal adalah memahami apa yang membentuk website yang sukses—dan kemudian memastikan website Anda memiliki semua elemen tersebut. Ini termasuk:

Memiliki alamat yang akurat di website Anda.
Termasuk foto gedung atau lokasi tempat Anda beroperasi (jika ada).
Memiliki ulasan dari pelanggan yang diposting di situs Anda.
Menggunakan kata kunci (keyword) yang terkait dengan lokasi bisnis Anda di semua platform online Anda (termasuk profil media sosial).

Demikian Anda telah mempelajari dasar-dasar optimasi mesin pencari organik (organic search engine optimization). Dengan pengetahuan itu, Anda dapat mengembakannya lebih dalam ke lapangan sambil memberikan beberapa tips pengoptimalan mesin pencari (search engine) yang ampuh kepada klien Anda. Masih banyak aspek lain dan strategi lanjutan untuk dipelajari dalam optimasi mesin pencari organik. Namun, fokuslah untuk mempelajari salah satu dari strategi lanjutan ini saat Anda mulai menerapkan konsep utama yang dibahas. Kalau tidak, hal-hal bisa membingungkan dengan cepat. Sekian pembahasan mengenai apa Yang Harus Dipelajari dalam Kursus SEO. Semoga bermanfaat. (Sumber: sitepronews.com)

0
137
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan