KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638be8d6ca3fcf523d1b7809/sedep-bener-inilah-10-jajanan-dari-singkong-khas-indonesia-mana-favorit-ente

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Hai Semua!

emoticon-Hai

Siapa si yang kaga tau singkong atau tanaman dengan nama keren Manihot esculenta? Tanaman yang satu ini emang udah populer banget di dunia pangan Indonesia, soalnya bisa dijadiin pengganti nasi sebagai makanan pokok. Selain terkenal memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga bisa jadi sumber energi, singkong juga terkenal dengan kemampuan adaptasi yang tinggi. Kasarnya nih, batang singkong tuh dilempar doang terus digeletakin gitu aja di tanah, dia bisa tumbuh subur. Apalagi kalo dirawat beneran seperti anak sendiri, hehe.

Nah, itulah kenapa singkong banyak dibudidayakan di Indonesia, dan bahkan banyak juga yang tumbuh liar di kebon. Karena itu singkong gampang ditemuin di pasar, bikin orang-orang yang mau masak singkong gampang buat dapatin bahan bakunya. Well, ngomongin masakan singkong nih ya, ternyata buanyaaak banget loh jajanan Indonesia yang bahan bakunya singkong! Wah apa aja tuch? Nah ini bakal ane ulasin di bawah! Kelen simak aja deh, siapa tau jajanan singkong favorit kalian masuk list!

Cekidot!

Pssst, karena ane Padang Pride, ane bakalan naruh nama jajanan singkong dari Minangkabau di urutan pertama. Hahaha, ape lo? Ga seneng? Ehehehe, canda elahhh. Kelen baca aja udah. Baca dengan damai yeee!

1. Sanjai Balado

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?
www.fimela.com

Ada orang Bukittinggi ngga di sini? Soalnya kotanya Jam Gadang ini sering juga disebut sebagai Kota Sanjai karena emang merupakan tempat produksi sanjai terbesar di Sumbar (koreksi kalo ane salah ye). Buat ente yang kaga tau, sanjai adalah sebutan untuk keripik singkong balado yang populer di Sumbar. Rasanya pedes manis gurih dan garing tentu aja. Enak banget dijadiin camilan buat nemenin para Sista nonton drakor, atau nemenin para budak korporat kerja. Karena rasanya yang unik itulah makanya banyak orang yang suka sanjai. Ente termasuk nggak?

***

2. Kacimuih

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Jajanan yang satu ini gampang banget ditemuin di pusat jajanan pasar. Terbuat dari singkong yang diparut kasar terus dikukus. Biar maknyus, makannya kudu ditambah parutan kelapa campur gula, boleh gula pasir boleh juga gula merah. Btw di tempat ane, kelapa yang dibalur gula merah itu namanya 'luo', kalo di tempat kelen apa? Nah, biar tampilannya makin kece, biasanya kacimuih dicetak jadi bentuk segitiga atau lingkaran, nggak lupa juga ditambahin pewarna makanan biar makin cantik.

***

3. Lapek Ubi

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Lapek ubi nih kayaknya mirip sama lemet ubinya orang Jawa. Diolah dari singkong yang diparut halus lalu diadon dengan parutan kelapa, gula (gula pasir atau gula merah, sesuai selera), dan sejumput garam biar gurih. Terus adonan itu dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Lapek ubi cocok banget dicemilin sebagai teman minum kopi. Rasanya juga manis gurih dengan tekstur kenyal dan aroma wangi daun pisang yang menggugah selera.

***

4. Goreng Tongkang

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Ane ngga tau di tempat lain jajanan ini disebut goreng tongkang juga atau cuma ubi goreng. Tapi di sini, goreng tongkang wajib hadir di menu gorengan yang dijual pagi-pagi di kedai kopi. Rasanya yang gurih dan bikin kenyang selalu jadi favorit para bapak-bapak yang pagi-pagi udah nyari sarapan di kedai kopi. Cara bikinnya simpel banget. Singkong yang udah dipotong-potong sesuai ukuran terus direbus sampe empuk. Setelah itu dibalurin ke adonan kunyit, bawang putih, ketumbar, garam (kadang ditambah tepung juga biar krispi), kemudian digoreng deh! Asli ini enak banget kalo disantap panas-panas di pagi yang dingin.

***

5. Singkong Meledak

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?
www.sumbarfokus.com

Cemilan yang satu ini selalu jadi favorit ane pas lagi jajan sore-sore. Biasanya dijual oleh uni-uni manis yang geraknya gercep banget kalo ngelayanin pelanggan. Karena enak, ane isenglah nyari resepnya di Google, elah dalah! Ternyata gampang banget cara bikinnya! Kita tinggal potong singkong terus rebus sampe mateng. Setelah mateng langsung ceburin ke air es yang udah dibumbuin. Biarin sampe singkongnya merekah. Kalo udah merekah, tiriskan terus goreng di minyak banyak dan panas tentu aja. Goreng dengan tingkat kegaringan sesuai selera. Kalo udah mateng jangan lupa tambahin bubuk perisa favorit kalian. Kalo ena sukanya yang balado, yang rasanya manis pedes gurih.

