KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638c315d74cfd779b57e2cac/heboh-bak-nikah-sungguhan-sma-di-cisarua-ini-gelar-uprak-pernikahan-super-terniat

Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!


Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
(Tangkapan layar dari akun instagram @limfive555)


Halo, Gaes! Jumpa lagi dengan TS @aldysadi yang kece di sini emoticon-Cool.


2 hari lalu, TS dibuat takjub oleh sebuah video yang direpost oleh akun @moodchanger. id di instagram dan mendapatkan hampir 4rb likes + 61,8rb tayangan. Dalam video tersebut, tampak momen pernikahan yang sakral diabadikan dengan begitu indah nan dramatis. Video mulanya diawali dengan iring-iringan mobil yang sepertinya mobil pengantin.


Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
(Tangkapan layar dari video yang direpost akun instagram @moodchanger.id)


Lalu, slide demi slide tampak suasana layaknya sebuah acara pernikahan. Di dalam sebuah gedung, dekorasi bunga dan pelaminan menyemarakkan suasana. Tamu undangan terlihat memenuhi kursi dan sejumlah pengisi acara bergantian di atas panggung hingga sosok calon pengantin pria dan wanita muncul.


Namun, yang membuat TS sangsi adalah kepsyen dalam postingan video tersebut yang bertuliskan, "Beneran niat banget😭" dan "Praktik nikahnya another level😱". What?! Ternyata, video acara pernikahan tersebut hanyalah sebuah uprak (ujian praktek) pernikahan di salah satu SMA negeri.


Sontak, dalam hati TS berkata, "Ah, masa, sih! Praktik nikah segitu niatnya? Beneran, gak sih ini bikin uprak pernikahan sampe kayak asli, heboh binti meriah? Betulankah sekolah jaman sekarang ada praktik nikah? Pelajaran apa tuh, ya? emoticon-Bingung (S)".


Merasa penasaran, TS pun ikut mengomentari postingan tersebut untuk mempertanyakan kebenaran kepsyennya sekalian ngepoin dari sekolah mana video tersebut berasal. Lumayan, kan pikir TS buat ide nulis karena menurut TS ini sesuatu yang baru, unik dan segar untuk diulas, hehe.


Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
(Tangkapan layar komentar TS ((@dysal_)) di instagram)


Beruntung, salah satu murid dengan akun instagram @nazlanhlzaa yang kelasnya terlibat dalam video uprak (ujian praktik) pernikahan tersebut membalas komentar TS sehingga TS dapat menulis thread ini emoticon-Ngakak (S).


Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
Heboh bak Nikah Sungguhan, SMA di Cisarua Ini Gelar Uprak Pernikahan Super Terniat!
(Tangkapan layar balasan komentar dari @nazlanhlzaa)

Dari @nazlanhlzaa pula, TS mengenal dua akun lainnya, yaitu @limfive555 (akun instagram milik kelas XII MIPA 5) dan @superbscience6 (akun instagram milik kelas XII MIPA 6) yang menjadi sumber informasi tambahan bagi TS untuk menulis thread.



Fakta Video Uprak Pernikahan

Spoiler for Momen penikahannya:


A. SMAN 1 Cisarua

Jadi, Gaes! Uprak pernikahan ini merupakan uprak bagi seluruh murid kelas 12 di SMAN 1 Cisarua.Pelaksanaannya masing-masing dikerjakan perdua kelas sebagai tugas kelompok. Nah, video uprak pernikahan yang menjadi ramai setelah direpost sekaligus yang kita bahas dalam thread ini adalah milik siswa-siswi kelas XII MIPA 5 & 6 dari SMAN 1 Cisarua.

Spoiler for momen pernikahannya:


B. Gabungan dari Beberapa Mapel

Tak sedikit netizen yang mengira bahwa uprak pernikahan ini merupakan bagian dari mapel (mata pelajaran) PAI.Faktanya, pelaksanaan uprak pernikahan di SMAN 1 cisarua merupakan gabungan dari beberapa mapel, yaitu PABP, Seni Budaya, Bahasa Sunda dan PKWU.

