KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Dua Pangkalan Udara Rusia Diguncang Ledakan, Ukraina Kembali Diguyur Hujan Rudal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638f6a260739ff2b32239ec6/dua-pangkalan-udara-rusia-diguncang-ledakan-ukraina-kembali-diguyur-hujan-rudal

Dua Pangkalan Udara Rusia Diguncang Ledakan, Ukraina Kembali Diguyur Hujan Rudal

Quote:


Pada 5 Desember 2022, Rusia melaporkan jika dua sarang pesawat bomber mereka diguncang ledakan. Mereka menuduh Ukraina sebagai dalang dari serangan tersebut, dan menuduh Kyiv memakai drone buatan Soviet yang dimodifikasi untuk menyerang markas para bomber tersebut. Sementara itu Kyiv masih belum berkomentar atas tuduhan tersebut.

Dua pangkalan yang diguncang ledakan adalah pangkalan udara Engels dan Dyagilevo. Kedua pangkalan ini mendukung misi pesawat pengebom jarak jauh yang digunakan dalam serangan udara Moskow di Ukraina. Pembom Rusia di kedua pangkalan udara tersebut diduga juga terlibat dalam gelombang baru serangan udara terhadap Ukraina pada 5 Desember 2022, persiapan yang tampaknya telah dimulai setidaknya seminggu yang lalu.

Pangkalan udara di Engels, juga dikenal sebagai Engels-2, berada di wilayah Saratov; merupakan salah satu pangkalan penerbangan jarak jauh utama yang terletak di bagian barat negara itu. Kira-kira berjarak 480 km dari perbatasan Ukraina. Ledakan di Engels dilaporkan teejadi Senin pagi, tepat setelah pukul 06:00 waktu setempat.

Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh ledakan di Engels belum dapat dipastikan, tetapi TheDrive.com yang mengutip laporan media Rusia menyebutkna jika dua pembom strategis Tu-95MS Bear-H rusak dan dua orang terluka. Sebagai pengingat, Tu-95MS telah banyak digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah terhadap sasaran di Ukraina sejak awal perang. Dan Engels adalah rumah bagi Divisi Penerbangan Pengebom Berat ke-22, yang mengoperasikan satu skuadron Bear-H dan satu lagi pembom supersonik Tu-160 Blackjack. Kedua jenis pesawat ini telah digunakan dalam konflik di Ukraina. Pangkalan ini punya landasan pacu sepanjang 3500 meter.

Quote:


Sementara tentang ledakan di pangkalan penerbangan jarak jauh di Dyagilevo, rinciannya masih terbatas. Tetapi dari foto yang beredar menunjukkan jika sebuah pesawat Tu-22M3 Backfire dan sebuah truk tangki bahan bakar mengalami kerusakan. Beberapa analis menyebut jika pesawat pembom itu sudah dipasangi rudal jelajah Kh-22/Kh-32.

Pangkalan udara Dyagilevo juga dikenal sebagai Ryazan, terletak sekitar 240 km dari Moskow dan sekitar 450 km dari perbatasan Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa, tiga personel pemeliharaan tewas dan lima lainnya luka-luka. Ledakan ini awalnya dikaitkan dengan truk bahan bakar yang meledak. Itu mungkin terjadi, karena kendaraan itu bisa saja ditabrak oleh drone atau puing-puingnya.

Dyagilevo mengakomodasi Pelatihan Tempur Penerbangan Jarak Jauh dan Pusat Konversi Awak Pesawat, yang mengoperasikan pembom Tu-22M3 dan Tu-95MS, serta untuk sarana latihan kru memakai pesawat Tu-134UBL dan An-26. Pangkalan yang sama menampung Resimen Penerbangan Tanker Independen ke-203, yang bertanggung jawab atas penerbangan pesawat tanker Il-78 Midas yang dipakai mendukung misi pengebom jarak jauh Rusia. Pangkalan udara ini punya panjang landasan pacu 3000 meter.

Sampai saat ini penyebab dua ledakan tersebut tidak dapat dikonfirmasi, jelas bahwa ledakan memang terjadi dan Kremlin mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin telah diberitahu. Jika benar Ukraina berada di balik ledakan tersebut, ini akan menjadi perkembangan yang sangat signifikan.

Quote:


Di sisi lain, sebagian besar serangan Ukraina terhadap pangkalan udara Rusia telah terbatas pada lokasi yang lebih dekat ke perbatasan Ukraina seperti Krimea yang jauh lebih mudah dijangkau dengan drone kamikaze atau rudal balistik jarak pendek.  Di sisi lain, serangan terhadap pangkalan udara Rusia yang lebih jauh tampaknya melibatkan tim kecil untuk melakukan misi sabotase.

Beberapa analis menyebut serangan Ukraina mungkin memakai drone Tu-143 buatan Soviet untuk menyerang dua pangkalan Rusia tersebut. Sebelumnya pada bulan Juni, pesawat tak berawak Tu-143 Ukraina ditembak jatuh di wilayah barat Rusia. Tu-143 punya jangkauan sekitar 240 km dan Tu-141 punya jangkauan sekitar 1000 km.

Dan tentu Tu-143 tidak akan mampu mencapai dua pangkalan udara ini. Secara keseluruhan, Ukraina memang memiliki keterbatasan dalam peran serangan jarak jauh, dengan akurasi yang relatif buruk, kecuali mereka telah melakukan peningkatan yang signifikan pada sistem pemandu drone mereka.


