KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
B-21 Raider Diperkenalkan ke Publik, Inilah Pesawat Generasi Keenam Pertama di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/638b5872f6bb2e3e105eff86/b-21-raider-diperkenalkan-ke-publik-inilah-pesawat-generasi-keenam-pertama-di-dunia

B-21 Raider Diperkenalkan ke Publik, Inilah Pesawat Generasi Keenam Pertama di Dunia

Quote:


Sesuai yang dijanjikan oleh Angkatan Udara AS (USAF) dan Northrop Grumman, pada 2 Desember 2022 kemarin untuk pertama kalinya sosok pembom siluman B-21 Raider tampil dihadapan publik. Bisa dibilang ini adalah momen bersejarah, pasalnya pesawat ini menjadi pesawat generasi ke-6 pertama di dunia. Selain itu juga menjadi pesawat pembom terbaru yang dibuat Amerika dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Hanya tamu undangan khusus yang dapat melihat peluncuran ini, sementara itu Northrop Grumman dan beberapa media yang beruntung diundang ke acara tersebut telah merilis video pendek terkait peluncuran pesawat di fasilitas produksi yang berada di Palmdale, California. Berbeda dengan peluncuran B-2 Spirit yang dilakukan di area terbuka, di sisi lain B-21 Raider diluncurkan di ruang tertutup. Kemungkinan hal itu untuk menghindari diintip oleh satelit mata-mata milik rival Amerika. Ada satu hal yang sama seperti peluncuran B-2, yakni B-21 hanya ditampilkan bagian depannya saja.

Pesawat pertama yang ditampilkan diberi kode T1 atau pesawat nomor 001, saat ini sedang menjalani uji coba darat dan dijadwalkan bakal melakukan penerbangan pertamanya pada tahun depan. Northrop Grumman sebagai pihak manufaktur menyebut jika saat ini ada lima B-21 lainnya yang diketahui berada dalam tahap produksi.

Quote:


Dan dari peluncuran pertama ini ada beberapa poin menarik dari sosok B-21 Raider, dan menurut analis pribadi beberapa poin itu adalah sebagai berikut:

Quote:



Berapa Pesawat yang Akan dibeli USAF ?


Sejauh ini belum diketahui berapa jumlah pesawat B-21 yang akan dibeli, tetapi jumlahnya ada di atas 50 unit pesawat. Sementara Angkatan Udara AS (USAF) saat ini telah mengajukan anggaran senilai US$5 miliar untuk B-21 pada tahun fiskal 2023, termasuk US$1,7 miliar untuk pembelian pesawat. Tetapi dalam pengajuan anggaran oleh USAF, mereka tidak menyebut berapa jumlah total B-21 yang akan dibeli.

Dari rumor yang beredar, Angkatan Udara AS berencana membeli sekitar 100 unit B-21 Raider. Sementara biaya pembuatan B-21 sekitar US$700 juta (Rp10,7 triliun) per unit. Tetapi angka itu bisa saja berubah, mengingat pesawat belum melakukan pnerbangan pertamanya. Biasanya setelah penerbangan pertama dilakukan, baru ditemukan masalah pada pesawat, sehingga harus dikakukan perbaikan deaain. Yang mengakibatkan membengkaknya biaya pengembangan serta produksi B-21.

Di sisi lain, jalan B-21 Raider masih panjang dan terjal, pasalnya tahun depan pesawat akana mekakukan penerbangan pertama yang menentukan. Tetapi, menutup akhir tahun 2022 ini sekali lagi Amerika Serikat berhasil menunjukkan jika mereka selalu berada di depan negara lain dalam hal pengembangan teknologi di bidang militer dan pertahanan.


-----------------



Referensi Tulisan: The War Zone
Sumber Foto: Northrop Grumman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 11 lainnya memberi reputasi
1 biji b21 tomb raider = Usd 700-800jt..... Tp, USAF tetap mau beli sebnyk 50-100 biji jet pembom siluman gen ke 6 itu...... Salut bngt ane, bujet nya gak main2.....