Oleh sebab itu, mereka melaksanakan uprak ini dengan seniat dan sebaik mungkin demi memperoleh nilai yang bagus di semua mapel tersebut. Jadi, bukan semata ingin heboh-hebohan, ada tujuan utama, yaitu nilai. Tentunya, buat kenang-kenangan masa SMA juga, dong!.

Spoiler for Ada prewednya segala haha:


C. Biaya Pelaksanaan Uprak Pernikahan

Lagi-lagi, banyak sekali yang merasa penasaran mengenai sumber dana pelaksanaan uprak pernikahan dalam video ini. Hal ini wajar karena saat melihat videonya, netizen auto salfok dengan kehebohan dan kemeriahan dalam video yang jika dilihat sekilas pun akan tahu bahwa biayanya pasti gak main-main.

Mulai dari gedung yang menjadi tempat pelaksanaan, dekorasinya, peralatan pendukung, kostum para siswa-siswi, make up, hair do dan segala sesuatu terkait uprak pernikahan ini.

Usut punya usut, gedung tempat pelaksanaan merupakan milik sekolah. Peralatan dan dekorasi, seperti bunga-bunga dan pelaminan merupakan hasil iuran dari masing-masing kelompok uprak pernikahan kelas 12 SMAN 1 Cisarua.Untuk tambahan properti dan sebagainya disesuaikan dengan budget masing-masing kelompok.

Yang perlu TS luruskan adalah anggaran dan ide atau konsep acara sepenuhnya menjadi keputusan dan disetujui oleh masing-masing kelompok. Dalam hal ini, murid-murid kelas XII MIPA 5 & 6 SMAN 1 Cisarua sepertinya melaksanakan uprak pernikahan yang super terniat! Demi terwujudnya uprak pernikahan yang tak terlupakan, baik bagi kelompok mereka sendiri dan juga sekolah.

Spoiler for Kumpulan Momen Pernikahan:


D. Manfaat Uprak Pernikahan

Tentunya, tiap-tiap uprak yang diberikan sekolah kepada siswa memiliki tujuan dan manfaat. Melalui uprak pernikahan ini, siswa diharapkan mampu sekaligus belajar mengelola anggaran, belajar kepemimpinan, belajar bertanggung jawab, merasakan pengalaman langsung tentang proses dan mengatur berjalannya sebuah acara serta mengenal syarat sah pernikahan dalam islam.

Selain itu, manfaatnya bagi siswa adalah siswa belajar bekerja sama dalam tim, memperat silaturahmi antar siswa dan menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap budaya Indonesia, dalam hal ini Sunda lewat pakaian adat, tata cara pernikahan, kesenian dan kuliner.

Spoiler for Mereka bikin undangan juga, dong! :


Pendapat TS Mengenai Uprak Pernikahan yang Heboh Ini

Tak sedikit netizen yang berkomentar pedas mengenai video uprak pernikahan ini karena dipandang berlebihan, terlalu heboh dan dianggap memberatkan orang tua siswa terkait biaya.

Sebelum TS bahas lebih lanjut, TS sapa-sapa dulu, nich para pembaca generasi zaman baheula. Hapunten, Puh 🙏! Wkwk emoticon-Ngakak (S).

*)Puh: Sepuh

Jadi, menurut TS, zaman lampau dengan zaman sekarang itu sudah jauh berbeda,Puh!. Mungkin, bagi generasi lama, hal-hal seperti ini dianggap mubazir dan berlebihan tapi lain halnya dengan generasi masa kini yang dorongan untuk bisa eksisnya lebih tinggi.

Bagi mereka, jika sesuatu bisa dibuat stunning, kenapa harus biasa-biasa saja?!. Mungkin, sebagai 'senior', merasa enggan untuk move on dari masa lalu dan sulit menerima perubahan. Akan tetapi, yang namanya masa akan terus berubah, baik disukai maupun dibenci.

TS turut berduka bagi generasi yang protes karena di zamannya hanya ada praktik shalat jenazah, gak ada praktik yang seperti ini emoticon-Ngakak (S).

Alhamdulillahnya, walau di sekolah TS dulu gak ada uprak pernikahannya, hanya ada masak dan berdagang yang merupakan uprak dari mapel kewirausahaan tapi murid-murid di sekolah kami dulu melakukannya dengan persaingan ketat dan sengit antar kelas.

