KOMUNITAS
Home / FORUM / All / ... / Hansip Hoax /
Waspada Penipuan Berkedok Supplier Daging! Jutaan Lenyap dan Pelaku Belum Tertangkap
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638fd369e3ee9e1e2804818b/waspada-penipuan-berkedok-supplier-daging-jutaan-lenyap-dan-pelaku-belum-tertangkap

Waspada Penipuan Berkedok Supplier Daging! Jutaan Lenyap dan Pelaku Belum Tertangkap



Zaman sekarang yang serba susah, apa saja bisa jadi jalan bagi seseorang untuk melakukan tindak kejahatan. Belum lama ini, sepupu saya kena tipu, Gan! Berkedok supplier daging, penipu berhasil membawa kabur uang jutaan rupiah.

Kronologinya:
Teman saya memiliki usaha di bidang kuliner dan rajin mempromosikannya di berbagai media sosial. Suatu hari, si penipu mengomentari salah satu postingannya dan bertanya apakah sudah memiliki supplier atau belum untuk kebutuhan daging sapi di lapaknya.

Berhubung memang belum ada karena biasanya membeli sendiri ke pasar maka teman saya menerima tawaran si penipu untuk menjadi supplier daging dengan kesepakatan harga dan sistem pembayaran. Menurut teman saya, ia memiliki pertimbangannya sendiri.

Lebih praktis menggunakan jasa supplier daripada belanja daging sendiri karena hemat tenaga dan waktu sekaligus membantu usaha orang lain karena prinsipnya hidup itu saling membutuhkan. Kalau ingin usaha lancar, bantulah juga usaha orang lain, ujar teman saya.

Singkat cerita, teman saya pun membuat orderan pertamanya kepada si penipu. FYI, ternyata ada minimal order agar bisa free ongkir alias gratis biaya pengiriman. Tadinya, hanya ingin memesan sekian kilo. Akhirnya, jadi memesan sesuai minimal order agar bisa free ongkir.

Pesanan pertama berjalan lancar, baik dari segi jam pengantaran dan kualitas daging sapi. Berbekal pengalaman pertama, teman saya pun membuat lagi orderan kedua. Begitu kurirnya tiba, daging sapi langsung di cek dan ditimbang ulang. Setelah semuanya beres, teman saya pun melakukan pembayaran via m-banking.

Waspada Penipuan Berkedok Supplier Daging! Jutaan Lenyap dan Pelaku Belum Tertangkap
Ilustrasi menimbang daging (sumber)


FYI, setiap pengantaran, yang mengantar daging bukan si penipu melainkan kurir dan sistem pembayaran sesuai kesepakatan adalah barang tiba, baru uang ditransfer via m-banking. Namun, masalah muncul ketika si kurir bilang bahwa bosnya telpon dan tidak ada uang pembayaran yang masuk.

Teman saya pun menunjukkan bukti pembayaran kepada si kurir. Si kurir pun menyampaikan hal tersebut kepada bosnya. Ternyata, eh, ternyata... rekening tersebut bukan milik bosnya dan si penipu bukanlah salah satu pekerja atau bagian dari usaha mereka.

Ternyata, orang yang mengaku sebagai supplier daging tersebut hanyalah penipu. Ia bertindak sebagai calo yang memesankan daging kepada supplier yang asli dan mengarahkannya untuk mengantarkan daging ke tempat teman saya. Setelah teman saya selesai melakukan pembayaran, si pelaku langsung menghilang.

Teman saya dan bos supplier daging yang asli berkali-kali mencoba menghubungi si penipu, tapi sia-sia karena nomornya sudah tidak bisa dihubungi. Dengan berat hati, daging yang tadinya sudah diserahterimakan harus diangkut kembali oleh kurir karena tidak ada pembayaran.

Sementara itu, teman saya syok karena tidak menyangka telah menjadi korban penipuan dan uangnya hampir 2 juta melayang dibawa kabur si penipu. Hingga saat ini, pelaku mungkin masih berkeliaran di luar sana. Entah, berapa banyak orang yang sudah ditipunya.