Hujan Rudal Sebabkan Pemadaman Listrik di Ukraina


Bertepatan dengan serangan ke sarang bomber Rusia, Kyiv sendiri telah dihujani sekitar 70 rudal jelajah. Di mana Angkatan Udara Ukraina menyebut telah berhasil mencegat 60 rudal. Jika akurat, angka ini akan lebih tinggi dari biasanya. Ukraina sering melaporkan bahwa mereka menembak jatuh sekitar dua pertiga hingga tiga perempat rudal Rusia yang masuk ke wilayahnya.

Sementara serangan udara Rusia pada Senin (05/12/2022) telah melumpuhkan pasokan listrik dan air di sejumlah kota Ukraina, di mana penduduknya akan menghadapi suhu di bawah titik beku. Namun, kerusakan pada serangan terbaru kali ini dilaporkan jauh lebih kecil daripada serangan besar Rusia pada 23 November, atau beberapa serangan udara lainnya oleh Rusia terhadap jaringan listrik selama dua bulan terakhir.

Saat serangan terjadi, banyak warga Ukraina dan personel militer berlindung di stasiun kereta bawah tanah. Sementara itu pemerintah Ukraina memperingatkan bahwa sekitar setengah dari wilayah Kyiv akan tetap tanpa listrik dalam beberapa hari mendatang. Di sisi lain, 4 orang meninggal dalam serangan 5 Desember lalu.

Dalam konderensi pers pada hari Senin, Zelensky menyebut serangan rudal yang diluncurkan paling banyak mengarah ke wilayah Vinnytsia, Kyiv, Zhytomyr, Dnipropetrovsk, Odesa, Khmelnytskyi dan Cherkasy. Di sisi lain, sebenarnya banyak orang yang berharap adanya gencatan senjata ketika memasuki musim dingin, tetapi hal itu tampaknya tak akan terjadi. Karena Rusia terus menyerang sumber tenaga listrik Ukraina, masyarakat di negara ini akan bersiap menghadapi musim dingin paling buruk setelah mereka berpisah dari Uni Soviet.


Quote:



Referensi Tulisan: TheDrive.com & bbc.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Spt nya, ukraina bs memodifikasi drone2 jadul era perang dingin tsb tuk di alih fungsi kan sbg rudal2 balistk jarak menengah, gan.....

Jk mmg benar..... Wow...... Sistem arhanud nya kremlin bs kena tembus sejauh itu....

Btw....

Hah, genk putin telah gunakan jet2 pembom era cold war tsb tuk mnyerang ukraina pd 2022 ini, sejak dr jaman kapan ya.....

Dr awal2 perang, genk putin lbih sk andalkan jet2 pembom dan tempur (sukhoi dan mig) serta bnyk rudal2 jelajah/balistik jarak menengah tuk hajar bnyk target2 sipil dan militer nya ukraina selama ini.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syahali dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Sudahilah perang ini...presiden ukraina mengalah saja demi kebaikan bangsanya.

Coba diskusi damai dgn rusia...

Apa yg mereka mau sebenarnya.

Klo keberatan masuk nato yaa hold aja dulu.

Tapi klo mau ambil wilayah ukraina yaa beda ceritanya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 45 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 45 balasan
Tinggal memicu perang dunia shinobi nih
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Sadis amat sih putin, tiap kecubit balesnya ampe babak belur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 2 lainnya memberi reputasi
Malah makin memanas lagi, kapan kelarnya ini perang. Udah mo tahun 2023 napa ga pada bikin resolusi damai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Buritan Tupolev remuk yak..
Kalau iya diserang.. sarang bomber kecolongan nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nunggu kesadisan di musim dingin bre.... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
@si.matamalaikat tak apa katanya gan perang di ukrain itu.... Buat ngurangin populasi tentara rusky, udah kitak ngupi ngupi aja sambil scroll berita emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah masuk musim dingin blm sih ? Itu foto di atas masih blm nampak salju ya ?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Gerombolan Pelawak isr@eL sembunyi dimana kah ? emoticon-Betty
profile-picture
jlamp memberi reputasi
serem amat ya, semoga cepat berakhir perangnya
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Saat ini yang dibom baru infrastruktur kelistrikan Ukraina. Takutnya pada bulan Januari atau Febuari, di mana musim dingin ganas-ganasnya, Rusia mulai ngebom gudang pangan Ukraina. Saat itu fix, yang mati pasti jutaan. Dan harga Indomie bisa melambung tinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Beberapa analis menyebut serangan Ukraina mungkin memakai drone Tu-143 buatan Soviet untuk menyerang dua pangkalan Rusia tersebut. Sebelumnya pada bulan Juni, pesawat tak berawak Tu-143 Ukraina ditembak jatuh di wilayah barat Rusia. Tu-143 punya jangkauan sekitar 240 km dan Tu-141 punya jangkauan sekitar 1000 km

Ibarat kata ini namanya senjata makan tuan. Tapi keren juga ini Ukraina memakai drone jaman Uni Soviet untuk menyerang Rusia (jika benar serangan ini berasal dari Ukraina).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
masih panas bgt ya disana, saya kira sudah mereda
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


senjata makan tuan nih emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
sampai kapan ya ini akan berlangsung ? emoticon-Turut Berduka
profile-picture
jlamp memberi reputasi
"We weren't attacked, were just idiots" - Russian proverb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
udahlah cukup emang ngk bosen yak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
emoticon-Rusia emoticon-Rusia emoticon-Rusia uraaa...
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di