KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6393c0152656857df5555478/mengapa-akhir-akhir-ini-banyak-gempa-ternyata-ini-penyebabnya

Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!

Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Belakangan ini, gempa bumi sering kali terjadi di pulau Indonesia khususnya pulau Jawa. Bila kita ingat kembali, semua dimulai pada 21 November 2022 di Cianjur, Gempa berkekuatan 5.6 magnitudo yang banyak membuat kerusakan.

Tak berhenti sampai di situ, gempa-gempa susulan dengan kekuatan kecil juga terjadi. Meski kecil, tapi bisa dirasakan warga dan tentu saja membuat khawatir. Kemudian terjadi di Garut dengan kekuatan 6,1 magnitudo, lalu berlanjut ke gempa Jember pada 6 Desember 2022. Hingga yang baru-baru ini terjadi di Sukabumi 5,8 magnitudo yang juga menghancurkan rumah-rumah warga.

Lantas mengapa dalam sebulan ini ada banyak gempa terjadi, bahkan setelah dihitung sudah ada 16 gempa terjadi di Indonesia? Ada apa kah ini? Apakah tanda kiamat? Enggak dong, wkwkwk.

Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Secara geologis, wilayah Indonesia berada di pertemuan 3 lempeng tektonik yaitu Asutralia, Eurasia dan Pasifik. Jadi bisa dibilang daerah ini memang rawan gempa karena sering terjadi aktivitas pergerakan lempeng yang mungkin saling senggol dan menyebabkan stress.

Terutama daerah Jawa Barat yang memang berada di kawasan seismik aktif. Hal ini membuat daerah Jawa Barat lebih rawan terkena gempa. Dan sumber-sumber gempa itu sendiri berasal dari beberapa sesar aktif yang berada di bawah kawasan Jawa Barat.

Apa itu sesar? Sesar sendiri adalah patahan atau celah dari lapisan kerak bumi yang merekah dan mengalami pergeseran. Inilah yang menjadi penyebab banyaknya gempa-gempa yang akhir-akhir ini sering terjadi.

Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Note: Garis merah itu posisi sesarnya

Sesar-sesar yang berada di Jawa Barat sendiri ialah sesar Cimandiri, Garut Selatan, Lembang, Balibis, Cipamingkis dan Padalarang. Selain itu diperkirakan masih ada sesar-sesar yang belum terdata dan baru ditemukan yang membuat gempa di Cianjur.

Kebetulan, terjadi fenomena di mana sesar-sesar ini aktif. Kekuatan dan energi yang dilepas oleh sesar ini sendiri berbeda-beda. Semua punya perhitungan dan akumulasinya sendiri-sendiri. Kedalamannya pun berbeda-beda.

Namun pakar kegempaan Universitas Gadjah Mada, Gayatri Indah Marliyani menyampaikan bahwa sejauh ini frekuensi gempa yang terjadi masih terbilang wajar.

Mengapa Akhir-akhir Ini Banyak Gempa? Ternyata Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Meski begitu, kita tak pernah tahu kapan sesar-sesar ini aktif kembali. Dan apakah sesar yang aktif ini membuat sesar-sesar lainnya ikutan aktif? Tak ada yang bisa memprediksi, yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap dan siaga apabila hal darurat terjadi.

Stay safe semuanya, GanSis! emoticon-Kiss (S)

Sumber / Link Referensi: 1, 2
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbabyirl dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kalian merasakan gempa yang mama gansis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Anehnya dari sekian banyak gempa, TS gak merasakan satu pun wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ane jga gk merasakan gan wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Potensi bencananya tinggi juga ya
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kejadian yang sulit diprediksi
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Waduh jangan ada lagi deh, ngeri di darat soalnya
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Wah jadi lebih waspada ya sekarang
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ilmu pasti yang ga pasti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
tepat aja IKN dipindah ke pulau kalimantan
lebih aman dari gempa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jawa barat posisinya rawan kalau begitu ya ..
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
kalo lempeng australia terus mendesak lempeng eurasia...besar kemungkinan wilayah lempeng eurasia sebelah selatan (wilayah Indonesia bagian selatan) akan jadi tinggi, karena didesak terus dari bawahnya...semoga ketinggiannya bisa menyamai burj khalifa, jadi seluruh wilayah pulau jawa akan berada di atas awan, dan tentunya jadi akan dingin sekali....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emangon dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Penyebab nya ? emoticon-Bingung
Ente nanyak yak gan
Penyebab gempa misik ente tanyak..
Nih yak gan, gw kasik taw yak..
Gempa adalah doa yg terkabul bagi rakyat kismin. Bencana alam adalah pemersatu bangsa. Dimane si kaya jatoh kismin dan hidup se tenda tidur bareng si kismin.
emoticon-Hansip dah paham
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kalau logika kadrun pasti gara gara orang gak mau pakai hijab. Padahal daerah yang sering kena bencana alam itu kebanyakan sarang kadrun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sementara daerah golongan yang tukang teriak teriak azab malah kena gempa emoticon-Ngakak (S)

LaH KaN oRANg LaiN yaNg ZiNaH KiTa YaNg KeNa GeTaHnYa?!!

Iyain aja lah berarti azab kok friendly fire emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ga kerasa gempa cuma goyang2 ajaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Komen andalan orang2 di IG "kena adzab" emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bumi mulai sedang tidak baik baik saja emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sayutifadil dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di