KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Untung Rugi Mobil Listr. Yakin Masih Mau Beli?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638edf1d7b80ff4b8022ee6f/untung-rugi-mobil-listr-yakin-masih-mau-beli

Untung Rugi Mobil Listrik. Yakin Masih Mau Beli?

Untung Rugi Mobil Listr. Yakin Masih Mau Beli?
KIA EV 6 GT, sumber: https://insideevs.com/news/625076/kia-ev6-vs-lamborghini-aventador-drag-race/

Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik adalah jenis mobil yang menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya. Ini berbeda dengan mobil bensin yang menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar. Mobil listrik telah menjadi pilihan populer karena kelebihannya dibandingkan dengan mobil bensin.

Salah satu kelebihan utama dari mobil listrik adalah efisiensi energinya. Baterai mobil listrik dapat menyimpan lebih banyak energi daripada bahan bakar fosil dalam volume yang sama. Hal ini berarti bahwa mobil listrik dapat menempuh jarak yang lebih jauh dengan satu kali pengisian baterai dibandingkan dengan mobil bensin yang membutuhkan pengisian bahan bakar yang lebih sering.

Selain itu, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil bensin. Mobil listrik tidak mengeluarkan emisi gas buang yang merusak lingkungan seperti CO2 dan NO2. Ini berarti bahwa mobil listrik lebih ramah lingkungan daripada mobil bensin, yang mengeluarkan emisi gas buang yang dapat menyebabkan polusi udara dan perubahan iklim.

Mobil listrik juga lebih nyaman dan tenang saat digunakan. Karena tidak ada mesin yang berputar, mobil listrik tidak mengeluarkan suara berisik seperti mobil bensin. Hal ini membuat mobil listrik lebih nyaman dan tenang saat digunakan, terutama di kota yang padat penduduk.

Selain itu, mobil listrik juga lebih mudah dalam perawatannya. Karena tidak memiliki mesin yang berputar, mobil listrik tidak membutuhkan perawatan yang sering seperti ganti oli atau ganti filter udara. Hal ini dapat mengurangi biaya perawatan mobil dan memberikan keuntungan kepada pemiliknya.


Dengan semua kelebihan tersebut, mobil listrik telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin menggunakan kendaraan yang lebih efisien, ramah lingkungan, nyaman, dan mudah perawatannya. Meskipun masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti biaya baterai yang masih mahal dan infrastruktur pengisian yang masih terbatas, mobil listrik masih menjadi salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan bagi siapa saja yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan.



Untung Rugi Mobil Listr. Yakin Masih Mau Beli?
Polestar 3

Kekurangan Mobil Listrik

Meskipun mobil listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mobil bensin, masih ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil listrik.

Salah satu kekurangan utama dari mobil listrik adalah biaya baterai yang masih cukup mahal. Meskipun biaya operasionalnya lebih rendah dibandingkan dengan mobil bensin, harga baterai mobil listrik masih cukup tinggi. Hal ini dapat menjadi masalah bagi beberapa orang yang ingin membeli mobil listrik namun tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli baterai yang baru.



Selain itu, infrastruktur pengisian baterai mobil listrik masih terbatas. Meskipun sudah ada beberapa stasiun pengisian baterai di beberapa kota, masih banyak wilayah di Indonesia yang tidak memiliki stasiun pengisian baterai. Hal ini dapat menjadi masalah bagi pemilik mobil listrik yang tinggal di wilayah tersebut dan harus menempuh jarak yang jauh untuk mengisi ulang baterai mobilnya.



Selain itu, mobil listrik juga memiliki masa pakai baterai yang terbatas. Baterai mobil listrik hanya dapat digunakan selama beberapa tahun sebelum harus diganti dengan yang baru. Hal ini dapat menjadi beban tambahan bagi pemilik mobil listrik yang harus mengeluarkan biaya untuk mengganti baterai mobilnya setelah beberapa tahun.



Meskipun mobil listrik tidak mengeluarkan emisi gas buang seperti mobil bensin, proses pembuatan baterai mobil listrik masih mengeluarkan emisi gas buang yang dapat merusak lingkungan. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari mobil listrik yang perlu dipertimbangkan.


Dengan semua kekurangan tersebut, mobil listrik masih menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Meskipun memiliki banyak kelebihan, masih ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil listrik. Pembelian mobil listrik harus dilakukan setelah mempertimbangkan semua kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut.



