KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6387f7fe09d1805f2b0eb10a/seberapa-berani-kalian-mempertanyakan-agama-kalian

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
Sumber Gambar

Agama merupakan salah satu pelajaran yang telah ditanamkan sejak dini baik oleh orang tua, keluarga, guru bahkan lingkungan. Hal ini diajarkan sebagai salah satu pedoman hidup manusia dalam bertindak dan berperilaku di dunia ini.

Secara psikologis, agama begitu melekat bagi mereka yang mempelajarinya sejak kecil. Sehingga terkadang, hal-hal berbau agama menjadi sesuatu yang sifatnya mutlak dan absolut di mata mereka. Sangat mudah dipercaya dan tak perlu dipertanyakan lagi?

Tapi pernahkah kalian mempertanyakan agama kalian sendiri? emoticon-Bingung (S)

Sejak kecil mungkin kita selalu diajarkan untuk beriman kepada Tuhan yang kita percayai. Tapi itu hanya sekedar pelajaran iman, selain beriman kita juga harus mencari kebenaran. Sebenarnya jika manusia peka, ada banyak hal yang pantas dipertanyakan mengenai agama itu sendiri.

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
Sumber Gambar

Kita akan ambil contoh kasus ya.

Zaman dahulu, ada banyak sekali cerita-cerita mukjizat, keajaiban serta kehebatan-kehebatan yang menggambarkan keagungan Tuhan. Kalian tidak mau bertanya ke mana semua keajaiban Tuhan itu di masa sekarang? Mengapa kisah-kisah ajaib seperti membelah lautan sudah tidak ada lagi sekarang? Apakah Tuhan sudah enggan menunjukkan keajaibannya? Atau jangan-jangan Tuhan ….

Jika kalian bertanya kepada ahli agama mana pun, apakah mereka bisa menjawab? Bisa! Pasti bisa dan pasti selalu ada jawaban dari mereka. Jawaban berdasarkan sudut pandang agama mereka yang pada akhirnya balik lagi ke satu poin yaitu Iman.

TS menerka-nerka, alasan mengapa kejadian ajaib itu sudah tidak ada lagi adalah karena berkembangnya pola pikir manusia dan juga teknologi. Sudah banyak hal dan kejadian alam yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Hal ini mengantarkan manusia ke arah berpikir yang lebih logis.

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
Sumber Gambar

Bila zaman dahulu cerita-cerita keajaiban selalu laku dan dipercaya, di zaman sekarang sudah tidak lagi. Ada banyak hal menarik dan lebih masuk akal ketimbang mempercayai sesuatu yang sifatnya gaib, halu dan tidak bisa dibuktikan.

Contohnya ketika pawang hujan Mbak Rara, adakah yang percaya beliau? Banyak yang tidak percaya karena sudah banyak orang yang tahu bagaimana proses terbentuknya hujan. Bayangkan jika Mbak Rara hidup di zaman dahulu, pasti semua orang percaya dan kisahnya akan diceritakan di mana-mana, bahkan bisa ditulis ke dalam kitab. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Thread ini opini pribadi TS ya, bukan jadi propaganda atau apa. TS di sini hanya ingin berbagi saja sekaligus memberitahu kalian semua supaya tidak takut mempertanyakan agama. Semua orang boleh kok bertanya apapun di dunia ini.

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
Sumber Gambar

Terlepas kepada siapa kalian bertanya atau jawaban apa yang kalian dapat, itu tidak penting. Yang penting kalian sudah bertanya dan rasa penasaran kalian sudah terpenuhi. Tidak ada lagi yang mengganjal. Dan kalian bisa beragama dengan tenang.

Malah jika kalian sudah menemukan jawaban atas keresahan kalian, justru nantinya iman kalian bisa lebih kuat lho. Keyakinan kalian semakin mantap. Teman TS ada yang begitu soalnya, setelah bertanya-tanya soal neraka sama ustad dia malah jadi rajin ibadah. emoticon-thumbsup

Apa hal yang membuatmu bertanya-tanya di dalam agamamu gan? Tulis di reply! emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lusfdlrrhmn dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Mencari kebenaran itu hak semua orang kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Agama yang baik akan menyambut dan menjawab pertanyaan dengan sepenuh hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Betul gan, harus berani bertanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Malu bertanya sesat di jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WHEN YOU UNDERSTAND WHY YOU DISMISS ALL OTHER POSSIBLE GODS,
YOU WILL UNDERSTAND WHY I DISMISS YOURS

Seberapa Berani Kalian Mempertanyakan Agama Kalian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zevguttmann dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ga boleh nanya ke ahli Agama yg abalan, pasti disesat²in emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jw.89
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bener gan jaman sekarang semua bisa di jelas kan secara masuk akal dan ilmiah..