Kami tak hanya bersaing soal cita rasa masakan, penyajian dan laba tapi juga soal kostum dan strategi marketing. Yang awalnya tidak ada penilaian di kategori tersebut, akhirnya justru menjadi nilai tambahan dari pihak sekolah sebagai apresiasi dari kreativitas siswanya.

Tanpa bermaksud sok pintar ataupun menggurui, TS membagikan pengalaman di sini sebagai wawasan baru. TS mengerti, mungkin, karena generasi lama belum sempat mencicipi zaman yang seperti ini sehingga menentang mentah-mentah tanpa mengetahui lebih dalam.

FYI, ketika ada uprak seperti ini, tidak semua biaya dirinci untuk ditanggung bersama. Misal, ada peralatan yang dibutuhkan. Biasanya akan dipinjam kepada anggota kelompok yang memiliki alat tersebut. Kadang, salah satu anggotanya memang kebetulan punya.

Bisa pula meminjam, baik dari kerabat maupun tetangga bahkan dari tim lawan sekalipun yang kebetulan punya. Jangan mengira bahwa sesuatu yang heboh pasti mahal dan iurannya besar. Belum tentu! Gak semua apa-apa harus uang, apa-apa dibeli. Yang dijadikan iuran pasti sesuatu yang benar-benar gak ada sehingga harus disewa atau dibeli.

Hal ini juga berlaku untuk kostum upraknya. Namanya juga tugas kelompok, pasti rembukan dulu butuh apa-apanya. Siapa yang punya, siapa yang bisa dipinjam, mana yang harus dibeli, mana yang perlu disewa.

Selain itu, terkadang ada salah satu atau lebih dari anggota kelompok yang ekonominya 'lebih di atas' dibanding anggota lain. Biasanya dia lah sang juru selamat yang dengan kesadaran diri, bersedia menyumbang lebih dari yang seharusnya emoticon-Wowcantik.

Terakhir, siswa biasanya diberitahu oleh guru apabila dalam beberapa waktu ke depan akan ada uprak yang membutuhkan biaya sehingga ortu murid bisa mempersiapkan dana dari jauh hari. Jadi, bukan dadakan.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Monggo komentarnya"
emoticon-Nyepi


Video Reel Instagram Uprak Pernikahan



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:


Quote:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
evanzoel dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aldysadi
Halaman 1 dari 3
Penganten-pengantenan nya terlihat ngarep dan agak birahi bre emoticon-Smilie

Btw saya pertemex
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh direktur.muda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Urusan gini aja anak2 itu jadi niat emoticon-Hammer2
Dulu ane pelajaran matematika kimia fisika paling males, pas biologi apalagi study tour langsung niat, yahh namanya juga anak2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 5 lainnya memberi reputasi
Nice ingfo gan ane baru tau
Habis itu malam pertama gak?
Biar totalitas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bisa di prospek nih anak-anak. "Ayo kakak, rental wedding car-nya. Ada Premium sedan, Premium suv, premium mpv. Bebas pilih sesuka hati"emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sekalian ujian praktek bulan madu dan malam pertama?emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Apakah ada praktek malam hari nya ugha? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jiresh dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
Ditunggu video praktek buat anaknya sekalian emoticon-Ngakak
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hbs pernikahan...
Proses selanjutnya bgm?
Bulan madu...
Mlam pertama....
Dst
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Buseh niat bgt sih itu
Malam pertama belah duren nya di praktekkan juga kah....
profile-picture
jiresh memberi reputasi
mandiin jenazah ud paling bener....


emoticon-Ngacir
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Malam pertamanya ga dibuat sekalian emoticon-Request

profile-picture
jiresh memberi reputasi
Bener bener niat wkwk
Keren ini mah...hebat yg bikin...
biayanya pasti lumayan tuh
Bohir nyee kenceng nih...
profile-picture
jiresh memberi reputasi
praktek reproduksinya ada ga?
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Pengelolaan anggaran di jatah seminim mungkin tapi kelihatan Wah, itu yang susah.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Abis nikah kaga ngeue kaga asik
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di