Meskipun demikian TS masih percaya, mobil listrik pada akhirnya akan menggantikan mobil berbahan bakar minyak.

Nah, gansis, yang punya mobil listrik atau berencana membeli mobil. Monggo komen di bawah.

emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yudiono.albert dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dumpsys
Halaman 1 dari 2
Masih terlalu mahal gan, harga baterei nya sendiri bisa seharga satu mobil dengan BBM.

Dan sepertinya nantinya saat harus ganti baterai beberapa tahun lagi, harga mobil listrik sudah lebih murah. Jadinya mobil + baterei di buang dan ganti mobil baru = sampah elektronik dan baterei nambah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelkidz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bagi ane kekurangan mobil listrik itu cuman satu, yaitu ana masih kekurangan dana buat beli mobil listrik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azhuramasda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Untuk sekarang bukan untuk kaum mendang mending gan emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perihal kekurangan mobil listrik karena biaya baterai mahal itu hanya pemikiran agan saja.
Bisa beli mobil listrik? Masa gak bisa beli baterai?
Yg bukan sultan pasti iya mahal
profile-picture
azkancud memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Menurut gw kelebihan mobil listrik cuma 1 yaitu lebih senyap

Tapi untuk masalah efisiensi dan ramah lingkungan itu bullsh*t

Efisiensi jarak tempuh? hahaha ngaco, mobil listrik itu lebih pendek jarak tempuhnya dibanding mobil bensin. Selama belum ada yg bisa bikin battery yg ringan dan ringkas maka jarak tempuh mobil listrik ya lebih pendek

Juga ramah lingkungannya? memangnya cobalt dan lithium gak ditambang?

Pembangkit listrik yg digunakan juga banyak yg masih pakai batubara, bahkan negara EU saja masih pake

Untuk recyling battery juga ada masalah sendiri dimana tidak sepadan antara cost dan hasilnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kangenjkt dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nunggu sekenan aja dah.. tar cari batre KW di roxy emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelkidz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Klo batere nya smp bunting bisa bahaya tu emoticon-Embarrassment
harganya masih mahal, nunggu seken nya aja
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
yg bikin ngk ok ngecas nya ngk sih?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
mobil listrik ramah lingkungan? ramah lingkungan?
bukannya listrik di indo kebanyakan pake batu bara yak? kayaknya cuma mindahin emisi dari jalanan ke pabrik aja deh. hiihih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane rasa ini alternatif.. mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan bakar fosil juga.

Jadi kedepannya mungkin ada beberapa opsi pilihan kendaraan... Hibrida, batre, sama mesin konvensional hemat energi atau bahan bakar lain misalnya hidrogen.

Jadi saling melengkapi saja.

Kalo minat beli mobil baterai mantep kok buat dalkot aja sih saat ini udah mulai banyak wara wiri.. masalah harga mahal wajarlah... Kedepanny mungkin murah.

Tapi listriknya teteup mahal. emoticon-Big Grin
mobil listrik masi mahal cuy, orkay doang yg beli, jadi gamasalah kalo soal ganti batre, mungkin bakal ganti mobil sekalian, banyak duit soalnya emoticon-Ngakak
Walau harga maitainance lebih murah dr mobil biasa tp dr segi harga ini mobil kalangan menengah atas, ga cocok buat kaum mendang mending kayak ane gan,
tp kalo ada yg mau ngasih sih ane terima dengan iklas emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
Untuk saat ini, biaya perawatan terkait si batere masih sangat mahal. Sempet baca berita luar negeri gtu, dibilang kalau biaya perbateraian tuh mobil bisa setengah harga jual. Gak kebayang kalau bermasalah.
TPT charge belum merata juga sih. Paling banter kalau di Jabodetabek baru sebatas wilayah perkantoran elit, komplek perumahan yg elit2 gtu.

Sama kalau batere ada bocor, trus kebakar didalem, itu dah pasti 1 mobil lenyap. Sempat ada documentary terkait ini soalnya
Kalo ada uang, ane akan beli. Soalnya listrik dirumah gratisemoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus
kalo d Indonesia kekny masih sulit nih, listrikny msh 1300 rata2 emoticon-Ngakak
Go green hanyalah propaganda sjw peliharaan konglomerat tambang


Yang benar seharusnya go primitive yang menjauhkan di dari peralatan modern....
perawatan buat mobil listrik gmn nih gan?
kemudian kalo kena genangan banjir bagaimana?
info lanjut gan
Ganti pakai batre alkaline aja bor di jamin ngacirr ..
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di