KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638fca097674d33b556599e2/pengurus-ponpes-dan-15-santri-menolak-dievakuasi-padahal-masuk-zona-merah

Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!

Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!
Sumber Gambar

Seperti yang kita tahu, belakangan ini Gunung Semeru yang berada di Lumajang tengah mengalami erupsi. Banyak dampak-dampak alam yang terjadi pasca erupsi tersebut mulai dari abu yang terbang ke udara dan menimbun rumah warga sampai banjir lahar dingin di sungai-sungai.

Banyak pihak juga yang terah bekerja sama untuk mengirimkan bantuan kepada warga yang terdampak. Aktivitas pun terganggu akibat erupsi ini, para warga was-was apabila nantinya terjadi erupsi yang lebih besar yang mungkin bisa lebih berdampak kepada mereka. Tapi semogas aja tidak terjadi.

Ketika situasi seperti ini, biasanya aka nada zona-zona yang dibagi berdasarkan jarak ke kawah gunung. Seperti zona merah, zona kuning dan lain-lain. Semuanya menggambarkan tingkat potensi bahaya yang terjadi di lokasi tersebut.

Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!
Sumber Gambar

Di saat orang-orang di zona merah memilih mengungsi untuk menyelamatkan diri, kali ini ada pemandangan atau kejadian yang cukup berbeda dari yang lainnya. Seorang pengasuh ponpes tampak menolak ajakan petugas untuk mengungsi.

Tepatnya di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. Beredar video yang menunjukkan seseorang yang diketahui sebagai pengasuh para santri Pondok Pesantren Nurul Barokah Al-Hidayah itu memilih untuk bertahan dan menolak ajakan beberapa orang yang bertugas untuk mengevakuasi warga.

Padahal posisi bangunan pesantren itu berada di zona merah. Pengasuh itu sendiri tidak sendirian, ia bertahan di lokasi bersama 15 santri lainnya. Apakah mereka abai dengan keselamatan? Mengapa si pengasuh bersikap demikian?

Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!
Sumber Gambar

Setelah videonya beredar, akhirnya pengasuh Ponpes itu buka suara. Ia menyatakan bahwa sikap penolakannya itu karena ia tidak suka dengan cara para petugas ketika hendak mengevakuasi mereka. Ia berkata bahwa para petugas itu tidak sopan padahal mereka berada di Pondok Pesantren yang seharusnya menjaga sopan santun.

Si pengasuh juga mengaku kalau ada santrinya yang bahkan sampai diseret-seret. Karena alasan inilah ia dan para santrinya memilih untuk bertahan. Oh, jadi alasannya karena ngambek nih gan si petugas gak sopan katanya.

Sikap tidak sopan memang salah. TS tahu di pondok pesantren kita harus sopan, tapi apakah penolakan evakuasi itu adalah respon yang tepat di saat situasi genting seperti ini? Apakah kehormatan dan harga diri lebih bernilai dari pada nyawa?

Pengurus Ponpes Dan 15 Santri Menolak Dievakuasi, Padahal Masuk Zona Merah!
Sumber Gambar

Worth it gak sih gan kalau kita sampai mempertaruhkan keselamatan hanya karena tidak senang dengan perlakuan seseorang?

Gak bisa gitu ikut aja dulu, perihal sikap mereka yang tidak sopan kan bisa dibicarakan dan diurus di tempat yang lebih aman.

Pertanyaan terakhir, kenapa petugas sampai seret-seret? Gak akan ada asap tanpa api, pasti ada penyebabnya si petugas sampai harus repot-repot menyeret orang yang mau dievakuasi.

emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret

Gimana menurut kalian gan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
defisusisusanti dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Positip thinking, mungkin mereka mau gelar doa bersama gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danraemonz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalo kalian ada bencana gini lari gk?
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin mereka mau berpasrah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
freedomjustice dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Hadeh ada aja kelakuan
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ini nih mempersulit kerja petugas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sp4rknvmm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nanti knp2 nyalahin petugas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perlu dipertanyakan knp si petugas nyeret2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Semoga ada klarifnya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
lumayan dapat promosi, apalagi kalo ga jadi meletus.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Biarin aja, pgn cpt2 ketemu Allah itu. Gak usah diganggu emoticon-Big Grin
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak sopan? Harus sungkem dulu..? Belajar agama g harus goblok kan..?!! Kasian orang tua para santri... Buang2 uang mondokin mereka di tempat orang tolol dan haus penghormatan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewimetal dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Primitive
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dibiarin mati nanti disalahin, mau diefakuasi malah banyak bacot pulak.

Setidak sopan gimana sih kalau keadaan darurat?

Coba untuk yg punya logika jika dalam keadaan darurat mana yang harus didahulukan, sopan santun atau keselamatan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buat surat pernyataan kalau mereka tidak mau di evakuasi dan tinggalin saja.
Berkurang 16 nyawa orang goblok.
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Juat let it be
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
semoga mereka baik baik saja
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang gila hahaha...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kelelep sama agama ya begitu, jadi bego
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rapopo gan,
Biarin mrk dengan keyakinan mereka

Kalo beneran kejadian,
Yaa palingan masuk koran sm media aja kan Ujung2nya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan junaedi1982new memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Logikanya sudah tertutup pengkultusan.

Tim SAR dituntut kecepatan dan bisa bekerja dengan efisiensi tinggi, ini urusan nyawa.
Mereka harus berpacu dengan waktu. Setiap detik sangat berharga, bahkan bisa jadi satu detik itu bernilai satu nyawa.

Tidak ada istilah basa-basi dalam kegiatan penyelamatan, fokus mereka adalah menyelamatkan dan segera merelokasi korban sebanyak banyaknya ke lokasi aman.

Mereka tidak mengharapkan penghargaan atau ucapan terima kasih. bagi mereka, berhasil menyelamatkan satu nyawa adalah tak ternilai harganya. Mereka hanya mengharapkan sikap kooperatif dan tidak ada resistensi.

Gw mau bilang:
"udah, gak perlu diselamatkan, masih banyak yang lebih layak diselamatkan"

Tapi tentu mereka tidak akan melakukannya, mereka akan tetap berusaha menyelamatkan nyawa sebanyak banyaknya. Nurani dan pengabdian mereka sudah jauh di atas emosi. Bahkan mereka jauh lebih beradab daripada yang ngakunya paham ilmu agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qulitqulup dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di