***

5. Lapis Singkong Pelangi

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Kelen yang suka singkong dan jajanan manis pasti suka banget sama lapis yang satu ini! Rasanya nggak kalah sama kue lapis basah lainnya. Buat yang pengen tau aja nih, lapis singkong tuh terbuat dari adonan singkong parut halus, tepung kanji, susu cair, santan, sedikit gula, sedikit garam, dan pewarna buat bikin aksen pelanginya. Habis itu dicetak pake loyang terus kukus deh! Biar makin nikmat, lapis yang udah mateng ditaburin parutan kelapa.

***

7. Getuk Lindri

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Orang Jawa pasti udah kaga asing lagi sama penganan singkong yang satu ini. Selain rasanya yang manis gurih nikmat, cara bikinnya juga gampang banget. Singkong yang udah direbus dihalusin, lalu diberi pemanis, pewarna, vanili, dan parutan kelapa. Parutan kelapanya boleh diadon biar ada rasa gurih sewaktu getuk lindrinya kita kunyah, dan boleh juga dengan ditabur gitu aja di atas getuk yang udah dibentuk sedemikian rupa.

***

8. Cenil Singkong

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Cenil sebenernya dibikin dari tepung kanji atau tepung ubi. Namun ada juga orang yang bikin dari singkong yang udah diparut halus. So whatever terbuat dari apa, yang penting cenil adalah salah satu jajanan favorit ane. Bentuknya yang kecil-kecil menggemaskan melengkapi rasanya yang gurih manis dan kenyal di mulut. Biasanya ane beli seharga 1000 rupiah per tusuk yang diisi empat biji cenil. Kalo di tempat kelen harganya berapa, Gansis? (Otw beli cenil).

***

9. Klepon Singkong

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Pecinta klepon garis keras mana nih suaranya? Sini temenan sama ane karena ane juga suka banget klepon! Tapi, Gengs, di tempat ane klepon nih namanya onde-onde. Gapapa deh beda nama yang penting rasanya sama, hehe. Biasanya kan klepon dibikin dari tepung ketan, nah ternyata bisa juga loh dibikin dari singkong. Teksturnya sama-sama kenyal dan manis, cuma bedanya, klepon biasa rasanya lebih ringan dan klepon singkong lebih berat dan padat.

***

10. Kue Koyabu

Sedep Bener! Inilah 10 Jajanan dari Singkong Khas Indonesia! Mana Favorit Ente?

Jajanan yang satu ini eksis banget nih di pasar takjil di Gorontalo. Rasanya mungkin mirip sama jajanan singkong yang lain, manis dan gurih. Terlebih ini dibuat dari singkong parut yang dikukus setelah dibungkus daun pisang. Seperti biasa, parutan kelapa nggak boleh lupa, soalnya singkong kukus dan kelapa parut adalah bestie yang kaga boleh dipisahin. Agan dari Gorontalo ayo komen di mari!

***

Nah, Gengs! Mana nih jajanan singkong favorit kalian? Komen di bawah ya! Ane tunggu!

The End

Makasih banyak udah mampir di mari


Sumber: 1, 2, dan pengetahuan pribadi (karena keseringan jajan singkong).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iblast867583 dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
sebenernya masih banyaaaaak banget jajanan dari singkong gengs, tapi gabisa dibahas semua di sini. mending kelen tambahin aja deh di bawah sini 👇
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warungsupra dan 2 lainnya memberi reputasi
jan lupa sarapan ye kelen!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warungsupra dan 3 lainnya memberi reputasi
goreng tongkang dan kopi item panas keknya nikmat bener dah pagi ini. otw beli ah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-sundulganoli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator.3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Saya ninggalin jejak dulu, nanti balik lagi emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
bestakesiangan. dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
anjirr sepi banget di mariiii 😭
profile-picture
bestakesiangan. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
getuk lindri yang asik dan penuh banyak sensasi saat tiba di mulut emoticon-Malu (S) emoticon-Cendol (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sulis gan , itu dari kaltim , cemilan enak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sanjay balado
Kalo singkongnya keriuk enak


Ane pernah di bawakan oleh
Anjirrr singkong apaan ini tebal2 keras parah ga enak emoticon-DP


Tp kalo yg niat jualan beeeh enak


Lapek ubi ko kya timus
emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Singkong goreng kejunya mana?emoticon-Frown
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
jajanan dari singkong banyak jg ya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enak dan halal tentunya emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yang terpenting pandai mengolahnya ya emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


iya bagaimana cara mengolahnya yg paling penting
profile-picture
profile-picture
kadrunanti dan lusfdlrrhmn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Getuk si gan
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
semua enak ... tapi ane selalu kembali lagi ke singkong goreng + garam dijodohin dengan teh manis lagi emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane suka lemet yg isian nangka, dijamin abis banyak gan. Pernah rekor abis 15 biji saking enaknya
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Singkong goreng tabur keju enak sekali
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tebiba perut lapaar
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane doyan ngemil. Beli kripik singkong kiloan, ada yg jual 1 bal 5 kg. Buseng, udah 2 minggu gak habis habis....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di