Teman saya tidak melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib karena beberapa pertimbangan. Ia hanya berharap, melalui thread ini, para pembaca thread saya bisa berhati-hati dan membantu membagikan pengalamannya kepada orang terdekat Agan sekalian agar tidak ada lagi korban berikutnya.

Kiat Menghindari Penipuan Supplier Daging Palsu Abal-Abal:
1. Datang langsung ke tempat supplier daging sapi biar tahu pasti lokasi usahanya
2. Mengenal siapa bosnya
3. Memastikan nomor dan nama rekening pembayaran
4. Membeli langsung sendiri ke pasar


Semoga saja pelaku segera kena batunya dan tertangkap agar tidak ada lagi korban. Agan sekalian jangan lupa share thread ini ke medsos masing-masing dan juga pada orang terdekat, ya!. Selalu waspada pada orang yang baru dikenal.


Sumber: Ulasan Pribadi
Foto Ilustrasi: Tercantum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Reserved

Terima Cendol emoticon-Cendol Gan

Terima Rating Baik Nya emoticon-Maluemoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh duniabintang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada ada aja ladang bisnis yang bisa dijadiin media buat penipuan
emoticon-Ngamuk
Kesian teman TS, uang modal usaha malah dibawa kabur. Kebayang kayak apa nyeseknya. Emang iblis setan si penipu. Semoga dapet rejeki yang jauh lebih besar buat korban aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sepertinya ini modus penipuan segitiga Gan lebih detil disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Modus bgini dulu nya sering dipakai saat jual beli mobil/motor.

Skrg ud merambah ke yg lain. Tetap waspada gan.. Penipu makin lama makin pinter modus nya.

Bagus nya tetap lapor polisi dan blokir rek nya. Biar ngurangin gerak penipu. Dan kudu modal bikin rek baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Marak kemaren waktu harga minyak goreng mahal
poin positifny.... setidaknya sekarang dia jadi dpt supplier beneran.......


berarti lain kali dikasih jeda waktu saja baru pesan lagi ya..........


emoticon-Ngacir
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
metode lama ini mah
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
gimana kalo yg mesen sampai berton ton tuhh emoticon-Mewek
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Rugi 2 juta tp dpt kontak suppliernya lgs.
Semoga rugi nya ketutup sm cuan dikemudian hari
emoticon-Jempol

Btw ya zaman skrg ini lbh baik jadi org yg curigaan, drpd polos2 trus kena tipu mulu
emoticon-Ngakak
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Ane pernah ngalamin ini,cuman posisi ane sebagai pengirim....

Hikmahnya,gara2 ini ane kenal costumernya....akhirnya jadi langganan.....kisahpun berakhir dgn bahagia emoticon-Big Grin


Trimakasih penipu..... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jiresh dan duniabintang memberi reputasi
ada aja aksi baru nya para penipu itu
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
ampun ampun, makin banyak modus penipuan
blm selesai yg kurir, sekarang ada lagi yg daging
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
aneh, katanya orderan pertama lancar, berarti nomor rekening tujuan udah benar, kenapa yang kedua malah uang belum masuk? harusnya di save nomor rekening pembayaran yang pertama, atau memang mereka adalah komplotan penipu.
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
ada aja ya cara penipu tuh
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Biasanya kalau suplier resmi kita dikasih nomer rekening pribadi setelah ttd SPK
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
1 lagi, gunakan APK getcontak gan,
kliatan itu penipu apa tidaknya,
stidaknya 60% sudah kliatan, glagatnya
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
menipu kok cuma 2 juta, sdh ribet usaha nipu nya, ribet jg urusan hukumnya...
mending kalo nipu itu langsung ratusan juta atau miliaran, kan nanti dihukum penjara, uang kaga perlu dibalikin, penjara pun bisa diremisi...
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Model seperti begini sudah lama terjadi cuman baru viral aja setelah booming medsos
profile-picture
duniabintang memberi reputasi
serem gan, bisnis makanan olahan dan kuliner memang wangi cuannya. terjun langsung dan nego sama distributornya memang lebih baik.
profile-picture
profile-picture
jiresh dan duniabintang memberi reputasi
keknya ada bau2 kerja sama dgn bos dagingnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di