Top of the line...... No 1 kekuatan militer nya USAf di dunia......

Btw....

Semoga sukses selalu uji terbang perdana dan produksi massal nya itu di sono, gan.....

Oh iya, ya.....

?t=MFWzmPXJL6bYYvdTLnofPQ&s=19

Size nya lbih kecil drpd versi pendahulu nya, b2.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Semoga ga dipake ngebom Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
Semakin ramping tapi semakin menakutkanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Cina sedang menyiapkan H-20 sebagai pesaingnya 😲

B-21 Raider Diperkenalkan ke Publik, Inilah Pesawat Generasi Keenam Pertama di Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 8 lainnya memberi reputasi
Ini pesawat pasti adem
Dari depan modelnya kayak UFO
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sontoloyo81
Dear audience.... Let me introduce you.. the next generation of invisible killing machine on sky that would be able to kill all of you at once..

We build this from your tax payment, thanks you..

Penonton yg hadir tepuk tangan... Abis itu pingsan semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
kayaknya blon ada konfirmasi kalo ini yg 6th gen
original articlenya juga ngga ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
barang mewah...emoticon-Big Grin

jaman sekarang cuma AS, RRC sama Rusia yg masi mengoperasikan pembom strategis..

Inggris yg pernah bikin trio V-Bomber udah gak pake lagi.
Negara yg dulu pernah pake pembom juga udah gak pake lagi kayak Indonesia, Mesir, Irak, dll...
...cmiiw

edit : Korut masi pake Ilyushin IL-28...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw nunggu di deploy di medan tempur dulu emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jlamp memberi reputasi
di uji coba di ukraina kayaknya ga ada yg tau 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Btw, cost maintenance nya gimana?

Kan barang mahal mainan militer US terkenal mahal di maintenis emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Barang harga mahal, otomatis biaya perawatan juga mahal. F-22 Raptor aja sejam $75,000/hour.

Belum hitung biaya perawatan coatingnya yg extra mahal.

B-21 Raider Diperkenalkan ke Publik, Inilah Pesawat Generasi Keenam Pertama di Dunia

This is not for missqueen airforce emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahrifson dan 6 lainnya memberi reputasi
30th... Waktu yang cukup panjang, apakah bermasalah lagi? Karena produk baru ASU banyak yang bermasalah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mistaravim dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan

Cuman Amerika sebagai negara tolol yg mengumbar2 pesawat silumannya (stealth) ke publik secara terang benderang.

China dan Rusia tinggal menyimak media sono dan youtube saja, nggak perlu repot2 ngirim mata-mata lagi kayak jaman perang dingin.
emoticon-Wkwkwk emoticon-Leh Uga





Tinggal pakai jurus china copas melulu punya barat. Lumayan biaya R&D, jam terbang dan nyawa pilot penguji bisa dihemat. Begitu juga waktu puluhan tahun yg harus dibuang bisa dinafikan cukup dengan mantau Youtube. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Di tunggu buatan cina nya gan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Maaf Oot dikit, bedanya pesawat generasi 1,2,3,4,5,6 di apanya ya? Mohon pencerahannya suhu emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jlamp memberi reputasi
ini stealth ya gan?

Bagi bata gan emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kddnmt dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pennynoss
Ok dah keluar tinggal ujicoba taxing, terbang, mendarat, check parameter saat terbang, check weapon system... Bla bla bla.. masih banyak yg harus ditest..


Kalau kata fans pengamat china , apakah B21 Raider ini efektif / mandul disaat china sudah punya satelit pengamat yg bisa memantau pergerakan lsg pesawat.. dan sudah membuat dan masang radar yg bisa mengetahui pergerakan pesawat stealth dari japan, korsel, bahkan guam..

Apalagi ada J20 yg memiliki missile jarak jauh..

Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ini pesawat yang bisa kayak bungklom di langit yak? yang ga kedetek radar dan gabisa dilihat dnegan kasat mata? emoticon-Matabelo
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di