KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
MiG-31 Foxhound Jatuh di Hutan, Pilot Berhasil Melontarkan Diri dari Pesawat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638daf7f3c23161fe10228be/mig-31-foxhound-jatuh-di-hutan-pilot-berhasil-melontarkan-diri-dari-pesawat

MiG-31 Foxhound Jatuh di Hutan, Pilot Berhasil Melontarkan Diri dari Pesawat

Quote:


Kilas balik pada 1 Desember 2022, F-35B milik USMC yang beroperasi di Jepang mendadak mendarat darurat di Kadena Air Base setelah mengalami gangguan kelistrikan. Saat pesawat hendak di towing dari landasan pacu, tiba-tiba roda pendarat bagian depan F-35B roboh; yang menyebabkan pesawat tersungkur di landasan pacu. Dalam insiden ini tak ada personel yang terluka.

Dan tak berselang lama, giliran rival Amerika yang mengalami nasib kurang baik, pasalnya MiG-31 Foxhound yang dioperasikan Angkatan Udara Rusia dilaporkan jatuh pada hari Jumat (02/12/2022) alias satu hari setelah insiden yang menimpa F-35B. Mengutip laporan media Rusia, yakni TASS, pesawat jatuh di Wilayah Primorsky; lebih tepatnya MiG-31 jatuh di area yang jauh dari pemukiman dekat hutan di desa Alekseevka.

Menanggapi kecelakaan tersebut, sebuah helikopter Mi-8 dikirim untuk mengevakuasi sang pilot. Dalam artikelnya, TASS menyebut jika pesawat sedang dalam misi latihan serta untungnya tidak membawa amunisi. Tidak diketahui bagaimana kondisi MiG-31 tersebut, apakah mengalami total lost (rusak dan tak bisa diperbaiki) atau hanya mengalami kerusakan ringan ? Di sisi lain, masih dari sumber artikel yang sama, pesawat diduga mengalami masalah teknis setelah lepas landas. Saat ini masih dilakukan penyelidikan terkait jatuhnya pesawat tersebut.

Quote:


Sekilas tentang MiG-31 (Kode NATO: Foxhound) merupakan pesawat pencegat supersonik yang dibuat untuk Angkatan Udara Uni Soviet. Pesawat ini dirancang Biro Desain Mikoyan sebagai pengganti MiG-25 (Kode NATO: Foxbat), MiG-31 terbang perdana pada 16 September 1975; serta resmi mulai berdinas pada 1981.

Setelah Uni Soviet bubar pada tahun 1991, MiG-31 diwariskan kepada Rusia. Total ada 500 unit pesawat yang dibuat, selain Rusia, ada nama Kazakhstan yang juga mengoperasikan pesawat tersebut. Rusia pun kini mulai melakukan upgrade pada beberapa unit armada Foxhound, rencananya pesawat akan tetap terbang sampai 2030-an.

Sebagai tambahan informasi, sejak 2017 Rusia telah memodifikasi 11 unit MiG-31 untuk bisa membawa rudal hipersonik Kinzhal. Versi modifikasi itu kemudian diberi nama MiG-31K, sebelum invasi ke Ukraina; pada 7 Februari 2022 MiG-31K yang membawa Kinzhal telah merapat ke Kaliningard. Dan setelah invasi diluncurkan, beberapa bulan kemudian ada kabar jika Rusia telah menembakkan rudal tersebut ke Ukraina; rudal digunakan menyerang fasilitas militer di wilayah Vinnytsia pada bulan Agustus 2022.

MiG-31 yang dilengkapi Kinzhal biasanya berbasis di Akhtubinsk, dekat Astrakhan, di Rusia selatan, dekat perbatasan dengan Kazakhstan. Rudal Kinzhal disebut bisa ngebut sampai kecepatan Mach 10 (12.300 km/jam) dan punya jangkauan hingga 2000 km, rudal bisa dilengkapi hulu ledak konvensional atau nuklir. Karenan ukurannya yang agak jumbo, setiap MiG-31 hanya bisa membawa satu unit rudal Kinzhal.


-----------------



Referensi Tulisan: TASS
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
Mig 31 sdh dinas dr 1975-80 hingga skrg..... Sdh berumur jg ya, gan..... Ya jk ada yg kepleset sedikit pd tahun inj, ya gak heran sih.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
"Cuma kesalahan Teknis" emoticon-Embarrassment
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Pesawat super ngebut yg susah belok ini jatuh pas latihan.
Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi.
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Sayang banget ya, sekali jatoh ilang milyaran dollar emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 69banditos memberi reputasi
F35 lebih epic gan, jalan tertatih kemudian tersungkur emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga ga kejadian lagi ya seperti ini emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan zaekun69 memberi reputasi
Waaduh, untung pas latihan dan ga bawa munisi. Coba bawa bom key biasanya, bisa hancur semua tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
duh sayang amat ya
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
waduh kalo sampe jatuh gitu bahaya juga buat orang yang bawa semoga aman aman saja
profile-picture
profile-picture
ladiesnight69 dan jagotorpedo memberi reputasi
Taun ini kok banyak alustista yang demen Kamikaze, kasian kan pilotnya, semoga selamat.
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan black.robo memberi reputasi
Diubah oleh zaekun69
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
untung aja sempat melontarkan diri
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
baru take off jadi masi kecepatan rendah yah...emoticon-Big Grin

Bandingkan dgn saudara tuanya, si Mig-25 Foxbat yg celaka saat pengujian pada 1981.
Pilotnya (Alexander Konovalov) eject pada ketinggian 59000 ft dgn kecepatan mach 2,6..!!
Berhasil survive selain karena kelengkapan keselamatan (kursi lontar, pakaian utk high altitude), juga karena densitas udara yg rendah di ketinggian tsb, jadi mengurangi hantaman udara dari depan saat eject pada kecepatan supersonik..
...cmiiw

ejection at mach 2,6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
waduh dibutuhkan kemampuan yang benar benar ahli untuk bisa tenang dari keadaan yang sulit
syukur pilotnya terlontar bukan rudalnya


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di