Dulu jaman sekolah pernah ada yg tanya tugas malaikat pencabut nyawa gimana cara nya harus nyabut nyawa banyak di waktu yg bersamaan di seluruh penjuru dunia..
Jawaban guru itu simple tapi kena banget..
Dia cuma jawab apa susah nya tingal di mark list nama nya abis itu teken delete, emoticon-Leh Uga
Terdengar kya becanda sih jawaban nya..
Tapi kalo di pikir lagi emang bisa juga,
Boleh jadi sistem komputer yg kita punya sekarang emang belum ada apa apa nya di banding yg di miliki sama tuhan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
apapun lah, karena jelas2 semua agama mengajarkan kebaikan tapi aslinya kebalikannya, karena itulah manusia bisa ribut

agama mengajarkan jangan berbohong tapi liat aja manusia sekarang

juga mengajarkan jangan membunuh, jangan berzinah, jangan korupsi tapi nyatanya gimana? banyak kasus pembunuhan, perampokan, pemerkosaan sampe korupsi

mereka semua beragama bukan? apapun agamanya, semua sama aja selama kalian manusia mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Ya itu kan macem dongeng atau cerita rakyat jaman dulu.
Dibumbui hal yang susah dipercaya agar manusia sendiri percaya akan mukjizat itu sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Agama kan coptaan manusia buat media menyembah tuhan, ga ada agama yang salah kalo menyembahnya langsung ke tuhan dan bukan memuja/menyembah iblis/ pake ritual2 persembahan.
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan pesulap.merah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menurut saya sih harus dipertanyakan supaya tidak menjadi

Asabiah atau taasub
Asabiah atau taasub adalah istilah dalam Islam yang artinya fanatik buta. Taasub bukanlah sebuah kenikmatan ataupun sebuah keagungan melainkan sebuah penyakit yang secara sadar atau tidak sadar mampu menginfeksi siapa saja. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan memiliki kemampuan untuk merusak tatanan syariat Islam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drainama dan 3 lainnya memberi reputasi
Hmm konsep menanya agama hmm hmm dalam sekali
profile-picture
pesulap.merah memberi reputasi
Gue jujur ya??? Sampai detik ini saya mempertanyakan ISRA' MIKRAJ beneran nggk sih??? Soalnya ke luar angkasa tnpa pakaian ASTRONOT..??? MUSTAHIL..!!!

nabi Muhammad membelah bulan??? Jika beneran trjadi??? Tntu bumi juga mengalami kerusakan yg luar biasa..!!!

Alasan nabi Muhammad menikahi gadis yg brumur 9thn apa???

Bdw : gue muslim..!!! Dan nggk ada fikiran sdkt pun.. utk keluar dari agama islam...
profile-picture
profile-picture
suryoleovaldano dan atmajazone memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 35 balasan
banyaj agama, sesuaikan apa kata hatimu.
selama ane masih perlu orang lain dan apapun yg ada di alam utk pemenuhan kebutuhan ane, agama dan Ketuhanan itu wajib.

Keberanian mempertanyakan agama bukan berarti menjadikan ente jd kurang ajar tau athesy
Jika agama itu sumber nya bener, maka iman lu bakal makin solid emoticon-Cool
alhandulillah TS atheist emoticon-Peluk emoticon-Maaf Aganwati emoticon-Ultah emoticon-Salaman
Harus berani, om.

Mempertanyakan tentang suatu hal itu berarti kita siap untuk menerima suatu hal yang lebih dari yg kita pahami saat ini. yang ditanya juga dengan senang hati akan menjelaskan.

profile-picture
suryoleovaldano memberi reputasi
Kalian tau ngk? setiap pertanyaan ada jawabanya di agama
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan

ANE NUMPANG MEJENG YA GAN
KOMENNYA PADA PANJANG PANJANG KOK

emoticon-Motret emoticon-Leh Uga emoticon-Motret
Halaman 1 dari 7


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di